CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Makam Panglima Kebanggaan Sunan Gunung Jati Dibongkar,
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59a282bcd9d770104c8b4570/makam-panglima-kebanggaan-sunan-gunung-jati-dibongkar

Makam Panglima Kebanggaan Sunan Gunung Jati Dibongkar,

JawaPos.com – Warga Sukalila Selatan Kebon Blimbing, Kelurahan Pekalangan, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon dibikin geram oleh aksi pemindahan makam keramat Ki Buyut Suradinaya. Bagian dari situs cagar budaya yang tercatat di Balai Pelestarian Cagar Budaya dipindah oleh pemilik lahan ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kemlaten.

Warga menilai, pemindahan makam kramat itu dilakukan secara sepihak oleh Irwan Sumawi melalui kuasa hukumnya Baron Prakoso.
Menurut kuasa hukum mereka, makam tersebut dipindah karena berada di dalam gedung milik Irwan Sumawi.

Warga setempat, Safarudin menjelaskan, kejadian pemindahaan makam itu pertama kali diketahui warga yang hendak berziarah pada 19 Mei 2017 lalu.

“Jelang bulan puasa kan banyak warga yang ingin ziarah ke makam itu. Kemudian mereka kaget, saat diberitahu bahwa makam Ki Buyut Surdinaya sudah dipindahkan ke TPU Kemelaten,” jelas Safarudin, Senin (5/6).

Safarudin dan warga laninya meminta agar makam tersebut segera dikembalikan ketempat semula. “Kalau tidak dipindahkan, kami bersama Laskar Macan Ali yang akan memindahkan,” ungkap Safarudin.

Selain menutut pengembalian makam, Safarudin juga meminta agar pelaku yang memindahkam makam keramat tersebut meminta maaf melalui media. Sehingga, semua orang mengetahui hal tersebut.

“Kami dulu sudah minta kepada pemilik gudang supaya tidak memindahkan makam keramat tersebut. Itu cagarbuadaya yang dilindung undang-undang. Toh, kami cuma ziarah seminggu sekali saja,” ucap Safarudin.

Ki Buyut Suradinaya, diketahui merpuakan salah satu panglima perang kebanggaan Sunan Gunung Jati, yang ikut berperang dalam penyebaraan ajaran Islam di wilayah Cirebon Timur.

Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (DKOKP) juga menyesalkan pembongkaran tersebut. Kepala DKOKP, Dana Kartiman menilai, tindakan pemilik lahan termasuk kategori pidana. Sehingga menjadi ranah kepolisian untuk menindaklanjuti pelanggaran UU 11/2010 tersebut.

“Kami sudah berkoordinasi dengan kepolisian untuk penegakan hukumnya. Bagi kami, benda cagar budaya itu kembali ke kondisi semula,” ucap Dana kepada Radar Cirebon (Jawa Pos Group), Senin (5/6).

Dana menegaskan, pembongkaran makam tokoh syiar Islam di Cirebon itu dilakukan tanpa koordinasi dengan Bidang Kebudayaan. Padahal, sesuai UU 11/2010, DKOKP memiliki kewenangan menentukan benda cagar budaya itu dipindahkan atau kebijakan lain.

Proses pemindahan situs juga tidak mudah, karena harus ada peninjauan dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Serang yang berada dibawah koordinasi langsung Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. Syarat lainnya, ada ahli arkeologi yang kompeten.

Sumber :
http://www.jawapos.com/read/2017/06/07/135902/makam-panglima-kebanggaan-sunan-gunung-jati-dibongkar-laskar-macan-ali-siap-bergerak

' yg bener2 sdh terjadi salah satu tokoh dari Cirebon yg bahkan namanya jg dijadikan nama salah satu jalan di kota cirebon, tp makam nya sempat di semen, kemungkinan bakal jd pelataran parkir rumah mewah tsb
Diubah oleh wonkcerbon
Makam Panglima Kebanggaan Sunan Gunung Jati Dibongkar,

Posisi makamnya kalo dari foto di atas berada di sebelah kanan foto ( belakang pagar seng yg didepannya ada motor)

Mana nih yg ngaku2 bela cagar budaya?
Yakin saya kalo ndak ada untungnya buat mereka gak bakal di bela
Diubah oleh wonkcerbon
Sorry double post
Diubah oleh wonkcerbon
+1
Kok gak viral nyak ? emoticon-Gila
gereja yang dukung sunda wiwitan sebagai cadar budaya gak dukung ini? emoticon-Big Grin
selamatkan makam itu
bakal berlarut-larut ini...

emoticon-Nohope
Quote:


Waktu kejadian gada tv nasional yg beritain cuma lokal2 an aja.

But tbh orang Cerbon walopun punya kultur pantura yg keras dan berkata apa adanya, sebenarnya toleran sekali, sewaktu mei 98 pun gak ikut2an padahal majalengka dll di perbatasannya sdh ribut.

Mesjid yg dibangun Ceng ho pun dari dulu dirubah jadi kelenteng tp oleh warga mayoritasnya tdk di permasalahkan

Diubah oleh wonkcerbon
Panasbung lagi nyamar jd kejawen nih
Padahal mah bagi panasbung ini bidah, sesat
gmn cerita nya ... makam yg jadi cagar budaya puluhan tahun bisa jadi masuk tanah property pribadi
Quote:


Turut berduka bre, btw si pengacara pelaku pencaplokan makam bersejarah ada kaitannya sama kasus suap Kejari kah?
http://www.pikiran-rakyat.com/serial-konten/kasus-penipuan-oknum-kejari-cirebon

Namanya Baron prakoso juga.
Ini kn benda cagar budaya, gmn ceritanya bs d miliki pribadi?emoticon-Bingung
Kok bisa jadi milik pribadi?emoticon-Bingung
Waduh main dipindahkan gitu saja
Dpr dprd bupati walikota gobernor maneh emoticon-Marah
Eeh cerbon masih jabar yak emoticon-Big Grin
Sabar ,merenung dan berdoa emoticon-Angel
Makan noh pilihan lo pada emoticon-Ngakak
Loh ini kan berita lama emoticon-Bingung
Udah dibalikin lagi kok katanya

http://news.fajarnews.com/read/2017/06/12/16085/makam.ki.buyut.suradinaya.akhirnya.dikembalikan
Diubah oleh qontroversy
wah bisa jd barang pribadi gimana critanya
waduh semoga cepat selesai deh perkara2 begini, aparatur setempat ga turun tangan ? emoticon-Thinking


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di