Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

atandiAvatar border
TS
atandi
KPK bingung dituduh punya utang Rp 5 miliar ke keluarga Cendana
Reporter : Fikri Faqih

KPK bingung dituduh punya utang Rp 5 miliar ke keluarga Cendana
Merdeka.com - Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah bingung dengan tudingan yang dilontarkan ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Kongres Advokat Indonesia (KAI) Indra Sahnun Lubis. KPK disebut memiliki utang Rp 5 miliar kepada Probosutedjo, adik ipar Presiden RI ke-2 Soeharto. Utang itu disebut-sebut digunakan untuk operasi tangkap tangan menjebak hakim yang menangani kasus reboisasi hutan tanaman industri.


Kami juga bingung dengan tudingan yang tidak jelas tersebut. Karena putusan atau kasus tersebut sudah berkekuatan hukum tetap. Itu kasus lama, sekitar tahun 2006 itu berkekuatan hukum tetap," katanya di kantor KPK, Jakarta, Senin (4/9).

Febri mengungkapkan, dalam putusan itu sejumlah pihak yang diajukan oleh KPK ke pengadilan itu sudah divonis bersalah. Bahkan uang yang merupakan uang suap tersebut sudah dinyatakan pengadilan di rampas untuk negara.

"Jadi kami mengimbau semua pihak yang memiliki kewenangan agar lebih hati-hati menerima informasi agar itu tidak parsial," ujarnya.

Dia memberi contoh, jika sebuah kasus sudah divonis pengadilan, ada sesi saling menguji. Mungkin ada puluhan atau ratusan saksi yang diperiksa, sehingga akan sangat aneh jika yang didengar keterkaitan hanya yang didengar di salah satu pihak saja.

"Lebih baik kita hormati proses hukum tersebut. Proses hukum sudah menjatuhi vonis bersalah ya pada semua orang, jadi lebih baik itu dihormati," tutupnya.

Sebelumnya, Presiden Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Kongres Advokat Indonesia (KAI) Indra Sahnun Lubis menghadiri rapat dengar pendapat dengan Pansus Angket KPK di Gedung DPR, Kamis (31/8). Di hadapan Pansus, Indra menyebut penyidik KPK pernah meminjam uang kepada kliennya, pengusaha yang juga adik ipar Presiden RI ke-2 Soeharto yakni Probosutedjo. Tak tanggung-tanggung, pinjamannya sebesar Rp 5 miliar.

Uang yang dipinjam, kata dia, akan dipakai penyidik KPK untuk menjebak hakim Mahkamah Agung yang tengah menyidangkan Peninjauan Kembali (PK) kasus korupsi dana reboisasi hutan tanaman industri.

"Jadi rencananya kan gini, orang MA, dia datang, Pak Probo laporkan kepada KPK. Ini ada orang dari MA mau minta uang sejumlah segini, kebetulan dipinjamkan uang oleh KPK untuk menjebak MA. Diambil uang itu sama MA," kata Indra di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (31/8).

Setelah sidang kasus suap itu selesai, penyidik KPK tak kunjung mengembalikan uang milik Probosutedjo yang semula digunakan untuk menjebak hakim MA tersebut.

"Uang itu diminta enggak dikembalikan lagi, nanti, nanti, nanti, sampai sekarang enggak dikembalikan," tegasnya.

Anggota Pansus KPK, Mukhamad Misbakhun terkejut mendengar pernyataan Indra. Misbakhun menanyakan penyidik yang meminjam uang kepada Probo.

"Boleh tahu siapa penyidiknya Pak?" tanya Misbakhun.

Indra mengaku tidak ikut saat penyidik KPK yang meminjam uang kepada Probo. Probo hanya menugaskannya untuk menagih uang kepada KPK.

"Jadi begini Pak, pada waktu proses meminjam uang itu saya enggak ikut. Tapi Pak Probosutedjo menugaskan kepada saya untuk menagih kepada KPK mungkin Pak Probosutedjo ditakut-takuti, saya yakin ditakut-takuti," ucapnya.

(mdk/noe)

Sumber = https://m.merdeka.com/peristiwa/kpk-bingung-dituduh-punya-utang-rp-5-miliar-ke-keluarga-cendana.html
0
3.4K
24
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan