Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

metrojaya86Avatar border
TS
metrojaya86
Polresta Bandara Soetta Ungkap Penyelundupan 83.750 ekor Baby Lobster
Polresta Bandara Soetta Ungkap Penyelundupan 83.750 ekor Baby Lobster
SEBANYAK 83.750 ekor baby lobster hasil sitaan dilepasliarkan di perairan Batu Mandi, Pantai Barat, Kabupaten Pangandaran, Selasa, 29 Agustus 2017.

PARIGI,(PR).- Penyelundupan sebanyak 83.750 ekor bayi lobster digagalkan pada Senin, 28 Agustus 2017 malam. Penyelundupan berhasil terbongkar oleh petugas dari Polisi Resort Bandara Soekarno-Hatta yang bejerjasama dengan Bareskrim Mabes Polri dan Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu (BKIPM) dan Keamanan Hasil Perikanan di Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

Sebanyak 83.750 ekor bayi lobster yang disimpan dalam 10 koper itu langsung dibawa dan dilepasliarkan di perairan Pantai Barat, Kabupaten Pangandaranpada Selasa, 29 Agustus 2017 pagi.

Menurut Kapolres Bandara Soetta Kombes Arif Rahman melalui anggotanya, Erwin Saputra, upaya penyelundupan sebanyak 83.750 ekor bayi lobster dilakukan oleh lima orang pelaku. Aksi tersebut digagalkan saat benih-benih tersebut hendak diloloskan ke negara tetangga yakni Vietnam. Caranya dengan menggunakan pesawat dari bandara Soekarno Hatta yang transit di Singapura.

"Untuk sementara pelaku masih kami tahan di Polres Bandara Soekarno Hatta. Ini dilakukan guna penyidikan," ujar Erwin saat ditemui di lokasi pelepasliaran hasil sitaannya.

Sementara menurut petugas BKIPM Jakarta, Ferry Ichwan yang didampingi Kepala BKIPM Cirebon Eko Sulistianto mengatakan, jenis bayi lobster yang dilepasliarkan di Pangandaran berupa udang lobster jenis Panullirus Spp.

Total 800 ribu bayi lobster

Dia juga mengatakan bahwa sesuai arahan Menteri Kelautan dan Perikanan, hasil tangkapan bayi lobster harus dilepasliarkan di khabitat aslinya. Ini dilakukan supaya kelangsungan hidupnya lebih baik. Menurut Ferry, pantai selatan Pulau Jawa merupakan habitat asli pengembangbiakan lobster termasuk, perairan Pangandaran adalah salah satu tempatnya.

Pelepasliaran dilaksanakan di perairan Batu Mandi di kawasan Pantai Barat Pangandaran. Dilakukan oleh petugas gabungan dari TNI AL, Polair, BKIPM. Didampingi pula oleh petugas Dinas Kelautan Perikanan dan Ketahanan Pangan Kab Pangandaran serta sejumlah anggota Pokmaswas Pangandaran.

"Pelepasliaran baby lobster hasil sitaan dari para pelaku penyelundupan, di Pangandaran sudah yang ke 15 kalinya. Dengan jumlah total sekitar 800 ribuan baby lobster. Dan ini akan menjadi harta karun bagi nelayan di Pangandaran. Maka tolong dijaga dan dipelihara," tambah E Sulistianto, Kepala BKIPM Cirebon.

Sumber: http://www.pikiran-rakyat.com/jawa-b...andaran-408323

0
2.3K
20
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan