notizieAvatar border
TS
notizie
Tips Kuliah Negeri Berkualitas, Gak Repot, dan Murah
Kata siapa kuliah S1 negeri harus duduk di kelas selama 4 tahun dengan tambahan biaya bangunan serta bawa buku seabrek?



Sekarang era digital, dimana semua informasi bisa kita raih dengan ujung jari kita lewat gadget. Tak terkecuali pendidikan tinggi formal gan. Bayangin, di era serba cepat ini, kita sering dihadapkan dengan dilema kuliah dulu atau kerja dulu? pilih kuliah, kesempatan kerja kadang tdk datang dua kali nih.. apalagi sekarang banyak perusahaan dan instansi menginginkan yg fresh graduate.. bener ga gan? tapi kalau pilih kerja, entar ujung2nya mentok di satu tingkat karir, sementara umur makin bertambah.. iya kalo kerjanya PNS, kemungkinan PHKnya rada minim, nah kalo di swasta atau BUMN yg menuntut kinerja dan pendidikan beriringan? bisa kelar idup lo..hehe.
Meski rada promosi, ane mau bagi informasi tentang Universitas Terbuka yang berkaitan dengan judul ane di atas. Tak kenal maka tak sayang gan..

Status Universitas Terbuka (UT)
Banyak yg mengira UT hanya utk Guru2 senior SD dan PAUD yang mau meningkatkan ijazahnya ke S1. Memang benar sebagian besar mahasiswanya didominasi dari jurusan S1 PGSD dan S1 PGPAUD, tapi kalau agan liat statistik mahasiswa UT sekarang, sebagian besar didominasi usia produktif gan.



UT merupakan Universitas Negeri ke 45 yang sudah berumur 33 tahun (4 September 1984), udh dewasa juga ya gan.. dan seiring usianya itu, program studi UT sdh diakreditasi oleh 2 lembaga akreditas pendidikan level nasional (BAN-PT) dan level internasional (ICDE). Bahkan utk akreditasi BAN-PT ada yang udh dapat A, seperti : Administrasi Negara, Sosiologi, Manajemen, Administrasi Bisnis, dan Ilmu Ekonomi Pembangunan.



Registrasinya Gimana?
UT sama seperti Perguruan Tinggi lain yg membuka regiatrasi berdasarkan kalender akademik kampus. Bedanya, di UT penerimaan mahasiswa baru dilakukan tiap semester, November-Desember utk Semester Ganjil, Juni-Juli utk Semester Genap. Selain itu, utk S1 dan Diploma di UT tidak ada tes masuk. Cukup dengan ijazah SLTA sederajat dan memenuhi persyaratan yang yg ditentukan, agan udh bisa langsung registrasi baik ke kantor Unit di daerah atau via online di sia.ut.ac.id , selain itu.. agan tdk perlu pusing dengan biaya pembangunan, krn agan cukup hitung berapa SKS yg mau diambil, dikalikan 38.000 or 41.000/ sks. Misal 20 SKS, maka total biayanya berkisar 760.000 saja. Itu sdh termasuk buku digital yg dapat agan baca lewat aplikasi Bahan Ajar UT di HP android atau laptop yg bisa agan download di playstore. Namun kalau agan mau buku versi cetaknya, agan bisa order melalui toko buku online UT. Murah dan praktis ya. emoticon-Cendol (S)



Kuliah Online, bisa lewat HP Android/ IOS juga
UT menerapkan sistem belajar mandiri bagi mahasiswanya. Krn sebagian besar mahasiswa UT adalah pekerja yang sibuk, maka e-learning yg gak mengharuskan ada pertemuan tatap muka di kelas menjadi solusi yg baik. Materi disajikan ringan, flexibel dan membantu mahasiswa utk paham dgn isi buku UT lebih cepat. Selain itu, kita juga bisa berinteraksi dg teman2 UT seluruh Indonesia, bahkan manca negara (krn mahasiswa UT juga ada di Korea Selatan, Arab Saudi, Hongkong dan negara tetangga Malaysia dan Singapura) Asyiik kan..emoticon-I Love Indonesia (S)




Ujiannya gimana gan?
Ujian Akhir Semester (UAS) UT ada 2 jenis yg bisa dipilih mahasiswa, dilakukan secara tatap muka di kelas (pada hari Sabtu atau Minggu) dan melalui Sistem Ujian Online di kantor Unit UT. Jadwal UAS biasanya udh agan ketahui saat proses registrasi, shg agan dpt atur2 waktu. Kalau saat tanggal UAS agan tiba2 ditugaskan ke luar kota, jangan khawatir, agan bisa mengajukan pindah tempat UAS ke kota atau negara yg agan tuju. Flexibel banget deh. Bahkan sebelum UAS, agan bisa intip2 naskah Ujian UT itu kayak apa sih? di situs : http://elearning.ut.ac.id/lm/.. wuiih, bisa dapet gede nih nilai ujiannya.. emoticon-Blue Guy Peace





Kagak usah Pusing bikin Skripsi
Skripsi dimata mahasiswa semester akhir ibarat jomblo di acara silaturahmi lebaran gan.. ditanya kapan..kapan..kapan mulu.. emoticon-Najis (S)
Nah khusus mahasiswa UT, kagak ada yg namanya skripsi.. Tugas Akhir Programnya dilakukan secara Ujian essay dalam bentuk naskah ujian studi kasus. Jadi kagak ada yg namanya begadang nungguin kertas print terus dicorat-coret sama dosen keesokan harinya.. nikmat banget dah.. emoticon-Bookmark (S)




IPK gede? Rahasianya adalah Baca Buku Modul UT
Agan2 yang ikut kaskus pastinya seneng baca ya, nah jadi mahasiswa UT sebenarnya sangat mudah utk meraih nilai tinggi. Karena, semua naskah soal UAS UT itu diambil bahannya dari Buku modul UT. Jadi kagak mungkin meleset jauh deh, yah.. minimal agan kagak perlu hitung kancing saat UAS krn soal Ujian tersebut agan udh pernah baca sebelumnya dari Buku Modul UT. Banyak mahasiswa UT yang dpt IPK di atas 3,00, bahkan ada yg menyentuh level cum laude. Jd apa yang agan dapat di ujung semester, adalah apa yang agan upayakan dari membaca Buku Modul tersebut, bukan nilai kasian atau nilai krn kenal dgn dosennya. jadi Fair kan gan.. emoticon-Add Friend (S)




Nah.. jika agan masih penasaran, agan bisa kunjungi situs resmi UT di www.ut.ac.id .. atau follow inst*gr*m @univterbuka dan fansp*ge F*cebo*k Universitas Terbuka.

Jadi jangan bimbang lagi kuliah atau kerja dulu? mending jalani kerja sambil kuliah... sehingga agan bisa manfaatin waktu dengan baik.. emoticon-Keep Posting Gan
Diubah oleh notizie 16-07-2017 18:20
0
3.3K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan