Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

babygani86Avatar border
TS
babygani86
Jadikan stress sebagai Eustress


Pernahkah Anda mengalami tantangan yang rasanya membuat perut Anda dikocok? Seperti harus mengerjakan proyek besar demi kenaikan jabatan, menantikan kelahiran anak pertama, atau melakukan presentasi demi nilai akhir di hadapan dosen ‘killer’? Bisa Anda bayangkan apa yang Anda rasakan ketika itu? Tangan Anda basah karena keringat? Jantung Anda berdegup dengan kencang? Anda pasti nervous. Hal tersebut yang disebut dengan stress. Setiap waktu, Anda bisa saja mengalami stres, namun, sebaiknya kelola stres Anda sebisa mungkin karena dampak stres pada tubuh sangat banyak dan pastinya merugikan kesehatan Anda.

Stress adalah proses yang dirasakan dan direspon oleh manusia mengenai suatu kejadian. Respon tersebut bisa jadi hal yang ‘menantang’ atau ‘mencelakakan’. Stres dapat terjadi karena perubahan lingkungan di sekitar kita, sehingga tubuh akan bereaksi dan meresponnya sebagai upaya perlindungan. Tubuh bereaksi terhadap stres dengan memberi respon fisik, mental, dan emosional. Tubuh bereaksi terhadap segala hal yang dianggapnya sebagai bahaya, entah itu benar-benar membahayakan atau tidak. Ketika tubuh merasa terancam, maka di dalam tubuh akan terjadi reaksi kimia yang memungkinkan Anda untuk mencegah cedera. Reaksi ini disebut dengan “fight-or-flight” atau respon stres. Saat tubuh Anda merespon stres, Anda akan merasakan denyut jantung meningkat, pernapasan lebih cepat, otot menegang, dan tekanan darah Anda naik.

Stres bisa terjadi berbeda-beda antar orang. Apa yang menyebabkan stres pada diri Anda, belum tentu juga bisa menyebabkan stres pada diri orang lain. Ini semua tergantung dari bagaimana Anda melihat sesuatu yang bisa menyebabkan stres dan cara Anda menangani stres. Stres ringan mungkin dapat membantu Anda dalam menyelesaikan tugas. Namun, jika stres berat atau stres kronis terjadi pada Anda, maka bisa merugikan kesehatan Anda. Mungkin biasanya Anda mengenal stres sebagai hal yang buruk; terutama pria, karena pria cenderung menganggap bahwa mengakui apa yang dirasakannya sebagai hal yang tidak maskulin, namun stres adalah hal normal yang dirasakan oleh setiap manusia dan stres sendiri sebenarnya dibagi menjadi dua, distress (stres negatif) dan eustress (stres positif).

Perbedaan mendasar dari eustress dan distress sendiri adalah dari cara Anda mengolah kejadian yang menimpa diri Anda. Jika Anda menerimanya dengan perasaan berat hati, rasa takut, rasa ingin kabur, maka kemungkinan Anda mengalami distress. Hal paling bijak yang dapat Anda lakukan adalah menghadapi masalah langsung ke intinya atau “kabur” dan mencari hal yang dapat menjauhkan Anda dari sumber stres. Tapi jika Anda menerimanya tanpa rasa takut, dan Anda malah menjadi termotivasi, merasa hidup Anda penuh dengan tantangan yang harus Anda selesaikan seperti bermain video game, itulah eustress.

Perlu Anda ketahui beberapa karakterisik dari eustress agar Anda lebih memahaminya dengan contoh kondisi Anda sehari-hari. Berikut adalah karakteristik dari eustress: Memotivasi diri Anda, Membuat Anda merasa tergugah, Menaikkan performa Anda dalam bekerja, Biasanya terjadi hanya sebentar, dan Merupakan cara untuk menanggulangi stres itu sendiri. Eustress membuat Anda merasa harus mengerjakan proyek besar itu secara sungguh-sungguh, mencari uang untuk persalinan anak pertama Anda dengan semangat, atau mempersiapkan presentasi Anda dengan cermat.

Kuncinya adalah merasakan bahwa diri Anda adalah seorang jagoan dalam video game; Anda harus merasa bahwa diri Anda “bisa”, dan melihat bahwa dari semua yang Anda alami sekarang pasti akan ada pelajaran yang Anda dapatkan demi masa depan yang lebih baik. Dengan mengubah pandangan Anda ke arah yang lebih positif, diharapkan Anda juga dapat memerangi rasa takut Anda menjadi rasa tertantang.

Gimana? Sekarang Anda sudah tahu bedanya, kan? Jangan pernah lupa batasan dalam hidup Anda. Terus berpikiran positif, namun tetap waspada dengan lingkungan. Berikan diri Anda ‘hadiah’ kecil yang biasanya Anda abaikan; tidur cukup, makanan sehat, banyak berkomunikasi dengan orang tersayang. Niscaya, hidup Anda juga akan lebih bahagia.

source https://babybuletgani.tumblr.com/pos...n-yang-rasanya


Diubah oleh babygani86 08-09-2017 03:54
0
24.9K
112
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan