acabindonesiaAvatar border
TS
acabindonesia
Biasa Bersepeda, Buya Syafii Maarif: Saya Orang Kampung


TEMPO.CO, Yogyakarta- Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Syafii Maarif merasa tidak ada yang aneh ketika bepergian dengan mengayuh sepeda atau naik angkutan umum.

“(Bersepeda dan naik angkutan umum) itu hal sangat biasa bagi orang kampung,” ujar pria berusia 82 tahun itu di sela-sela Pelatihan Penerapan Kawasan Tanpa Rokok di Yogyakarta, Selasa, 22 Agustus 2017.

Sepekan lalu sempat beredar foto viral di media sosial pria yang akrab disapa Buya Syafii ini sedang duduk di stasiun kereta menunggu KRL jurusan Jakarta menuju Bogor. Saat itu Buya akan menghadiri peluncuran Program Penguatan Pendidikan Pancasila yang diresmikan Presiden Joko Widodo, Sabtu, 12 Agustus 2017.

Buya Syafii menuturkan selama ini orang kampung sudah terbiasa berjalan atau bersepeda puluhan kilometer. “Dan saya juga orang kampung, jadi jalan kaki, naik sepeda atau ojek, itu biasa sekali,” ujarnya.

Ia tidak khawatir pergi ke mana-mana tanpa pengawalan. Dia malah merasa tidak punya beban ketika pergi ke suatu tempat dengan angkutan umum. "Saya itu mikirnya naik kereta sebagai efisiensi saja. Kalau ke Bogor lewat puncak kan bisa kena macet. Naik kereta enggak kena (macet)," tuturnya.

Syafii Maarif justru merasa aneh jika berjalan kaki atau naik sepeda dianggap berlebihan. “Yang repot itu kan mental modern. Kalau orang tua harusnya naik mobil biar aman, itu kan asumsi-asumsi saja, buktinya saya sehat dan biasa saja,” ujarnya.

Sumur: https://nasional.tempo.co/read/news/...nUtama_Click_1

Buya Syafii...emoticon-2 Jempol
0
2.1K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan