mangmamas25Avatar border
TS
mangmamas25
Kudus? Apa Istimewanya Sih Gan?


Apa yang ada di pikiran Agan saat mendengar Kudus? Kudus mungkin dikenal sebagai kota dengan wisata religi. Tapi Kudus punya banyak hal menarik lebih dari itu Gan. Kali ini ane mau mengajak Agan untuk mengenal tempat kelahiran ane ini lebih jauh lagi.

Dulu, kota Kudus bernama Tajug, karena terdapat banyak Tajug yang menjadi tempat bersembahyang bagi umat Hindu. Lalu datanglah Ja’far Shadiq, yang dikenal sebagai Sunan Kudus, untuk menyebarkan ajaran Islam di kota ini. Nama Kudus diberikan pada kota ini, yang berarti suci. Karena kota Kudus dianggap suci bagi warga setempat.

Kulinernya Mmmm Uenak Tenan!



Di Kudus ada sebuah tradisi untuk gak makan daging sapi, karena sapi adalah hewan suci bagi umat Hindu. Maka daging kerbau dipilih sebagai pengganti daging sapi. Gak heran, beberapa makanan khas Kudus memakai daging kerbau sebagai bahan utamanya. Beberapa makanan khas Kudus yang wajib Agan coba kalau berkunjung ke kota ini antara lain Sate Kerbau, Soto Kudus, Garang Asem, dan Opor Bakar dan Ayam Gongso. Bilang sama ane kalau mau ditemenin makannya ya emoticon-Kiss

Wisata Religi



Buat Agan yang suka wisata spiritual, kudu banget mampir ke Kudus. Kota ini punya banyak banget objek wisata reigi. Di Kudus terdapat Makam Sunan Kudus dan Sunan Muria. Selain itu, masjid menara Kudus juga wajib Agan datangi. Masjid ini memadukan unsur budaya Hindu di menaranya. Sungguh menarik melihat langsung asimilasi budaya dan keharmonisan antar umat beragama di Kota Kudus Gan.

Alamnya Juga Indah Banget



Mau menikmati wisata alam dan berhenti sejenak dari kejenuhan kota? Kudus juga punya wisata alam yang indah loh. Agan bisa main ke daerah Colo. Colo punya pemandangan alamnya yang begitu indah dan hijau. Udara disekitar daerah ini pun masih begitu sejuk, jauh dari polusi udara. Selain pemandangan alam yang asri, di tempat ini juga terdapat taman, Air Terjun Montel, dan Kebun Kopi. Selain colo, Agan juga bisa mampir ke Sendang Jodo. Sendang Jodo adalah obyek wisata berwujud mata air (sendang) yang memancarkan air tak henti-henti juga menjadi salah satu destinasi wisata di kudus. Konon katanya, kalau Agan berkunjung ke Sendang Jodo bersama pasangan, bisa jadi jodoh beneran Gan. Amin deh.

Kaya Budaya dan Tradisi



Selain tempat-tempat wisata yang wajib Agan kunjungi, banyak juga tradisi yang menarik untuk disimak.
Ada Tradisi Buka Luwur, Dandangan, Kupatan, Budaya Wiwit Kopi, Budaya Tari Kretek, Rogomoyo, Jenang Tebokan, Rebo Wekasan, Ampyong Maulid, dan Bulusan. Waktu menjalankan tradisi ini berbeda-beda tergantung momentumnya. Tapi semuanya menyimpan nilai-nilai luhur dan pesan dari generasi ke generasi untuk tetap menjaga kelestariannya.

Gimana Gan? Tertarik main ke Kudus? Dijamin gak bosen deh, apalagi masih banyak hal yang belum ane bahas di sini. Misalnya aja dalam waktu dekat ini KASKUS katanya mau ada acara seru di Kudus, yaitu KASKUS Kudus Half Marathon. Nah kayaknya sih bakal rame banget tu acara. Agan yang di luar Kudus bisa ikutan, daftar aja di sini.

Pembahasan lebih dalam soal tempat wisata, makanan dan tradisi Kudus akan ane bahas lebih dalam di thread selanjutnya, asal Agan komen dulu di sini ya!

Diubah oleh mangmamas25 11-08-2017 10:01
0
26.1K
140
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan