CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
seberapa parah keBOKEK'an yg keluarga kalian pernah alami? [REBORN]
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545b53c5dc06bdf10f8b4574/seberapa-parah-kebokekan-yg-keluarga-kalian-pernah-alami-reborn
Halaman 27 dari 34
Quote:


Makasih infonya ganemoticon-Embarrassment
Ngomongin ini pas sama kondisi sekarang ini,toko laki gw tutup usaha udah bangkrut utang numpuk dimana mana jual ini itu, udah abis2an. sekarang gw sama anak2 balik kampung ikut mama papa numpang tinggal dulu.suami masih dijkt cari kerja ngelamar sini situ belum ada panggilan. Mungkin ada yang bisa bantu? Suami umur 34 lulusan s1 managemen informatika. Kerja diluar pulau jg gapapa
Quote:

Dimana sis/gan? Suami boleh daftar?
Dulu suami juga guru matematika sama kimia/fisika gitu sebelum married sama gw.
Klo boleh kirim email kemana gt?
Quote:

Lokasi di mana?
Kalo siap merantau ke Bali gapapa. emoticon-Smilie
Quote:


Gpp, lokasi jkt..
Pm no wa ato kontak yg bisa dihubungi donk 😌
Quote:


Hampir sama kyk ane sis, bedanya suami ane umur 26 lulusan SMK Teknik komputer jaringan. Udah puluhan ratusan lamaran, blm ada panggilan. Banyaknya ditipu sm perusahaan yg ngerjain suami tp ga ngasih gaji. Ujung2nya ane yg jd tulang punggung keluarga. emoticon-Berduka (S) Utang numpuk sana sini, ane sm anak2 numpang dirumah mama, soalnya dirumah mertua ga kuat (ada ibu tiri suami). Mohon info jg buat yg punya lowongan kerja di Bandung. emoticon-Sundul
Baca dari pejwan sampe halaman terakhir bikin hati lirih emoticon-Frown

Semua org memang diberkati dgn cara masing-masing.
Ada yg susah uang tapi punya org2 yg luar biasa.. ada lagi yg uangnya gak pernah jadi masalah yg berarti tapi nelangsa gak punya org-org yg bisa dikasihi..
yahh namanya juga hidup
Quote:


emoticon-Kiss
Quote:


kalo boleh tau cicilan asetnya apa ya?
Quote:


kalo boleh tau cicilan asetnya apa ya?
Quote:


sebidanh tanah di jakarta
Quote:


Emang bininya yg dulu knp gan?
Quote:



Sabar sist ane dah ngelewatin fase itu, dimana usaha bangkrut utang numpuk barang dijualin dikit dikit buat ngasih makan anak bini.sekrang udah mulain belajar jalan lg walo masih kerja sm oranf lain sambil ngumpulin modal.
Selama hampir 1,5 tahun ini ane nikah dan di umur 33 tahun ini, alhamdulillah blm pernah ada kebokekan di keluarga baru ane.. klopun ada utang palingan utang aset2 ane gan dan bukan utang konsumtif...

emoticon-Ngakak

Ane seperti itu bukan karena ane maruk atau equality atau emansipasi... semua ada sebabnya gan... karena ane belajar dari kebokekan keluarga di masa lalu yg menurut ane parah bgt.. berikut cerita kebokekannya:


- bokap ane pns, nyokap ibu rumah tangga, anak ada 4, ane anak ketiga cewe sendiri.. sejak ane lahir, keluarga ane selalu ngontrak krna bokap pindah2 tugas keluar kota setiap 4-5 tahun sekali...
hidup kita pas2an krna bokap tulang punggung keluarga yg ngidupin 4 anaknya

- tahun 1994 bokap dipindah ke jakarta pas umur ane 11 tahun, kita tetep ngontrak gan..
2 tahun kemudian bokap dimutasi ke jawa timur trus semarang trus jogja, ... bokap pengen anak2 settle di jabodetabek demi pendidikan anak2... itu cobaan yg sangat berat buat nyokap ane yg hrs ngurus 4 anak sendirian... dengan pns gaji 4 juta sebulan saat itu, bokap ane bolak balik naik pesawat sebulan sekali utk pulang.. kebayang tekornya kayak apa gan...

- tahun 2000 akhirnya bokap ane punya rejeki dan bisa beli rumah yg cukup gede utk 4 anak di daerah tangsel...

- bokap ane tipe suami yg gak mau ngasih semua gajinya ke istrinya.. istrinya cuma dijatah 500 ribu - sejuta sebulan. Saat itu tahun 2002 bokap gajinya udh 8 juta perbulan kita mampu beli satu mobil keluarga.
Di saat yg sama, bokap ane mulai dapet gangguan2 dari sepupu2nya yg miskin2 di kampungnya yg suka manfaatin org dengan cara nawarin bisnis ini itu ke bokap ane... berhubung bokap terobsesi pgn kaya raya, bokap selalu coba2 semua bisnis2 yg ditawarin, kalo gagal trus ditawarin lagi sama mereka, bokap selalu mau, bahkan rela gadein sk pnsnya... semua itu ternyata dia lakukan diam2 tanpa ijin istri atau keluarga dulu.. faktanya ga ada satupun bisnis yg bisa balikin modalnya.. semuanya berhenti di tengah jalan... ga balikin duit, yg ada ninggalin setumpuk utang2 disana sini.. kalo nyokap atau keluarga ane ngomelin itu sodara2 bokap, mereka selalu ga pernah ngaku dan selalu cuci tangan seakan2 ga pernah salah

- dampaknya sangat masif gan... nyokap yg tadinya dijatah sejuta sebulan utk ngidupin 4 anak, tiba2 gak bisa dijatah bokap lagi smpe bertahun2.... nyokap ane disuruh bokap ane gadaiin semua perhiasan ke pegadaian dan disuruh pinjem duit ke ortu dan adek2 nyokap.. biaya spp anak2 sering ngadat.. apalagi pas kita udah pada kuliah.. pernah kk tertua ane rela cuti kuliah setahun demi kelancaran kuliah adek2nya

emoticon-Mewek

- tahun 2003 saat ane masih awal2 kuliah, nyokap ane meninggal di umur 44 krna kanker leukimia... yg ane rasa pemicunya krna stress sering nangis tiap sholat mikirin bokap ane yg ga kapok2 ditipu orang2 yang sama

- setelah nyokap ane meninggal, ane gantiin posisi nyokap utk ngurus rumah tangga termasuk ngurus adek bontot ane... ane pikir bokap bakalan berubah dan insyaf, ternyata engga gan... malah tambah bebas dan tambah parah diganggunya

- untungnya thn 2006 setelah lulus kuliah, ane memulai karir yg pertama wlpn gaji pertama ane cuma 2 juta rupiah perbulan.. ane udh bisa ngidupin diri sendiri jd ane ga ush pusing2 lagi minta duit ke bokap, malah ane bantu bayar listrik bulanan di rmh..

- tahun 2009 gak ada ujan ga ada angin, tiba2 satu dari dua mobil keluarga kami lenyap gan... dan satunya lagi lg digadein di leasing... pas ane tanya bokap, katanya dijual2in semua buat biaya hidup dan biaya obat bokap.. pdhl obat bokap selalu pake askes (skrg bpjs) dan kadang2 dibantu dibayarin anak2nya.. anehnya lagi ane disuruh nanggung biaya kuliah adek ane yg lagi kuliah semester 4 di Binus.. lalu duit penjualan mobil dipake kemana? konflik sering mulai terjadi antara ane dan bokap ane yg misterius soal duitnya gan...
masa gaji 4 juta kyk ane hrs bayarin kuliah adek ane di binus... pdhl gaji bokap ane udh belasan juta saat itu, tapi dia udh ga sanggup bayarin kuliah adek ane.. tp drpd adek ane di DO dan bernasib sama kyk kk tertua ane, ane rela abisin tabungan demi kelulusan kuliah adek ane

emoticon-Mewek

- Setahun kemudian ane denger kabar dari mantan sopir bokap, mobil terakhir yg digadein (innova) akhirnya ditarik leasing krna bokap nunggak berbulan2 dan ga mampu bayar... malah ane disuruh bayarin dulu..
(enak aja... yg abisin duit siapa, yg disuruh nanggung siapa) ane yg biasanya kemana2 bawa mobil sndri, jadinya harus ngangkot, ngojek, atau jalan kaki... blom ada gojek wktu itu gan...
Suatu hari ane pernah nguping pas bokap ditelepon sodaranya, sodaranya nawarin bisnis baru dan nganjurin untuk gadein rumah satu2nya utk dapetin modal (sk pnsnya masih blm dilunasin di salah satu bank, total utangnya udh ratusan juta).. bokap iya2 aja dan janji akan urus semuanya... ane langsung murka gan, tp bokap bilang ga akan melakukan itu... entah dia ngomong jujur apa engga, tapi bokap ane susah dipercaya soal duit gan... ngeliat dari track recordnya, ane yakin bokap ane akan nekat melakukan itu diam2

- setelah nabung 2 tahun dan kumpulin thr bertahun2, ane niat utk ambil kpr rumah kecil di graha bintaro tangsel... ane mikir ke depan gan... kalo bokap nekat gadein rumah, dan rmh kami lenyap juga, ane msh punya rmh sendiri wlpn sangat kecil.. klopun itu ga terjadi, rmh itu bisa ane kontrakin untuk penghasilan tambahan ane..

- tahun 2013 bokap ane meninggal kena sakit jantung setelah setahun pensiun.. ane baru tau total utang bokap di 2 bank jumlahnya 200 jutaan..
Alhamdulillah ada peraturan BI yang sangat membantu hidup ane; "nasabah bank yang meninggal dunia harus dibebaskan dari semua hutang2 perbankan"..
Setelah ane telusuri juga, sertifikat asli rumah keluarga kami aman dan disimpan di laci kantor bokap.. mungkin karena nama di sertifikat msh nama alm. nyokap ane, jd mungkin sulit digadein sama bokap ane..

- si sodara2nya yg penipu itu, jangankan nengok waktu sakit, ngelayat bokap ane aja ga pernah... terakhir ane liat mereka setahun sblm bokap gw meninggal, mereka bawa avanza gan... mana ada pengangguran dan preman pasar kampung bisa punya avanza dalam waktu instan.. pasti hasil dr nipu bokap ane... ane, kk adek ane, dan keluarga besar ane udh sumpah serapahin mereka dan janji gak akan akuin mereka sbgai sodara.. pernah mau lapor polisi tapi temen ane yg polisi bilang percuma krna bokap ane ga pernah ngerasa ditipu dan bokap ane udh gak ada, jd bukti2 gak cukup kuat buat menjarain mrka

- Ane sedih dan nyesel karena hubungan ane dan bokap ga pernah membaik smpe di akhir umurnya.... harta keluarga ane juga dikuras habis sama sodara2nya yg penipu.. campur aduk perasaan ane saat itu...
tapi saat itu ane, kk2 ane, dan adik ane berpikir kami hrs bangkit dan bisa survive tanpa ortu...

emoticon-Sorry

- ane resepsi nikah thn 2015 murni dari tabungan sendiri & patungan sama tabungan suami.. saat ini ane dan suami nempatin rumah kpr kedua..
kpr pertama rmh yg ane sebutin sebelumnya, byk sejarahnya gan... dan ga akan ane lepas karena ane gunakan untuk penghasilan sampingan ane sampe sekarang... sekali lagi bukan karena ane maruk aset, tapi untuk investasi masa depan keluarga ane dan menghindari pengalaman kebokekan di masa lalu keluarga ane yg kelam dan tragis

- adek ane alhamdulillah bisa wisuda dari binus thn 2016 dan skrg lagi jalanin bisnisnya sendiri.. kk kedua ane jd staf IT di salah satu perusahaan swasta.. kk tertua ane sejak DO smpe skrg ga mau kerja gan dan ga pernah mau nikah, maunya jaga rumah aja... akhirnya adek2nya yg bantu ngidupin dia smpe sekarang... seburuk2nya dia, dia orgnya jujur dan kita akan selalu inget jasanya saat masa sulit waktu kuliah dulu

Begitulah gan suka duka kebokekan masa lalu kehidupan keluarga ane.. maap kalo kepanjangan curhatnya...
Diubah oleh setiapmenit
kebokekan pas kuliah aj...tahun 2007an... untunglah dapat beasiswa...kuliah modal otak pensil sama kertas...sehari2 kadang makan..kadang enggak...kemana2 naik sepeda... ga ad tabungan...ga ada uang jajan...kerja serabutan..jual2 kue...
nge gembel ane wkwkwkwk...
sekarang alhamdullilah udah kerja... hidup berputar cepat...kadang dibawah kadang diatas...
ihh ihh Thread ini masih ada... emoticon-Kagets

keep sharing friend ...
Quote:


Kalo jadi pengajar kursus komputer bisa gan??
Tapi jadwal malem,. Ane kerja dari pagi sampe sore jadi IT biar ada kesibukan malem sama seneng ngajar juga
Agan dibndung ya, ? Ane sih cm saran kalo suaminya udh mentok ngelamar dmna2 ga di terima, cb lamar jd promotor oppo smartphone gan soalnya umur masih muda (itu jg kalo agan niat kerja n ga pilih2), HRD nya ane kenal , gajinya lumayan basic sesuai umr kota setempat, insentifnya bisa 2-3kali dr gaji tergantung penjualan. Dpt bpjs, thr dll. Dan gajiannya jg tepat waktu ( pngalaman ane dlu masih kerja di perusahaan ini) . Penerimaannya jg ga susah gan, asal niatdan ga gengsian pasti ditrima. Lumayan gan dr pd nganggur.
Quote:


Agan dibndung ya, ? Ane sih cm saran kalo suaminya udh mentok ngelamar dmna2 ga di terima, cb lamar jd promotor oppo smartphone gan soalnya umur masih muda (itu jg kalo agan niat kerja n ga pilih2), HRD nya ane kenal , gajinya lumayan basic sesuai umr kota setempat, insentifnya bisa 2-3kali dr gaji tergantung penjualan. Dpt bpjs, thr dll. Dan gajiannya jg tepat waktu ( pngalaman ane dlu masih kerja di perusahaan ini) . Penerimaannya jg ga susah gan, asal niatdan ga gengsian pasti ditrima. Lumayan gan dr pd nganggur.
Masya Allah, ane sangat termotivasi dan jd lebih bersyukur dgn baca pengalaman agan2 di mari. Walau uang saku ane paling ngepas di antara yang lain, alhamdulillah ane masih bisa makan tiap hari. Tadinya ane masih suka sedih dan kurang bersyukur, di kala temen2 yg lain bisa makan 3 kali sehari, uang saku ane nyukupnya buat sekali sehari aja.
Sekarang ane udah punya kerjaan. Alhamdulillah gajinya sih lebih kecil dari uang saku ane pas kuliah. Gaji ane 400rb an, uang saku ane biasanya 500rb per bulan. Tp ane lg mencoba buat idup dgn uang segitu tanpa minta kiriman, plg kiriman buat byr kos 700 per 3 bulan. Walau dikit moga berkah. Ane tetep usahain nabung dan sisihin buat sedekah juga. Lagi belajar prihatin nih gan. Adek mau masuk pondok, biaya ga dikit dan ortu ane taun depan pensiun.
Diubah oleh MelonGoreng
Halaman 27 dari 34


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di