Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

smart.moneyAvatar border
TS
MOD
smart.money
Di Jepang, Posisi Wanita Berhasil Lampaui Pria untuk Urusan Gaji
[img]//s.smart-money.co/2017/07/salary-woman-768x541.jpg[/img]

Perlakuan yang berbeda antara pria dan wanita di dunia kerja memang sudah menjadi rahasia umum. Meski demikian, hal tersebut kini sudah mulai terkikis. Posisi pria dan wanita kini mulai setara.

Menurut hasil survei The Economist, beda negara beda perlakukan antara pria dan wanita, termasuk hal gaji. Diketahui pula bahwa Islandia, Swedia dan Norwegia memberi perlindungan pada hak wanita seperti cuti hamil dan melahirkan, tunjangan, kesempatan mendapat pendidikan tinggi serta perwakilan di parlemen.

Berbeda, Jepang dan Korea malah memperlakukan wanita sebaliknya. Budaya patriarki di kedua negara tersebut sudah sangat mengakar. Menariknya, hasil survei terbaru Sinsei Bank menunjukkan hasil yang berlawan.

Diketahui bahwa standar gaji pria di Jepang cenderung stagnan di satu dekade terakhir, bahkan cenderung menurun 0,5%. Mengutip Kementerian Tenaga Kerja Jepang, Bloomberg melaporkan, gaji wanita Jepang naik setidaknya 15%.

Alhasil, wanita Jepang kini jadi lebih mandiri secara finansial dan lebih berperan dalam menentukan jumlah uang saku suami dan anak. Hasil riset Hakuhodo Institute of Life and Living pun mendukungnya.

Diketahui 68,8% responden anak-anak mengaku lebih menghormati ibu mereka. Sedangkan responden anak-anak yang menghormati ayahnya hanya 62%. Ini, untuk pertama kalinya, ibu jadi sosok yang lebih dihormati dibanding ayah di Jepang.

Hasil riset ini juga menunjukkan adanya peran ganda ibu sebagai ibu rumah tangga sekaligus profesional.

Sumber : //smart-money.co/lifestyle/di-jepang-posisi-wanita-berhasil-lampaui-pria-untuk-urusan-gaji



tata604
tata604 memberi reputasi
1
844
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan