firakusAvatar border
TS
firakus
Inilah Alasan Yang Menjadikan Kawasan Industri Cikarang Makin Bersolek

Foto dok. Rumah.com
Sudah menjadi informasi yang semura agan pasti pada tau, bahwa sejak 1989 kawasan kota Jababeka terus berkembang sampai saat ini total luas wilayahnya mencapai 5.600 hektare. Perkembangan ini pun menjadikan kawasan Kota Jababeka sebagai salah satu yang terluas di Asia Tenggara, sebagai pionir kawasan industri swasta di Indonesia. Perkembangan kawasan industri Jababeka udah pasti ga lepas dari makin lengkapnya infrastruktur di sekitar Kota Jababeka. Sampai sekarang aja, tercatat 1.650 perusahaan multinasional dari 30 negara menjadi tenant di kawasan industri Jababeka di Cikarang, Bekasi, serta 730 ribu pekerja dan 10 ribu ekspatriat di area tersebut.

Pembangunan Infrastruktur Yang Terus berkembang

Foto dok. djapos.com
Pembangunan infrastruktur di kawasan industri cikarang juga merupakan kunci dinamisnya perkembangan kawasan industri Jababeka. Dinamisnya perkembangan di kawasan industri Jababeka, tak lepas dari semakin terbukanya akses dari dan menuju ke kawasan tersebut. Saat ini, Cikarang hanya terpaut 35 kilometer dari Jakarta, atau cuma butuh waktu tempuh sekitar 45 menit.

Dekat Dengan Bandara & Pelabuhan

Cikarang juga memiliki keunggulan, karena dekat dengan Bandara Halim Perdana Kusuma, Bandara Soekarno-Hatta dan Pelabuhan Tanjung Priok. Sementara itu, rencana pembangunan infrastruktur Pelabuhan Patimban di Subang dan Bandara Kertajati di Majelengka, Jawa Barat, akan mempercepat pengembangan kawasan industri di daerah Cikarang (Bekasi), Karawang, dan sekitarnya.

Akses Yang Begitu Mudah

Kedua infrastruktur strategis itu juga akan terkoneksi dengan akses jalan tol, selain diakses melalui dua pintu tol, yakni KM 31 Cikarang Barat dan KM 34,7 Cibatu, Kota Jababeka juga sangat dekat dengan dua stasiun kereta api yang nantinya akan dilintasi Commuter Line yakni stasiun Lemahabang dan stasiun Cikarang. Bahkan, stasiun Cikarang nantinya akan menjadi hub station untuk kereta-kereta dari Jawa dan Bandung, termasuk rencana pembukaan pintu tol KM 29 yang direncanakan akan dilakukan di tahun 2017 menuju Kota Jababeka.
Beberapa hal tersebut di atas langsung dimanfaatkan oleh Lippo Group untuk membangun Kota Meikarta yang berlokasi di ujung timur Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Mega proyek terbaru Lippo Group skala kota di lahan seluas 2.200 hektar di kawasan Cikarang, Jawa Barat ini resmi diperkenalkan ke public. Pada tahap pertama ini, di Meikarta akan dibangun total 250 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018. Tipenya berbeda-beda, mulai dari tipe Amerika, Eropa dan Asia dengan luas 42,58 m2 hingga 98,29 m2 dan harga Rp 12,5 juta per meter persegi.


Selain membangun apartemen, berbagai fasilitas lengkap dihadirkan dalam Kota Baru Meikarta. Sebut saja mulai dari 7 shopping mall, rumah sakit internasional, pusat keuangan nasional, 10 hotel bintang 5, perpustakaan, opera dan teater, sekolah dari SD hingga Universitas, Sillicon Valley Indonesia, dan lainnya. "Meikarta dibangun sebagai kota modern yang akan menjadi contoh semua fasilitas perkotaan yang sudah terkenal di negara maju, seperti di New York. Semua gedung akan terhubung, sehingga ga perlu lalu lalang di jalan, dan akan dipisahkan jalanan untuk orang dan kendaraan," tutur Presiden Meikarta, Ketut Budi Wijaya. Informasi lebih lanjut mengenai Meikarta bisa agan kunjungi laman meikarta.com.

Itulah sederet hal yang membuat kawasan Industri Cikarang makin berkembang dan menjadikan Cikarang makin bersolek. Agan Sista sendiri apakah sudah kepikiran bakal pindah ke Cikarang? Atau mungkin agan sista punya pendapat lain yang menjadikan Cikarang makin bersolek, boleh dong komentar di sini. Karena komentar terindah akan ane angkut ke pejwan.

0
10.4K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan