iskrimAvatar border
TS
iskrim
Menilik Kecanggihan E-CCTV, Sudahkah Dipertimbangkan Hal Ini?
Menilik Kecanggihan E-CCTV,
Sudahkah Dipertimbangkan Hal Ini?





[ HT# 156 ]

Lagi hangatnya pemberitaan tentang e-tilang yang mulai berlaku dibeberapa kota. Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Makassar menjadi yang terdepan dalam persiapan sistem e-tilang ini. Penerapan e-tilang sebenarnya bukan cuma ada di Indonesia, Amerika sudah diterapkan sejak 2009 , Inggris, Jepang sudah diterapkan sejak 2014, Korea Selatan dan Singapura sudah diterapkan sejak 2012.

Bicara e-tilang tentu tak lepas dari peran teknologinya itu sendiri, kamera untuk merekam kendaraan yang dianggap 'melanggar' nantinya akan menangkap gambar sebanyak 4 tahapan, setidaknya empat foto screenshot bekerja dimulai dari sebelum pelanggaran, saat pelanggaran, sesudah pelanggaran, dan foto jarak dekat kendaraan yang melanggar. Kamera yang bekerja ini disebut dengan E-CCTV, yup sebuah kamera perekam yang katanya cukup canggih dan handal dalam urusan rekam-merekam suatu kejadian dijalan.





Namanya saja ciptaan manusia, tentu ada kekurangannya, seperti yang akan saya bahas soal kamera jenis E-CCTV ini, mengingat pelanggar lalin di negara ini biasanya selalu pintar dan cerdik untuk mengelak dan mengeluarkan jurus beribu alasan, maka adakalanya menurut saya kerja E-CCTV ini dirasa kurang maksimal, yah ini sih hanya opini saja, saya sendiri belum melihat dilapangan seperti apa cara kerja kelebihannya kamera E-CCTV ini.

Hal yang ada pertamakali dalam benak saya adalah perlunya diperhatikan apakah E-CCTV ini mampu bekerja maksimal di situasi seperti saya jelaskan dibawah ini. Kalaupun poin-poin dibawah ini ternyata bukanlah kendala yang berarti maka harapan saya ada masukan dari pihak yang benar-benar menguasai cara kerja dan teknologi kamera E-CCTV ini. Tidak ada maksud apa-apa, saya membuat opini ini bertujuan agar kerja e-tilang semakin maksimal, minim bahkan menjadi 'nol' pelanggaran lalin di negara tercinta ini, aamiin.




Gelap



Kita semua tahu yang namanya situasi dalam gelap kita saja sebagai manusia memiliki keterbatasan penglihatan jarak pandang dalam keadaan gelap. Yah, meski e-cctv mungkin memiliki keunggulan melihat dalam 'gelap' tapi semaksimal apakah daya kerjanya, mampukah menangkap 'target' pelanggar disituasi ini?



Plat Palsu



Namanya tindak kejahatan, atau mungkin disengaja. Pelanggaran bisa terjadi dimana dan kapan saja, tak terkecuali dijalan menjadi salah satu tempat yang terbilang sering ditemukan. Nah, bagaimana petugas bisa memastikan apakah "target' pelanggar itu menggunakan plat kendaraan asli atau palsu? Terkadang ada loh, orang yang berniat jahat atau dengan sengaja mengganti plat nomor palsu guna memburamkan identitas si pelaku. Dan kedua terkadang pemilik kendaraan yang sah pun menggunakan plat nomor palsu alias bikinan dipinggir jalan, biasanya mereka yang baru saja memiliki kendaraan 'gress' berusaha untuk 'turun ke jalan' tapi belum mempunyai plat nomor resmi. Bagaimana sebuah e-cctv bisa membedakannya?



Plat Buram



Ini mungkin hampir mirip dengan poin pertama, soal keterbatasan penglihatan kamera e-cctv. Kalau kamu sering berada di jalan pastinya menemukan kondisi plat nomor kendaraan ada yang sampai pucat warna catnya, pelindung mika plat yang sudah buram, cetakan nomor yang kurang jelas, atau di modifikasi, dan bahkan ditambahkan aksesoris diluar standar resmi. Apakah hal ini sudah terfikirkan oleh petugas, sedetail apakah kamera e-cctv mampu menangkap 'penampakkan' plat nomor kendaraan dilapangan?




Tanpa Plat



Nah, kalu ini mungkin memang si pengemudinya bermodal nekat atau memang tidak tahu kalau plat nomornya mungkin jatuh dijalan atau bagaimana. Bagaimana peran e-tiang dan petugas menyikapi hal ini. Apakah bisa disimpulkan 'target' pelanggar ini siapa dan berasal dari mana?




Letak Plat



Modifikasi kendaraan memang terlihat jadi lebih keren dan tampil beda (minimal menurut pemakainya). Letak plat nomor kendaraan pun kadang pindah letak posisinya, ada yang 'nemplok' di kolong spakboard, disisi body kendaraan atau hanya memiliki 1 plat saja yang kadang letaknyapun sulit terlihat. Bagaimana camera e-cctv mampu mendeteksi target' pelanggar ini agar tidak salah sasaran?




Ketutup Barang



Setiap kendaraan tentunya sudah diberi aturan dan batasan mengangkut barang bawaannya. Kenyataan dilapangan bisa kita lihat bagaimana pelanggar nampaknya dengan sengaja memuat barang dibatas kewajaran hingga menutupi plat nomor kendaraan. Lalu ada juga biasanya kaum ibu yang menggunakan rok panjang atau tas besar dibelakang hingga menutupi plat nomor dan lampu sein dan ada stiker yang menutup nomor plat. Adapula plat nomor kendaraan depan tertutupi oleh barang bawaan juga. Dapatkah e-cctv dan petugas mengidentifikasi 'target' pelanggar ini?



Plat Patah/ Tekuk



Ini sebenarnya jarang terjadi dan jarang ditemukan, tapi memang benar-benar ada dijalanan. Seperti beberapa kali saya temukan kendaraan motor yang platnya tinggal separuh saja. Ketika 'target' pelanggar melakukan pelanggaran bagaimana petugas bisa menyimpulkan bahwa si 'A' adalah pelakunya yang menghilangkan, sengaja atau tidak? Jangan sampai salah sasaran deh ya!




Faktor X



Ane rasa teknologi e-cctv in tentunya sudah sangat matang dibuat dan digunakan dilapangan. Namun apa yang terjadi bila tiba-tiba kamera tidak bekerja, mungkin karena human error, listrik padam, atau memang kameranya yang rusak dan saat itu di tkp terjadi kejadian yang 'luar biasa', bagaimana e-cctv akan bekerja dan petugas bisa menyimpulkan kronologis ini?





Dari semua poin diatas saya hanya berharap sudah difikirkan dan sudah ada solusinya oleh pihak berwenang. Semoga ini bisa menjadi bahan kajian agar bisa lebih bersinergi memantapkan teknologi e-tilang di lapangan. TAPI YANG TERPENTING DARI INI SEMUA ADALAH: Sebaiknya pengendara dan penumpang selalu disiplin, tertib berlalu lintas dan selalu mentaati peraturan yang berlaku. Harus berangkat dari kesadaran dimulai dari diri sendiri dan ditularkan ke keluarga kita tercinta. Tertib dan patuh diperjalanan adalah penting karena keluarga dan kenalan menanti kedatangan kita dalam keadaan selamat, aamiin.


guk



MAMPIR GAN, DI STUDIONYA ISKRIM
Web Blog: iskrim.com
FB: Facebook/iskrim
Line: Iskrim Kaskus

█║▌│█│║▌║││█║▌│║▌║█║║▌║││█║▌││█
ISKRIM .com - BERITA JADI CERITA
Copyright © 2017 www. iskrim. com | All Rights Reserved
Member of Kaskus Thread Creator - KASKUS

sumur: REF | sumur gambar : oom gugel | sotoshop : iskrim

>> Rekomendasiin HT, gan <<

>> main ke koleksi HT iskrim dan thread lainnya klik disini gan <<



Diubah oleh iskrim 28-07-2018 00:15
0
20.2K
134
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan