godok.indonesiaAvatar border
TS
MOD
godok.indonesia
Ternyata, Kualitas Sperma Bisa Meningkat dengan 7 Cara Ini


Kualitas sperma yang baik adalah salah satu faktor penentu dalam memiliki keturunan yang mungkin menjadi impian banyak pasangan. Namun terkadang, ada beberapa pasangan yang sudah menikah bertahun-tahun tapi belum juga dikaruniai buah hati. Biasanya, wanitalah yang disalahkan dan dicurigai mandul atau berahim lemah. Eits, tunggu dulu! Jangan asal menuduh, sebab bisa jadi justru suami yang kualitas spermanya rendah.



Lho, kok bisa? Usut punya usut, kualitas sperma yang baik, apalagi yang merupakan bibit unggul, mempunyai ketahanan dan kemampuan berenang yang lebih baik, sehingga memiliki kesempatan yang jauh lebih besar dalam membuahi sel-sel telur wanita. Karenanya, yuk simak cara tingkatkan kualitas sperma berikut ini!


1. Mengubah pola makan



Jika Agan makan sembarangan, kualitas sperma juga akan menurun. Karenanya, hindarilah makanan-makanan instan dan olahan, seperti nugget, sosis, kentang goreng, dan sebagainya. Konsumsilah sayur dan buah-buahan.

Selain itu, sebuah hasil penelitian yang diterbitkan oleh Cleveland Clinic di Ohio menunjukkan bahwa zat likopen dapat meningkatkan jumlah, mobilitas, volume, dan kualitas sperma. Jumlah sperma yang dihasilkan bahkan mencapai 70 persen. Zat likopen dapat ditemukan pada buah dan sayuran yang berwarna merah, seperti tomat, stroberi, ceri, paprika, dan sebagainya.

Tak hanya likopen, vitamin C juga dipercaya mampu meningkatkan jumlah dan kualitas sperma, lho. Faktanya, kekurangan Vitamin C justru dapat membuat sperma menggumpal sehingga menyebabkan kemandulan pada pria. Sedangkan dengan mengonsumsi Vitamin C dan antioksidan, membran-membran sel menjadi stabil yang menjaga kualitas sperma. Karenanya, untuk kualitas sperma terbaik Agan diajurkan pula untuk mengonsumsi jeruk dan mangga.


2. Pertahankan berat badan ideal



Jarang yang menyadari bahwa berat badan ternyata mempengaruhi jumlah dan kualitas sperma. Jika Agan memiliki berat badan yang berlebih, maka kelebihan lemak di tubuh dapat membungkus testis sehingga suhu temperatur pada testis akan naik dan membunuh sperma. Gawat bukan? Nah, untuk mempertahankan berat ideal, jagalah pola makan Agan dan rutinlah berolahraga.


3. Hindari olahraga berlebihan



Meskipun berolahraga secara rutin memang dianjurkan demi mempertahankan berat badan ideal, namun hati-hati! Jangan pula Agan berolahraga berlebihan. Pasalnya, olahraga yang berlebihan dapat meningkatkan suhu di sekitar testis. Lebih lanjut, suatu penelitian di Amerika menemukan bahwa seorang pelari yang berlatih sebanyak 90 km per minggu memiliki kualitas sperma yang rendah dan kurang matang. Sedangkan pelari yang berlatih sebanyak 50 km per minggu mempunyai kualitas sperma yang lebih bagus.

Sssst, ada baiknya Agan juga mengurangi kebiasaan bersepeda terlalu lama karena dapat mempengaruhi bentuk dan kualitas spermatozoa. Sebagian pria juga terobsesi dengan otot yang menonjol dan kencang sehingga banyak yang mengonsumsi steroid anabolik. Hindari pula hal ini, ya! Sebab, testikel akan terpengaruh sehingga produksi sperma akan menurun.


4. Hindari penggunaan laptop dalam waktu lama



Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Fertility and Sterilitytahun 2011 menemukan bahwa sperma berkaitan dengan laptop serta koneksi WIFI. Penelitian tersebut melakukan percobaan dengan menyimpan sperma di bawah laptop yang terhubung WIFI. Hasilnya, sperma tersebut menjadi lebih lamban dan rusak.


5. Hindari menggunakan pelumas



Sebagian dari Agan mungkin menggunakan pelumas saat berhubungan seksual dengan istri. Nah, jika Agan dan pasangan sedang dalam masa-masa berusaha punya anak, hindarilah pelicin ini. Pasalnya, pelumas dapat mengganggu gerakan sperma sehingga lebih lambat dalam mencapai sel telur.


6. Jauhi alkohol, rokok, dan narkoba



Agan mungkin sudah mengetahui keburukan dari alkohol, rokok, dan narkoba bagi kesehatan. Namun, tahukah Agan bahwa ketiganya juga dapat menurunkan jumlah sperma dalam tubuh? Tak hanya itu, perkembangan sperma juga akan menjadi tidak normal jika Agan sudah kecanduan rokok, alkohol, dan narkoba.


7. Istirahat yang cukup



Setelah letih beraktivitas seharian, tubuh Agan tentunya membutuhkan istirahat. Nah, ketika Agan terlelap, tubuh akan aktif memproduksi sperma. Oleh karenanya, jika Agan tidur selama 6-8 jam sehari, maka kualitas sperma juga akan tinggi. Mau, kan?


Ayo pria, jaga kualitas sperma dari sekarang! Jangan hanya wanita, pria juga perlu sperma yang sehat dan berkualitas agar mudah mendapatkan keturanan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast


sumur : Go Dok


Jangan lupa buat didownload aplikasinya juga, ya! Karena Agan bisa langsung berkonsultasi tentang kesehatan diri dan keluarga dengan dokter Go Dok, yang tidak hanya ramah, tapi juga informatif dan membantu!

:welcome :welcome
0
2.5K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan