yukepodotcomAvatar border
TS
yukepodotcom
Kuil Karni Mata, Kuil di India yang Dihuni Puluhan Ribu Tikus Titisan Dewa
WELCOME TO YUKEPO OFFICIAL THREAD
emoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Ultah




Binatang memang sudah menjadi objek pemujaan sejak zaman budaya kuno lalu. Dalam beberapa budaya kuno di dunia, beberapa binatang sering kali dianggap sebagai makhluk suci yang dipuja dan dikeramatkan. Begitu pun dengan India, negara yang mayoritas penduduknya beragama Hindu ini memang masih memegang teguh pemujaan terhadap hewan sebagai perlambangan dewa. Misalnya saja gajah, ular, monyet, bahkan sapi menjadi beberapa jenis hewan yang dianggap sakral oleh masyarakat Hindu di India. Bahkan, masyarakat di beberapa wilayah di India sengaja mendirikan beberapa kuil yang dibuat khusus sebagai tempat pemujian hewan sakral tertentu.

Salah satu kuil di India yang cukup populer adalah Kuil Karni Mata yang berlokasi di Gurun Thar, daerah Bikaner. Arsitektur kuil ini cukup indah dengan berhiaskan panel marmer yang berhiaskan rumit dan ukiran perak. Uniknya, kuil ini menjadi tempat tinggal bagi sekitar 20.000 tikus yang diyakini sebagai salah satu kuil suci. Tikus-tikus yang bermukim di kuil ini dikenal dengan nama “Kabbas” yang berarti anak kecil. Secara rutin, para tikus ini diberi makan biji-bijian, kelapa, dan susu dalam wadah mangkuk logam besar.

Kuil ini dipercaya sudah ada sejak tahun 1400-an. Menurut cerita legenda, Karni Mata yang dipercaya sebagai titisan Dewi Durga meminta bantuan kepada dewa kematian, Yoma, untuk menghidupkan lagi jiwa anak seorang pendongeng yang sudah meninggal. Karena Yoma menolak untuk mengabulkan permintaan tersebut, Karni Mata berjanji bahwa semua pendongeng dengan jenis kelamin laki-laki dari kasta Charan (klan si pendongeng yang anaknya meninggal) akan bereinkarnasi sebagai tikus di Kuil Durga Karni Mata ketika sudah meninggal. Apabila tikus-tikus tersebut mati, mereka akan bereinkarnasi sebagai anggota keluarga Depavats yang masih di dalam garis keturunan Karni Mata.

Para pengunjung kuil sering kali membawa pulang sisa makanan dan susu bekas para tikus tersebut. Mereka percaya bahwa sisa makanan para tikus tersebut dapat membawa keberkahan dan nasib baik. Penduduk setempat juga meyakini bahwa kesejahteraan tikus-tikus tersebut tak boleh terlupakan. Apabila ada satu tikus yang mati karena dibunuh atau ditelantarkan, maka harus diganti dengan tikus yang terbuat dari emas atau perak. Penasaran bagaimana potret kuil Karni Mata ini? Yuk, langsung aja kepoin bareng YuKepo!

Spoiler for 1. Setiap harinya pasti ada saja umat Hindu yang beribadah di kuil ini:


Spoiler for 2. Kurang lebih terdapat sekitar 20.000 tikus yang hidup di kuil suci ini:


Spoiler for 3. Hewan pengerat ini dianggap sebagai salah satu titisan dewa:


Spoiler for 4. Tikus-tikus ini dipelihara oleh keturunan anggota keluarga Depavats dan warga sekitar yang rutin melakukan ritual pemukaan di Kuil Karni Mata:


Spoiler for 5. Hingga kini belum pernah ada laporan mengenai kasus terjangkitnya penyakit yang ditularkan oleh tikus-tikus ini:


Spoiler for 6. Masyarakat percaya bahwa para tikus ini mampu melindungi seluruh Desa Karni Mata karena desa ini berhasil selamat dari ledakan bom di tahun 1961:


Spoiler for 7. Mitosnya, apabila pengunjung bisa menemukan tikus putih dan berhasil memegangnya, maka hidupnya akan terjamin dan bahagia:


Spoiler for 8. Tikus-tikus ini dipercaya merupakan reinkarnasi kasta Charan (keluarga pendongeng):


Spoiler for 9. Sisa-sisa makanan tikus ini kerap dibawa pulang oleh pengunjung karena dipercaya dapat membawa berkah:


[SPOILER=10. Simak video penelusuran kuil tikus ini][VIDEOCARD]



Nah, itulah tadi beberapa foto kuil tikus yang ada di India. Tikus memang sudah menjadi salah satu hewan yang sakral di sana. Kesejahteraan tikus menjadi suatu hal yang harus selalu dipikirkan karena masyarakat setempat meyakini bahwa tikus inilah yang menyelamatkan mereka dari marabahaya. Berniat untuk mengunjungi Kuil Karni Mata ini?


Sumber : Yukepo
Rate, comment, cendol appreciated emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
0
21.3K
159
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan