Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

faktamenarikAvatar border
TS
faktamenarik
Coba 6 Tumbuhan Ini Untuk Mengobati Luka

Coba 6 Tumbuhan Ini Untuk Mengobati Luka. Pastinya semua orang pernah terluka, tergores, dan sebagainya di kulit. Namun apakah kamu termasuk orang-orang yang sulit menyembuhkan luka di kulit? Kamu bisa menggunakan beberapa tumbuhan ini sebagai obat untuk mempercepat pemulihan lukamu loh.

1. Lidah buaya
Spoiler for :

Lidah buaya dikenal dapat membantu menyembuhkan luka bakar, tapi getah dari tanaman lidah buaya juga bisa digunakan untuk mengobati luka, goresan dan luka lainnya. Cukup potong tangkai tanaman lidah buaya dan mengaplikasikannya pada luka setiap beberapa jam, hal ini dapat mengurangi waktu penyembuhan secara signifikan.

2. Kentang
Spoiler for :

Kentang memiliki jenis tarikan gravitasi yang membawa keluar infeksi dari jenis luka atau abses. Buat pasta kentang mentah dari kentang parut dan balurkan pada luka kemudian balut dengan perban steril dan dibiarkan semalaman. Hal ini akan membuat peradangan pada luka berkurang dan tidak akan ada kemungkinan infeksi.

3. Bawang Putih
Spoiler for :

Kandungan alisin dalam bawang putih telah terbukti seefektif penisilin 1%. Ini merupakan zat anti bakteri dan anti jamur yang kuat yang dapat menyembuhkan hampir semua jenis luka. Bawang putih juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan baik untuk pencegahan infeksi. Namun, di samping besar manfaatnya ternyata bawang putih juga bisa merusak kulit jika digunakan terlalu lama. Sebaiknya jangan biarkan bawang putih menempel pada kulit lebih dari 20 menit.

4. Cabe
Spoiler for :

Siapa sangka bumbu masak dengan rasanya yang pedas ini bisa menyembuhkan luka dengan cepat. Cabe rawit sangat bagus untuk mempercepat pembekuan darah di area yang luka, yaitu hanya sekitar 10 sampai 12 detik saja. Bukan hanya itu saja, cabe rawit juga dapat mensterilkan luka karena kandungan anti jamur dan anti bakterinya.

5. Madu murni
Spoiler for :

Madu adalah bahan alami pertama untuk mempercepat penyembuhan luka. Menurut beberapa temuan, madu bahkan dikatakan lebih efektif daripada antibiotik biasa. Dalam tes laboratorium, madu telah terbukti dapat membunuh sebagian besar bakteri dan dapat mencegah infeksi. Tapi harus dipastikan kamu menggunakan madu murni untuk mengobati luka, karena madu yang sudah diolah tidak akan memiliki enzim yang tepat untuk melakukan tugasnya.

Saat madu bertemu dengan darah dan jaringan luka, hidrogen peroksida diproduksi melalui reaksi enzim glukosa oksidase. Ini dilepaskan perlahan, dan memberikan aktivitas anti bakteri, sekaligus menjaga jaringan tetap sehat dan tidak rusak.

SUMBER: KUMPULANFAKTA
0
2.6K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan