AsyiruAvatar border
TS
Asyiru
Tau bahan makanan ini ? Yakin pernah liat tanaman aslinya ?
Ternyata trit ini HT gans ! , ane baru buka kaskus soalnya. makasih buat agans semua ya
emoticon-Kiss (S)
Bahan makanan sangat banyak jenisnya, dari mulai yang mudah ditemukan disekitar kita sampai bahan impor yang berasal dari negara lain. Tapi kadang rasa penasaran muncul dengan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Seperti apa proses pengolahan dan bagaimana bentuk asal tanamannya sebelum diolah menjadi makanan layak konsumsi. emoticon-Bingung

Dan karena penasaran itu, akhirnya ane pun mengumpulkan beberapa informasi tentang beberapa bahan makanan yang sebenarnya hampir tiap hari kita konsumsi. Tapi kebanyakan orang mungkin belum pernah melihat bentuk asal dari bahan makanan tersebut. emoticon-Big Grin kalopun liat juga paling sebatas dari gambar atau tv emoticon-Stick Out Tongue
Quote:


Tambahan Dari Agan-agan :

Quote:

Pohon Coklat
Sebenarnya ane sendiri sudah pernah liat pohonnya, soalnya ada dikebun nenek ane nih pohon emoticon-Stick Out Tongue kulit luarnya yang putih-putih itu rasanya manis loh gan . Diluar negeri sendiri pohon coklat lebih dikenal dengan sebutan pohon kakao. Dan merupakan salah satu pohon yang dibudidayakan, karena bijinya merupakan bahan dasar pembuatan coklat. Bijinya yang udah dikeringin lalu dihalusin, itu sudah jadi coklat dan rasanya aga pahit. Lalu kalo coklat yang biasa kita beli di toko-toko gitu, sudah ada campuran bahan dan rasa lainnya emoticon-Big Grin
Spoiler for Coklat:

Kayaknya juga jarang orang yang gak suka coklat kan. Mangkanya taneman ini walo asalnya dari amerika selatan, sekarang sudah hampir diseluruh dunia dibudidayakan.
Tahu gak gan, Indonesia adalah negara nomor 3 penghasil coklat terbesar di dunia loh emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:

Vanili atau Vanila
Banyak pasti kaskuser yang suka dengan rasa vanila, entah itu permen, eskrim, kue dll. Tapi mungkin cuman sedikit yang tau juga kalo sebenarnya rasa ini berasal dari taneman loh. Nama tanamannya Vanili (Vanilla planifolia) kadang juga disebut Perneli, yang aslinya berasal dari daerah meksiko yang dikenalkan oleh orang Indian.
Spoiler for Vanili gan:

Walaupun tanamannya banyak yang belum tau, tapi tahu gak, Indonesia ternyata menjadi penghasil Vanili terbesar di dunia ! gak nyangka kan ! emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:

JENGKOL

Ane sebenernya sudah pernah lihat tanaman ini gans, tapi kali aja banyak disini yang belum tahu jadi dimasukin ya. Walupun jengkol termasuk kacang-kacangan, doi gak tumbuh ditaneman merambat atau perdu kayak kebanyakan kacang lain. Tapi berupa pohon yang tinggi besar loh sama dengan petai.
Spoiler for Jengkol:

Buahnya pun seperti petai, namun biasanya petai berwarna hijau dan bentuknya panjang. Jengkol biasanya berwarna hitam dengan bentuk yang lebih besar. Tapi meskipun kulitnya hitam, pada jengkol yang baru dipetik, kulitnya berwarna putih loh. karena yang berwarna hitam itu hanya kulit luarnya. Walaupun kalau sudah agak lama kulit dalemnya pun jadi berwarna hitam, seperti yang kita liat di pasar-pasar gitu.

KEMIRI

karena banyak yang nanyain juga, yaudah ane masukin ya emoticon-Big Grin
Kemiri atau kerennya candlenut merupakan salah satu bahan rempah yang paling sering digunakan dalam masakan nusantara. Malah ekstrak minyaknya sering digunakan dalam produksi cat sampai shampoo.
Spoiler for kemiri:

Bagian kemiri yang sering kita gunakan sebenarnya merupakan biji dari buah kemiri. Jadi didalamnya itu ada biji yang dilapisi pelindung yang biasanya berwarna hitam dan sangat keras seperti batok kelapa. Biasanya nih anak-anak suka pake buat mainan diaduin, siapa yang kemirinya paling kuat dia yang menang emoticon-Big Grin

Quote:

Ini merica ama asam gelugur, tapi ane enggak tau juga bahan udah jadinya, taunya merica bubuk sama asam jawa ajah emoticon-Hammer (S)

Nah sampai disini dulu trit ane kali ini, semoga bisa menambah wawasan agan semua. Mungkin untuk beberapa tanaman diatas sudah sering agan temui tergantung daerah tempat tinggalnya. Jadi maaf sebelumnya kalo ada tanaman yang udah sering agan lihat ternyata malah nongkrong di daftar ini ya. emoticon-kisssing Kalo agan, bahan makanan apa yang belum pernah liat tanaman aslinya ? emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
Gak Nolak emoticon-Blue Guy Cendol (L), Gak Komen Ane Sumpahin Bijinya segede Lada emoticon-Betty

sumber
Diubah oleh Asyiru 11-08-2017 03:30
trifatoyah
tien212700
tien212700 dan trifatoyah memberi reputasi
2
29.2K
140
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan