babygani86Avatar border
TS
babygani86
Mau besar mau kecil tetap menyusui ヾ(〃^∇^)ノ


Payudara ibu adalah tempat untuk memproduksi ASI. Di sana terdapat kelenjar susu yang memproduksi ASI dan saluran-saluran yang membawa ASI keluar dari payudara. Banyak orang beranggapan bahwa semakin besar ukuran payudara maka dapat memproduksi ASI dengan jumlah banyak, sedangkan bagi yang mempunyai ukuran payudara kecil mungkin akan lebih sedikit memproduksi ASI. Anggapan ini dapat menakuti ibu yang mempunyai ukuran payudara kecil, sehingga berpikiran bahwa ASI-nya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi.

Ukuran payudara tidak mempengaruhi produksi ASI. Ukuran payudara lebih banyak ditentukan oleh jaringan lemak yang ada di dalamnya. Namun, jaringan lemak ini sama sekali tidak mempengaruhi jumlah ASI yang diproduksi oleh payudara. Produksi susu lebih tergantung pada jumlah jaringan kelenjar susu, di mana kelenjar susu merupakan tempat untuk memproduksi serta menyimpan air susu ibu. Jumlah dari jaringan yang memproduksi ASI ini ditentukan saat kehamilan. Bahkan, seberapa banyak jaringan kelenjar susu di payudara yang tumbuh selama kehamilan dapat memprediksi kemampuan payudara dalam menghasilkan ASI. Kelenjar susu sudah mulai memproduksi ASI saat kehamilan sebagai persiapan menuju kelahiran bayi. Mendekati waktu melahirkan, payudara Anda akan membengkak karena dipenuhi dengan ASI.

Bentuk payudara wanita begitu beragam dan unik. Pada dasarnya bentuk payudara seperti apa pun, Anda tetap bisa menyusui dengan lancar. Anda cuma perlu mencari posisi dan teknik yang tepat. Begitu juga dengan Anda yang punya payudara besar. Anda mungkin cemas kalau nanti bayi tersedak atau terhimpit selama menyusui. Payudara besar butuh penopang agar ibu menyusui dan bayi tetap nyaman. Pasalnya, menyusui dengan payudara berukuran besar bisa menimbulkan masalah seperti sakit pinggang atau sakit punggung. Maka, Anda bisa mencoba bra khusus menyusui yang mampu menopang payudara dengan kuat. Pilih ukuran dan bentuk yang sesuai. Jangan lupa, cari yang bahannya cukup elastis karena payudara Anda akan terus berubah-ubah ukurannya selama masih menyusui.

Bagi Anda yang mempunyai payudara kecil. Susui bayi dengan posisi senyaman mungkin. Hal ini membuat Anda lebih tenang saat menyusui, sehingga ASI Anda akan keluar lebih lancar. Saat menyusui, pegang payudara Anda dengan posisi jari seperti huruf V (jari telunjuk dan jari tengah mengapit payudara ibu, seperti gunting) dibandingkan dengan posisi jari seperti huruf C (jempol berada di atas payudara sedangkan keempat jari lainnya berada di bawah payudara. Posisi jari seperti huruf V mungkin akan lebih nyaman bagi Anda yang mempunyai payudara kecil.

Pantau perkembangan bayi Anda apakah ia mendapatkan cukup ASI. Jika bayi mendapat cukup ASI, bayi akan menunjukkan tanda-tanda, seperti sering buang air kecil dan mengalami kenaikan berat badan setiap bulan. Keberhasilan menyusui lebih banyak ditentukan oleh seberapa banyak bayi bisa menerima ASI dari payudara ibu dan seberapa banyak sel yang memproduksi ASI pada payudara ibu, bukan ditentukan oleh ukuran payudara ibu. Jadi, bagi Anda yang mempunyai payudara kecil, jangan khawatir karena hal ini tidak akan membatasi kemampuan Anda dalam menyusui.

source https://babybuletgani.tumblr.com/pos...emproduksi-asi

Spoiler for open:


Quote:


Tidak gan, banyaknya jaringan lemak dan ukuran payudara tidak berhubungan dengan produksi susu (づ。◕‿‿◕。)づ



Diubah oleh babygani86 16-08-2017 02:12
0
15.6K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan