Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

samampuarie12Avatar border
TS
samampuarie12
Kematian Puluhan Domba Dipastikan Bukan Karena Antraks



Penyebab tewasnya puluhan domba di Desa Sumberkerang dan Banyuanyar Lor, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur secara mendadak pada Sabtu (26/8/2017), dipastikan bukan karena antraks.

Kepastian itu didapat dari hasil uji laboratorium sementara yang telah keluar pada Sabtu lalu. Bersamaan dengan itu, jumlah kematian domba ini juga bertambah.

BACA JUGA: Puluhan Domba di Probolinggo Mati Misterius

Senin (28/8/2017) siang, petugas dari Dinas Peternakan, masih melakukan penyelidikan dan pengambilan sample di lokasi matinya puluhan domba milik Nur Hasan, di Dusun Krajan.

Pemeriksaan dilakukan pada domba yang belum mati, dan mengalami trauma. Mulai dari ciri-ciri lutut yang berlubang, mata, dan mulut. Jumlah domba yang mati pun bertambah.

Semula, domba yang mati tercatat sebanyak 56 ekor, dari dua desa, yakni Desa Sumberkerang dan Desa Banyuanyar Lor. Saat ini, jumlah itu bertambah manjadi 64 ekor. Dimana kambing mati terbanyak adalah milik Hasan, sebanyak 41 ekor hingga Senin siang.

“Tidak ada ciri-ciri atau tanda khusus seperti penyakit. Tiba-tiba mati begitu saja,” Kata Hasan.

Sejauh ini, berdasarkan hasil uji laboratorium pasca kematian, diketahui penyebab kematian domba itu bukanlah penyakit antraks. Petugas masih terus berupaya untuk mengungkap penyebab pasti kematian hewan ternak ini.

“Pasca kematian kemarin, kami langsung mengirim sample darah dan sejumlah organ. Khawatirnya antraks, tapi ternyata bukan. Hari ini, kami juga masih melakukan pemeriksaan lainnya,” ujar kabid kesehatan dinas peternakan Kabupaten Probolinggo, Nur Eko Widianto.

Masih menurut Eko, kekhawatiran pada antraks, cukup beralasan. Sebab, penyakit tersebut dapat menular, dari ternak ke manusia. “Tapi setelah tahu kalau itu bukan antraks, kami sedikit lega,” ucapnya. (*)



SUMBER : TIMES INDONESIA


==========================================================================================================


Jangan sampai kejadian seperti ini terulang kembali karna kejadian seperti ini sangat merugikan para warga dan pemerintah harus mencari kasus kematian hewan tersebut....
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
1.2K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan