Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dubur.basukiAvatar border
TS
dubur.basuki
Elektabilitas PSI dibawah Partai Rhoma Irama, Tsamara : Itu survei sampah !
Elektabilitas PSI dibawah Partai Rhoma Irama, Tsamara : Itu survei sampah !

Kemunculan figur muda di partai politikpun dinilai tak menjamin akan mendongkrak elektabilitas partai. Tingkat pengenalan figur muda ini dianggap masih terlalu rendah dan masih kalah dibanding dengan figur-figur senior.

Seperti diketahui, kali ini beberapa figur muda bermunculan di kancah perpolitikan. Salah satunya Tsamara Amany dari partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang berani twitwar dengan wakil ketua DPR Fahri Hamzah soal hak angket KPK hingga Joice Triatman dari NasDem.

"Apakah pengaruh tokoh-tokoh muda akan mempengaruhi elektabilitas partai, itu menurut saya pilihan orang kepada partai itu sekarang ini masih dipengaruhi oleh secara umum dipengaruhi oleh figur, salah satunya untuk beberapa, figur ketua umum. Dan efek pilkada DKI juga menjadi determinan elektabilitas PSI yang hanya 0,001% menurut survei Indobarometer " ujar peneliti Center for Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes.

Arya menerangkan faktor mesin partai yang solid masih menjadi salah satu yang dominan dalam mempengaruhi suara partai. Pembentukan citra positif dari partai pun menjadi hal yang penting dalam perebutan suara di pemilu.

"Yang pengaruh mesin partai, soliditas mesin partai di tingkat partai, caleg partai, dan juga sektor faktor citra positif," terang Arya.

Dalam survei terakhir, Indo Barometer melakukan simulasi, untuk melihat kedekatan publik dengan partai politik.

Untuk melihat dukungan responden terhadap parpol yang ada, kami mencoba menyusun simulasi 15 nama parpol,” ucap Qodari.

Hasilnya, PDIP tetap berada di urutan teratas (20,8 persen). Kemudian Golkar (15,3 persen), Gerindra (11,3 persen), Demokrat (7,3 persen), PPP (6,7 persen), PAN (5,2 persen), PKS (5,1 persen), NasDem (4,5 persen), PKB (4,3 persen) dan Hanura (1,3 persen).

Parpol lain kata Qodari di bawah 1 persen. Masing-masing PKPI (0,9 persen), Perindo (0,8 persen), PBB (0,7 persen), Partai Idaman (0,01 persen) dan PSI (0,001 persen).

Menurut Qodari, umumnya responden memilih parpol tertentu karena suka degan figur yang ada di parpol tersebut (15,5 persen).

Kemudian karena dinilai dekat dengan rakyat (12,7 persen), partai rakyat kecil (10,8 persen), memerjuangkan hak rakyat (8,1 persen), tegas (7,7 persen) dan sejumlah alasan lainnya.

Survei dilakukan dengan margin of error lebih kurang 3 persen.

Melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara multistage random.

Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tsamara Amany Alatas merasa tak rela jika partainya dianggap kalah bersaing dengan Partai Idaman pimpinan Rhoma Irama.

"Menurut data dan faktanya kan PSI dapat banyak dukungan masyarakat di sosial media, sementara Partai Idaman tidak pernah terdengar gaungnya. Jadi bagaimana mungkin basis massa kami kalah dengan Partai Idaman?" ujarnya kepada JawaPos.com, Senin (14/8).

Dia mengatakan, PSI memiliki struktur partai yang lengkap. Mereka sudah memenuhi syarat KPU yaitu 100 persen provinsi, 75 persen kabupaten/kota, dan 50 persen kecamatan.

Tsamara mengklaim anggota PSI yang sudah tercatat di seluruh Indonesia mencapai lebih dari 350 ribu orang. Dia meyakini angka itu akan terus bertambah.

"Kalau Idaman diklaim elektabilitasnya lebih tinggi dari kita, itu bisa dipastikan surveinya tidak menggunakan metodologi yang benar. Bisa disebut sebagai survei sampah," tegasnya.




https://m.detik.com/news/berita/d-3559833/ada-figur-muda-seperti-tsamara-cs-tak-jamin-dongkrak-suara-partai



http://m.jpnn.com/news/survei-indo-barometer-lima-parpol-di-bawah-1-persen?page=2


http://m.jpnn.com/news/mbak-tsamara-tak-rela-psi-disejajarkan-dengan-partai-bang-rhoma


Diubah oleh dubur.basuki 02-09-2017 04:49
0
9.1K
79
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan