kucingbudukanAvatar border
TS
kucingbudukan
Dimulai Hanya dari B-Side, Lagu-Lagu Ini Malah Jadi Lebih Populer


Apakah Agan familiar dengan istilah B-side? B-side adalah istilah yang biasa digunakan di dunia musik untuk menyebut lagu yang gak dijagokan. Istilah ini muncul dari media penyimpanan analog seperti vinyl, di mana pada piringan hitam 7" atau 12" Agan bisa menemukan lagu tambahan di sisi baliknya (flipside) yang disebut B-side.

Udah tau B-side?

Pada B-side biasanya terdapat lagu yang bukan menjadi bagian dari album tersebut, bisa berupa bonus track, atau mungkin lagu yang gak cocok dengan konsep albumnya, lagu yang belum pernah dirilis atau gak lolos seleksi pihak label, karena dianggap kurang bagus, kurang mengikuti selera pasar, atau semacamnya.

Kalau A-side adalah hasil karya musisi yang disebarluaskan dengan dukungan promosi dan ditargetkan mencetak hit, maka B-side kini malah menjadi tempat para musisi menyalurkan idealismenya. Mungkin karena hanya merupakan lagu tambahan dari sebuah album, maka mereka bisa memasukkan lagu-lagu yang selama ini hanya tersimpan dalam bentuk demo. Istilah B-side pun kini menjelma menjadi beberapa istilah lain seperti "bonus", unreleased", "exclusive", dan lain-lain. Band-band seperti The Beatless, Coldplay, Oasis juga menggunakan B-side sebagai media untuk merilis lagu-lagu yang pernah mereka buat namun gak bisa masuk ke album. Penggunaan B-side ini juga masih lanjut di era digital sekarang Gan, karena beberapa musisi juga merilis B-side nya dalam format digital.

B-side yang Menjadi Populer

Pada kenyataannya, gak semua B-side itu gak bagus, malah ada beberapa lagu B-side yang keren, bahkan lebih keren dari lagu yang mereka jagokan di album itu dan menjadi lebih populer dari lagu jagoannya. Seperti beberapa lagu berikut ini.

Radiohead - Talk Show Host



Pada 1995 Radiohead merilis lagu 'Street Spirit (Fade Out) dari album The Bends. Lagu ini menuai banyak pujian, termasuk juga lagu B-sides nya yang berjudul 'Talk Show Host' . Lagu itu dengan cepat menjadi lagu favorit para penggemar dan menuai gelar sebagai lagu B-sides terbaik sepanjang masa dari beberapa majalah musik seperti NME.

Nirvana - Aneurysm



Aneurysm menjadi populer di kalangan penggemar Nirvana setelah dirilis pada tahun 1992 dalam album kompilasi berjudul Incestiside. Aslinya lagu ini ada di flipside dari lagu hit mereka yang berjudul 'Smells Like Teen Spirit'

Oasis - Half The World Away



Oasis adalah salah satu band yang punya koleksi B-side yang keren-keren, tapi salah satu yang paling terkenal adalah 'Half The World Away' yang dirilis pada 1994, sebagai b-side dari lagu 'Whatever'. Lagu ini kemudian masuk dalam 2 album kompilasi Oasis, yaitu The Masterplan dan Stop The Clock, dan menjadi lagu populer pada masanya.

The Beatles - I Am The Walrus



'I Am The Walrus adalah B-side dari lagu 'Hello Goodbye' yang rilis pada 1967. Lagu ini menjadi karya The Beatles yang psikedelik, aneh tapi keren. Lagu The Beatles yang paling rumit dan ajaib deh. Di dalam lagunya ada kayak suara radio rusak, 16 bagian paduan suara, dan orkestra. Kayak ribet banget buat sebuah lagu yang cuma dirilis sebagai B-side. Tapi, lagu ini malah menjadi salah satu lagu The Beatles terbaik.

Queen - We Will Rock You



Kalau yang satu ini pasti Agan udah hafal banget, walaupun mungkin di bagian reff-nya aja. Lagu 'We Will rock You' milik Queen ini sering banget dipakai di acara-acara pertandingan olahraga, mungkin karena nuansanya yang memberi semangat banget. Siapa sangka lagu ini hanyalah B-Side dari lagu hit mereka 'We Are The Champions', yang dirilis dalam album 'News of The World' pada 1977.

The Smiths - How Soon Is Now? dan Please, Plese Please Let Me Get What I Want





Lagu 'William, It Was Really Nothing' yang rilis pada 1984 memiliki B-side yang menjadi hit juga, yaitu lagu 'How Soon It's Now' ini Gan. Lagu ini jadi favorit penggemar dan juga masuk ke tangga lagu bergengsi dunia musik. Selain itu, ada lagu "Please, Please, Please, Let Me Get What I Want" yang gak kalah populer dan merupakan B-side juga.

The Beach Boys - God Only Knows



Lagu ini banyak dibicarakan sebagai salah satu karya terbaik The Beach Boys dan merupakan salah satu lagu terbaik sepanjang masa. Lagu yang terdengar manis banget ini adalah B-side dari lagu 'Wouldnt It Be Nice' yang rilis pada 1966. Pada masanya lagu ini dianggap aneh karena budaya Amerika yang masih konservatif pada saat itu menganggap lagu dengan judul yang diawali kata God (Tuhan) saat itu sebagai hal yang tabu. Maka lagu ini dirilis sebagai B-side saja, meski tetap saja menerima beberapa pelarangan.

Arctic Monkeys - Plastic Tramp



‘Plastic Tramp’ yang rilis pada 2007 merupakan B-side dari lagu ‘Fluorescent Adolescent’. Lagu yang dengan unsur rock yang terdengar raw ini jadi salah satu lagu favorit penggemar, dan Alex Turner sang vokalis pun bilang kalau dia suka mendengarkan lagu ini. Lagu ini juga masuk ke set list Arctic Monkey untuk live DVD, ‘At The Apollo’.

Itulah beberapa B-side yang malah kemudian melejit dan mencuri hati para penggemarnya. Sebenarnya masih banyak deretan B-side yang mau ane bahas tapi kayaknya gak muat nih.

Kalau Agan punya lagu B-side favorit? Tulis aja di kolom komen emoticon-Big Grin

sumber referensi
[URL="http://www.nme.com/photos/35-essential-b-sides-as-selected-by-nmeS E N S O R-users-1430841#pOxwp7d87Io5V2tQ.99"]sumber[/URL]
Diubah oleh kucingbudukan 13-09-2017 09:44
0
27K
77
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan