littlecarlaAvatar border
TS
littlecarla
5 Mal di Jakarta dengan Masjid Paling Nyaman

Jakarta, selain jadi ibukota negara, juga dikenal dengan kota yang mall-nya banyak banget. Istilahnya, tiap kecamatan ada mall-nya. Ternyata ada lebih dari 170 mall/ pusat belanja modern di seluruh Jakarta gan!

Biasanya pertimbangan ane pas mau ke mall itu adalah yang paling deket dari rumah atau kantor, kalo bisa yang jalurnya nggak macet-macet amat. Tapi salah satu yang ane pertimbangin adalah masjid/ musola mall-nya yang lega, nyaman buat solat maghrib gan.

Kriteria nyaman:
- Ruangan lega, harum, nggak pengap
- Mukena dan sarung wangi, nggak bulukan
- Lokasi mudah dijangkau, nggak rempong nyarinya
- Tempat wudhunya banyak, nggak terlalu ngantre banget meski banyak orang
- Ada tempat penitipan sandal/ sepatu

Beberapa mall ini ternyata punya masjid yang nyaman banget gan, simak apa aja:

1. Masjid Al Hidayah, Gandaria City



Mall di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan ini punya masjid di lantai 4 yang luas dan nyaman banget. Bahkan ada lift khusus buat menjangkau masjid ini. Bukan cuma itu, bahkan ada fasilitas perpus, toko busana muslim dan pastinya tempat penitipan sandal. Nggak heran, masjid ini pernah jadi masjid terbaik dan percontohan di lingkungan pusat perbelanjaan se-Indonesia di tahun 2012.

2. Bintaro Xchange Mall


Cr: Travelerien.com

Mall yang masuk dalam wilayah Tangerang, Banten (deket juga dari Jakarta, bisa naik KRL) ini punya 2 musala yang ada di latai LG dan B2 gan. Bedanya di B2, luasnya lebih sepi dari antrean dibanding musala LG dan dekat dengan tempat parkir mobil. Ruangannya harum, karpetnya bersih dan banyak sarung yang juga wangi. Pas bulan puasa, pengelola mall juga bagiin takjil gratis buat jamaah.

3. Grand Indonesia



Ini salah satu mall favorit ane gan, Grand Indonesia. Musalanya banyak dan gampang diakses. Meski ukurannya kecil, tapi fasilitasnya oke banget. Tempat wudhunya bersih, mukena dan sarunya juga wangi plus banyak juga. Ada Alquran, bahkan karpetnya empuk juga. Paling penting, ada tempat penitipan sendal gan.

4. Masjid Al Ikhlas, Kota Kasablanka


Cr: Catatan As-Salam

Mall tempatnya melting pot anak-anak millenials seluruh Jabodetabek nih. Tiap ngumpul pasti maunya di Kokas, alesannya karena deket dijangkau dari mana-mana. Dari stasiun deket, dari halte busway pun juga deket. Selain mallnya yang gede plus tenantnya banyak, masjidnya ane acungin jempol deh! Masjid Al Ikhlas yang letaknya di lantai LG, selantai sama food court ini gampang banget dicari. Bagian luar masjidnya juga bagus gitu dan rapi. Ada penitipan sendal, air mineral galon dan gelas plastik buat para jamaah, juga perpus kecil. Mukenanya juga banyak banget dan wangi. Bagian dalamnya juga besar banget, meski gitu juga tetep penuh waktu salat maghrib, apalagi pas jam buka puasa. Plus ada takjil yang dibagiin buat jamaah, lumayan buat ganjel perut.

5. Pasaraya Grande, Blok M




Cr: SIMAS Kemenag

Ini dia masjid di mall yang paling juara menurut ane. Pas ke sini sebenernya juga nggak sengaja dan kaget aja gitu, masjidnya gede banget plus nyaman banget. Masjid ALatief namanya, karena mal ini emang punyanya Menteri Tenaga Kerja Abdul Latief. Posisinya di lantai 5 dan luasnya sampe 1 lantai sendiri. Ada kubah besar di tengah-tengahnya, plus karpetnya empuk dan tebal. Ane sih jujur syok aja ada masjid sebagus itu di mall. Megah banget!

Ternyata banyak juga masjid-masjid yang nyaman di mall-mall mewah di kawasan Jabodetabek ya gan. Menurut ane, mall lain bisa mencontoh buat bikin fasilitas beribadah yang bikin nyaman para pengunjungnya. Bisa juga dibuat prayer room yang bisa dipake beribadah sama agama lainnya ya emoticon-Cendol Gan

Sumur
0
56.7K
277
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan