fadw.crtvAvatar border
TS
fadw.crtv
Ini Gan Kamar Kontrakan Yang Ada Di Jepang
Sebagai seorang perantau, tentu kita perlu tempat tinggal di tempat yang kita tuju. Maka, banyak orang yang memilih untuk menyewa kamar baik itu kontrakan mau pun kosan.

Kamar kontrakan yang kita temui di Indonesia tentunya bermacam-macam, mulai dari kamar mandi di dalam atau pun terpisah, dilengkapi atau tanpa dapur umum, dan dengan harga 500 ribu sampai jutaan rupiah perbulan.

Sekarang kita jalan-jalan sebentar mengenal kamar kontrakan yang ada di Jepang, yuk, gan.

Kontakan yang ada di Jepang biasanya disebut dengan flat atau apaato/apartemen, kalau di sini apartemen pasti notabenenya bangunan tinggi dan mewah, kaya ... ah sudahlah. emoticon-Ngakak

Kontrakan di Jepang ini ada yang berbentuk seperti rumah pada umumnya dan ada yang berbentuk gedun namun dengan ketinggian yang bermacam-macam.
Spoiler for penampakannya:

Fasilitas yang ditawarkan terbilang sangat lengkap, bahkan bisa dibilang nyaman untuk tinggal dengan istri/suami dan seorang anak.
Fasilitas itu meliputi:

  • Jumlah kamar
    Spoiler for Kamarnya:

    Jumlah kamar paling sedikit 1 buah dengan ukuaran 2x3 meter. Biasanya sudah tersedia lemari yang bersatu dengan dinding dan beralaskan tatami atau tikar Jepang.

  • Dapur
    Spoiler for Dapurnya:

    Dapur yang sebenarnya dapur, mulai dari tempat cuci piring, lemari kitchen set, dan blower. Untuk kompor, kulkas dan peralatan masak tergantung dari kebijakan si yang mpunya apartemen, ada yang memberikan ada juga yang kosongan.

  • Toilet
    Spoiler for Toilet:

    Kebanyakan toilet di Jepang adalah toilet kering, sehingga isinya cuma kloset duduk dan tempat tisu. Ukurannya paling 1x1 meter, bisa dibilang sempit.

  • Kamar Mandi
    Spoiler for Kamar Mandi:

    Toilet dan kamar mandi di Jepang pasti terpisah, kalau di Indonesia kebanyakan dijadikan satu karena hemat bak. emoticon-Ngakak (S)
    Kamar mandinya berbentuk shower yang bisa nyembur air dingin dan air panas gan, tapi kalau ngg ada listrik, jangan harap bisa mandi air panas ya. emoticon-Ngakak (S)
    Biasanya juga, tersedia bak berendam. Bak ini untuk berendam air panas saat musim dingin, beuh gan sensasinya enak banget, asal jangan terlalu panas dan kelamaan nanti telurnya mateng. emoticon-Ngakak

  • Tempat parkir
    Yap, tempat parkir, bukan parkiran motor tapi parkiran mobil gan. emoticon-Ngakak (S) Selain itu ada tempat parkir sepeda juga.


Terlepas dari fasilitas yang ditawarkan, tentu ada harga yang mesti dibayarkan. Harga berkisar antara 30.000 sampai diatas 100.000 yen juga ada gan atau sekitar 3 juta sampai diatas 10 juta rupiah, tergantung fasilitas yang didapat serta lokasi menentukan prestasi. emoticon-Hammer (S)

Selain biaya kamar, kita juga wajib membayar biaya listrik, air dan gas secara bulanan. Biasanya biaya sekitar 5.000 yen atau 500 ribu rupiah jika pemakaian standar.

Sekian gan info dari saya, sebagai gambaran saja buat yang mau bekerja atau kuliah di sana.

Sumber tulisan : Pengalaman hidup
Sumber gambar : Google image dengan keyword アパート

6/9/2017

0
43.6K
188
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan