Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wismacibantengAvatar border
TS
wismacibanteng
Ini Dia 'Tongtol' Alat Bantu Bayar Tol


Tongsis atau tongkat narsis mungkin sudah akrab di kehidupan kita, apalagi bagi masyarakat yang gemar berfoto shelfie. Namun pernahkan mendengar tongtol?

Tongtol alias tongkat e-toll mulai beken belakangan ini. Pasalnya, mulai Oktober 2017, pembayaran di gerbang tol diwajibkan dilakukan secara non tunai dengan menggunakan kartu elektronik. Hal itu dilakukan guna mengurangi penumpukan kendaraan di pintu tol.

Sebagaimana halnya tongsis yang berfungsi untuk 'memanjangkan' tangan guna memudahkan jarak ideal untuk foto, tongtol diperuntukkan untuk memudahkan pembayaran tol dengan kartu yang di-tap ke pembaca kartu di gerbang tol.

Tinggal membuka kaca mobil dan mengeluarkan tongtol, pengemudi tak perlu susah payah menjangkau mesin tap untuk pembayaraan. Kartu non tunai sendiri ditempelkan pada ujung tongtol.



"Berawal dari adanya peraturan pemerintah yang akan memberlakukan pembayaran jalan tol menggunakan uang elektronik atau e-toll. Kami mendapatkan suatu ide yang bisa dijadikan bisnis yaitu tongkat kartu atau juga disebut tongcard,"

Kartu pembayaran elektronik diselipkan pada ujung tongtol dengan penjepit sebagaimana pada fungsi tongsis.

"Konsep penggunaan tongcard ini sederhana, hanya menyelipkan kartu di tongkat tersebut. Tinggal tempelkan kartu pada scanner yang terdapat di gerbang tol,"

Sekilas, bentuk tongtol ini mirip spatula atau centong memasak dengan panjang 1 meter. Sementara ujung tempat kartu menyerupai box tempat kartu ID perusahaan.

"Tongcard ini dijual dengan berbagai macam bentuk, ada yang terbuat dari plastik, bahkan ada juga yang terbuat dari logam ringan. Saat ini kami menjual yang berbahan plastik karena teksturnya yang lentur, ringan dan harganya tidak mahal,"

Quote:
Diubah oleh wismacibanteng 12-09-2017 07:32
0
7.9K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan