mawlmawlAvatar border
TS
mawlmawl
[TIPS] Pemulihan Akun Google/Gmail kena Hacked


Permisi Agan & Aganwati, selamat hari minggu ceria.. emoticon-Hai

Ane pengen share pengalaman ane kena hacked bbrp bulan lalu, dan hamdalah ane dapet balik Akun-nya lagi pake cara minta request pemulihan akun.

Perkaranya dimulai dari ane lagi browsing website games, trus ada form promo traveling (yg entah knapa ane kepancing buat isi, lol) emoticon-Cape d... -- Ane jg denger byk yg kena hacked gegara email phising, maen games, browsing di warnet. Nah moga2 thread ini bisa jd panduan buat Agan & Aganwati klo ngalamin hal naas serupa kek ane kmaren2.. emoticon-Jempol

Jadi gini... di Google, ada yg sebutannya Account Recovery Form ato bhs Indonya "Pemulihan Akun", ini adalah satu2nya jalan buat user request pengembalian akun yg hilang, kena hacked, lupa password, dll. Nih disini link-nya: Google AR Form

#1. Masuk ke halaman Pemulihan Akun.


#2. Terus, masukin password yg pernah Agan pake (kalo Agan inget), trus klik next


Jika lupa jg, Agan bs nulisin password yg mana aja, yg sebelumnya pernah dipake utk akun Google Agan. Ini utk bantu sistem si Google mengidentifikasi kepemilikan akun Agan. Ini juga sbenernya bisa ditebak atau dilewatin (skip) dgn memilih pertanyaan lain.


Abis ini, formulir bakal bersifat RELATIF, gan. Relatif, karena di setiap pertanyaan ato pembuktian verifikasi bakal ngikutin sistem yg ada dalam akun Agan sebelomnya. Ada kemungkinan nih ya alur formulir pemulihan akun yg akan Agan lewati gak sama dgn alur yg ada di bawah ini, karena pertanyaan yg ada di bawah ini tidak muncul dalam skenario Agan.

#3. Di tahap ini Agan bakal dikasih opsi lain, yaitu perintah di ponsel Agan yg udah synced ama akun Google. Coba pilih kirim perintah utk dapetin opsi masuk lainnya. Klo gak bisa, Agan bs milih coba pertanyaan yg lain.


Terusin langkah ini dgn pilih Kirim perintah. Klo Agan msh punya akses ke akun-nya lewat ponsel, maka Agan bakal dapet notifikasi masuk ke akun spt di bawah ini. Agan bs pilih YA utk lanjut. Jika gak ada, maka Agan bs milih "Coba Pertanyaan yang lain".


#4. Terus, Agan bakal diminta utk kasih verifikasi via SMS jika Agan pernah mencantumkan nomor ponsel sb metode pemulihan, bs nomor ponsel sesuai dgn yg ada pada layar, trus Kirim SMS. Namun, jika nomor yg tertera tersebut bukan milik Agan, Agan bisa memilih Coba pertanyaan yg lain.


#5. Kemudian Agan akan dikasih pertanyaan lain seputar akun Agan, spt "Kapan Anda membuat Akun Google ini?" Ane saranin, sebaiknya, isi dgn baik & benar, agar Google bisa mendeteksi kepemilikan akun Agan. Kemudian pilih berikutnya. Again, kalo Agan gak bisa menebak, Agan dapat pilih Coba pertanyaan lain.


#6. Agan jgn akan diminta masukin kode verifikasi yg ada pada email tersebut. Pastikan email tersebut adalah alamat yg aktif & dapat Agan akses. Akan lebih baik kalo Agan menggunakan email yg pernah tertaut dgn akun Agan sebelom diubah oleh hacker. Kemudian pilih berikutnya.


Periksa kotak masuk pd email Agan (email bantuan/pemulihan) utk menemukan pesan kayak gini:


Terus, masukin kode yg Agan terima di email itu (jika Google mendeteksi kepemilikan akun Agan adalah benar).


#7. Nah jika muncul pertanyaan kyk dibawah, Agan bs jelasin apa yg terjadi dgn akun Agan dan berikan informasi lebih rinci yg berkaitan sama akun Agan, supaya si Tim Pemulihan Akun Google bisa periksa akun Anda.


Oke, setelah isi form nih ya... Pastiin Agan udah mendapatkan pesan kalo Agan harus nunggu 3-5 hari kerja. Sabtu, Minggu, dan hari libur gak termasuk dalam proses pemulihan akun. (soalnya tim google juga libur keknya..) emoticon-Big Grin

Pastiin juga nih Agan udah cantumin alamat email pemulihan dgn bener. Biasanya dalam 1-2 jam setelah isi formulir, Agan baru akan dapet email konfirmasi utk pemulihan akun yang berisi:


Pantau selalu email pemulihan Agan (baik dlm inbox atopun kotak spam) supaya gak ada informasi yg kelewat dlm proses pemulihan akun ini.

Itu aja Gan, tips & langkah2 yg pengen ane share.. supaya bermanfaat ya! emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast

Semlekum. emoticon-Maaf Agan
0
11.9K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan