Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

catalysatorAvatar border
TS
catalysator
Lagi, Hoax Tersebar di Cianjur soal Penculikan dan Penjualan Organ
Spoiler for Gmbr:

Cianjur - Informasi hoax kembali membuat resah masyarakat di Cianjur, Jawa Barat. Tanpa melakukan cek dan ricek lebih dulu netizen dengan mudahnya menyebar informasi melalui media sosial lalu kemudian menjadi viral yang meresahkan.

Hoax yang tersebar kali ini berisi tentang informasi penculikan dan penjualan organ tubuh kepada anak-anak di wilayah Cianjur. Dalam informasi hoax itu juga disebut sudah ada korban yang diculik kemudian dikembalikan oleh pelakunya setelah lebih dulu organ tubuhnya diambil dan dijual.

"Sumber informasinya tidak jelas, pelaku penyebar hoax ini tidak mencantumkannya. Yang membuat kami geram mereka menyebut nama satu wilayah dan seolah-olah informasi tersebut sebuah fakta, saya pastikan informasi itu tidak benar dan meresahkan," kata Kapolres Cianjur AKBP Arif Budimankepada detikcom, Rabu (22/3/2017).

Dalam informasi hoax itu disebutkan korban penculikan menyasar anak kecil dan ketika dikembalikan kepada keluarganya korban sudah kehilangan ginjal. Harga ginjal disebut-sebut Rp 3 Juta. Mirisnya lagi, disebut jika kasus penculikan dan pembunuhan kini tengah marak terjadi di Cianjur.

"Memang ada yang kita tangani itu terjadi di wilayah Kecamatan Cidaun, korbannya anak-anak. Namun korban kembali ke keluarganya dalam keadaan selamat. Bahkan pelakunya juga sudah kita tangkap. Informasi hoax itu menyebut ada pembunuhan dengan korban anak kecil, kita pastikan itu tidak benar," lanjut Arif.

Kapolres Cianjur AKBP Arif BudimanKapolres Cianjur AKBP Arif Budiman Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom

Arif meminta masyarakat khususnya pengguna media sosial untuk lebih teliti dalam mencerna informasi dan mencari pembanding sebelum menyebarkannya. Banyak media mainstream yang sudah terverifikasi biasanya akan memberitakan informasi-informasi yang lebih jelas dan layak dipercaya.

"Waspada harus, namun tidak lantas masyarakat ini dibikin paranoid. Banyak kejadian menonjol dimana pengemis dipukuli, orang gila nggak ngapa-ngapain dicurigai. Nah ini yang kita bilang informasi hoax sudah menjadikan masyarakat kita ketakutan," tutupnya.

Sebelumnya, info serupa juga beredar di Cianjur. Juga di daerah lain. Ada beberapa yang ditangkap dengan dugaan penculikan anak. Sebagian di antaranya teryata bukan pelaku, namun orang gangguan jiwa atau gelandangan.

Sumber


nih Dampak dari perpaduan antara Hoax dengan Penerima Informasi yang bego

Quote:


Quote:

yang dimadura ini gua liat Videonya kesian banget orangnya

Sebenernya ada beberapa berita lagi bahkan yang dihajar ibu-ibu
emang sih rata-rata yang kena orang gila atau gelandangan tapi mereka manusia gan

Yang gua bingung orang model gimana sih yang demen banget Bikin berita hoax
trus didukung sama orang bego yang nelen mentah2x informasi dan ikut nyebarin

emang sih yang namanya ngejaga anak pasti apa juga bakalan dilakuin, apalagi kemakan provokasi kaya diculik trus dipulangin tanpa organ pasti bakalan marah banget tapi masa sih kaga bisa mikir sama sekali

lah emang ngambil organ segampang nyolong manggah tetangga apa ?

Diubah oleh catalysator 23-03-2017 05:37
0
2.4K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan