mtx98Avatar border
TS
mtx98
Baru Dua Tahun, Jembatan Tanipah di Kalsel Ambruk


Jakarta, CNN Indonesia -- Jembatan Tanipah di Kabupaten Barito Kuala Selatan, Kalimantan Selatan yang dibangun pada 2015 dengan biaya Rp17 miliar, roboh tepat di bagian tengah. Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan kabar itu pada Kamis (17/8) via akun twitter.

Jembatan Tanipah menghubungkan empat desa yaitu Desa Tanipah, Sungai Ramania, Tatah Halayung, dan Desa Antasan Segera.

"Jembatan dibangun Rp17 miliar tahun 2015 patah akibat fondasi roboh," kata Sutopo.
Sementara itu dilansir dari Antara, Kepala Bidang Bina Marga Kabupaten Barito Kuala Edy Supriadi mengatakan saat ini pihaknya sedang mengumpulkan data terkait penyebab ambruknya Jembatan Tanipah yang baru digunakan pada awal 2016.

"Kami minta waktu untuk bisa menjawab penyebab ambruknya jembatan tersebut, dengan meminta pendapat ahli dari Balai Wilayah Jalan," katanya.

Edy mengungkapkan, jembatan tersebut dibangun dengan dana alokasi khusus APBN perubahan 2015 dengan total dana Rp17,5 miliar.

Tiga Tewas Tertimpa Jembatan Ambruk di Pasar Minggu
Pembangunan jembatan tersebut, tambah dia, mulai dilaksanakan sekitar Juli 2015 dan selesai dibangun Februari 2016 oleh kontraktor PT Citra Bakumpai.

"Saat ini data tentang perencanaan dan pelaksanaan pembangunan sudah di tangan kami, untuk segera kami serahkan ke pihak balai untuk dinilai, semoga bisa segera tahu hasilnya," katanya.

Tentang kesalahan dalam pembangunan yang mungkin dilakukan pihak kontraktor, Edy mengatakan, pihaknya belum berani memberikan pernyataan apapun. Namun, kata dia, secara kasat mata, ambruknya jembatan diduga karena faktor alam. Dugaan itu berdasarkan kondisi penurunan pilar yang merata.

Edy menuturkan pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan camat daerah setempat agar segera membangun jembatan darurat dan jalan alternatif.

Sebanyak tiga desa yaitu Tanipah, Sungai Ramania dan Tatah Halayung, terisolasi akibat ambruknya jembatan. Tiga desa yang terisolasi terdapat sekitar 2.000 jiwa, dari 800 kepala keluarga. (wis)

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...kalsel-ambruk/
0
2.5K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan