CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Perempuan yang Hadapi Siksaan Demi Kemerdekaan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/598d36702e04c8bb628b456b/perempuan-yang-hadapi-siksaan-demi-kemerdekaan

Perempuan yang Hadapi Siksaan Demi Kemerdekaan

Perempuan yang Hadapi Siksaan Demi Kemerdekaan

Quote:


Nama Opu Daeng Risadju sebagai pahlawan nasional wanita memang kurang terkenal gaungnya dibandingkan dengan R.A Kartini atau Cut Nyak Dien. Padahal jasa-jasa wanita yang berasal dari Sulawesi Selatan ini untuk kemerdekaan Indonesia tidaklah kecil.

Quote:


Seperti apa perjuangan Opu Daeng Risadju dalam melawan kolonialisme Belanda, hingga menjadi salah satu momok yang ditakuti Belanda?

Perempuan yang Hadapi Siksaan Demi Kemerdekaan
(Dok. Muzakkir S via zetizen)

Famajjah atau Opu Daeng Risadju (gelar kebangsawanan Kerajaan Luwu) adalah salah satu perempuan yang diberi gelar Pahlawan Nasional Indonesia. Sebagai bangsawan dia sama sekali enggak merasakan pendidikan Barat. Tapi lebih banyak belajar tentang kepemimpinan, memerintah rakyat, peribadatan dan akidah Islam, juga fiqih.

Opu Daeng Risadju aktif sebagai ketua PSII (Partai Syarekat Islam Indonesia) yang mendirikan cabang di Palopo pada 14 Januari 1930. Peran kepahlawanannya sangat terasa dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia saat NICA (Netherlands Indies Civil Administration) mulai masuk ke Sulawesi Selatan. Dialah yang membangkitkan semangat dan menggerakkan pemuda untuk melawan NICA.

Semangat Opu Daeng dalam melawan kolonialisme Belanda melalui aktivitas politis di PSII membuat gelar kebangsawanan beliau dicabut. Pada saat itu Pemerintah Kerajaan Luwu memiliki hubungan kerajaan dengan pemerintah Belanda yang disebut dengan istilah “Korte Werklaring”. Setelah itu nama gelar “Opu” dihilangkan oleh Daeng Risadju.

Bukan perjuangan namanya apabila tidak ada yang dikorbankan. Karena terlalu konsisten di aktivitas PSII, dewan adat yang berada di bawah tekanan Belanda memaksa Muhammad Daud menceraikan Daeng Risadju.

Perempuan yang Hadapi Siksaan Demi Kemerdekaan
(Dok. Lelakibugis.net)

Opu Daeng Risadju tertangkap NICA di Lantoro dan mengalami siksaan demi siksaan. Mulai dari dipaksa berjalan kaki sejauh 40 km dari Lantoro ke Watampone, dipenjara di Bone tanpa diadili, disiksa usai dipindahkan ke penjara Bajo dengan dipaksa berdiri tegap menghadap matahari, dibuat tuli seumur hidup akibat ledakan senapan di depan telinganya oleh Ladu Kalapita (Kepala Distrik Bajo), sampai disekap di penjara darurat bawah tanah. Kala itu usia Opu Daeng Risadju berumur 67 tahun. Dia dibebaskan setelah 11 bulan ditahan tanpa diadili dan kembali ke Bua lalu menetap di Belopa. Opu wafat pada tanggal 10 Februari 1964. Ia dimakamkan di pekuburan raja-raja Lokkoe di Palopo.

Dari bangsawan sampai tokoh pergerakan. Perjuangan Opu Daeng yang gigih dalam melawan kolonialisme Belanda bukanlah tanpa alasan, dalam budaya Sulawesi Selatan ada sebuah istilah yang menjadi identitas dari masyarakat Bugis yaitu “Siri’ Na Pacce”. Dasar nilai budaya ini yang dipegang teguh oleh Opu Daeng Risadju hingga akhir hayatnya.

Siri’ berarti : Rasa Malu (harga diri), sedangkan Pacce atau dalam bahasa Bugis disebut Pesse yang berarti: Pedih/Pedas (Keras, Kokoh pendirian). Nilai Pesse bisa dilihat dari sepak terjang beliau di PSII, Opu Daeng Risadju membangun rasa solidaritas karena saat itu rakyat menderita akibat penjajahan. Sementara itu nilai Siri’ dilihat dari bagaimana Opu Daeng Risadju selalu menerima tekanan baik dari kalangan bangsawan dan Belanda bahkan sampai dipenjarakan. Perjuangan Opu Daeng Risadju merupakan kehormatan yang ditaruhkan.

Opu Daeng Risadju dapat dijadikan contoh untuk Agan semua bahwasanya hingga berumur senja, kita masih bisa untuk berjuang demi Indonesia.

Perempuan yang Hadapi Siksaan Demi Kemerdekaan

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia

Sumber: Buku Jejak Pahlawan dalam Aksara, Buku Pintar Sumber Lengkap Pahlawan Nasional, Pahlawan Nasional Indonesia dan diolah dari berbagai sumber.


Quote:
Diubah oleh KASKUS.Editor
Halaman 1 dari 6
pertamax di thread opicer emoticon-Coblos
Diubah oleh guatelitenan
Baru tau nama nya.. emoticon-cystg
umur 67 dipaksa jalan kaki 40 km emoticon-Matabelo
Nambah satu lagi tokoh yang barubgw tau emoticon-2 Jempol
ane baru paham, nice info min....
merdekaemoticon-I Love Indonesia
ksian yah. tpi dh merdeka skrng
Pahlawan dari daerah ane...
berjuang dengan caranya sendiri
Opu Daeng Risadju ya gan,
sepertinya nggak banyak yg kenal beliau,

thanks infonya bre
emoticon-2 Jempol
Opah hebat ... emoticon-Matabelo
wah wanita tangguh nih emoticon-Big Grin
hehehe
apakah kita sudah merdeka.....???
sungguh luar biasa perjuangannya emoticon-I Love Indonesia
Women.

Together.

Strong.
Quote:


denger-denger sudah bre emoticon-I Love Indonesia
Baru denger gan,, tapi salut dan kagum emoticon-Wow
bawah ane jangan lupa gembok ye


emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh installingvirus
Ayo kaskus terus bikin trit bagus seperti ini emoticon-I Love Indonesia

Edit: ane gembok. pahlawan kibot warrior ngantre di belakang emoticon-Cool
Diubah oleh justchepoy
Nais inpoh hu
:nulisah
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di