Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

white.supremacyAvatar border
TS
white.supremacy
GP Ansor Siap Dampingi Dandhy soal Tulisan Megawati-Suu Kyi
Jakarta, CNN Indonesia -- Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) siap mendampingi jurnalis Dandhy Dwi Laksono yang dilaporkan ke Polda Jawa Timur karena menulis status facebook bertajuk 'Suu Kyi dan Megawati'.

Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qousman sudah memerintahkan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Ansor Pusat untuk membantu Dandhy.

"Saya sudah perintahkan LBH Ansor menghubungi saudara Dandhy," kata Yaqut saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (9/7).

Yaqut menilai status yang ditulis oleh Dandhy tidak mengandung ujaran kebencian. Pelaporan Dandhy ke polisi ia anggap sebagai tindakan berlebihan dan mencari perhatian.

Dihubungi terpisah, Direktur Advokasi dan Litigasi LBH GP Ansor Achmad Budi Prayoga mengatakan sudah menghubungi Dandhy kemarin. Ia menawarkan pendampingan hukum seperti perintah Yaqut.

"Mas Dandhy belum menyatakan siap kami dampingi. Tapi beliau apresiasi niat kami untuk mendapingi," kata Achmad.

Saat berbicara lewat telepon, kata Acmad, Dandhy juga mengatakan sedang koordinasi dengan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Kekerasan (Kontras) dan sejumlah organisasi lain untuk menghadapi pelaporan.

Ia yakin banyak yang membantu Dandhy lantaran sering terlibat dengan kegiatan dan aksi sosial.

Lebih lanjut, Achmad menilai tulisan Dandhy tidak mengandung unsur pidana.

Lewat tulisan itu ia menganalisa dan membandingkan sikap diam pemimpin de facto Myanmar Aung San Suu Kyi terhadap kekerasan militer pada etnis Rohingya saat ini dengan sikap diam Megawati Soekarnoputri terhadap kekerasan masa lalu di Indonesia.

"Sikap diam itu karena tekanan rezim militer Myanmar dan Soeharto, itu tidak melecehkan. Suu Kyi menerima nobel perdamaian, kalau membandingkan Megawati dengan tokoh penerima nobel kan justru baik," kata Achmad.

Dandhy dilaporkan oleh Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) Jawa Timur ke Polda Jawa Timur, pada Rabu (7/9). Repdem adalah salah satu organisasi sayap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang saat ini diketuai oleh anggota DPR Masinton Pasaribu.

Repdem menganggap status Dandhy tersebut mengandung penghinaan dan ujaran kebencian terhadap Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Saat ini Dandhy dan tim pengacara sedang mengumpulkan informasi untuk mempelajari laporan Repdem tersebut. Ia menduga ada hal-hal yang melatarbelakangi Repdem melaporkan dirinya.

Pertama, tulis Dandhy melalui akun facebook, laporan itu adalah reaksi yang memanfaatkan 'pasal-pasal karet' dalam UU ITE dan KUHP, atau kemungkinan kedua sebagai sebuah tindakan bermotif membungkam kebebasan berekspresi.

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...awati-suu-kyi/

Indonesia terletak diantara benua Australia dan benua Amerika
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
4.6K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan