xutux06Avatar border
TS
xutux06
Tora Sudiro dan Mieke Amalia: Obat Penenang yang Berujung Penangkapan

Tora Sudiro dan Mieke Amalia (Foto: Instagram/@mieke_amalia)


Siapa yang menyangka jika niat aktor Tora Sudiro dan istrinya, Mieke Amalia menggunakan obat-obatan untuk membantu mereka istirahat, ternyata dinilai sebagai salah satu jenis psikotropika.

Tora dan Mieke pun langsung ditangkap petugas Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan di kediamannya di Perumahan Bali View, Pisangan, Cirendeu, Tangerang Selatan, Kamis (3/8) sekitar pukul 10.00 WIB.

Pada saat ditangkap polisi menemukan dan langsung menyita barang bukti berupa 30 butir obat penenang dari rumah Tora.

"Telah diamankan dua orang, namanya TS dan MA. Dia diamankan karena kita dapat info, memiliki barang bukti berupa psikotropika," kata Kapolres Jakarta Selatan, Kombes Iwan Kurniawan, ketika ditemui di kantornya, Kamis (3/8).

Tak hanya itu, pada saat dilakukan tes urine, rupanya tubuh Tora positif mengandung zat benzoat.

"BB (barang bukti) masih dicek, positif benzoat," kata Dirresnarkoba Polda Metro Jaya Kombes Pol Nico Afinta ketika dihubungi kumparan (kumparan.com)
.


Tora Sudiro dan Mieke saat diperiksa. (Foto: Dok. Istimewa)


Polisi mengatakan Tora positif mengandung benzoat. Apa sebenarnya benzoat dan apa efeknya bagi manusia?

Benzoat atau benzodiazepin memiliki kandungan penenang untuk mengatasi gangguan kecemasan, anti-stress, depresi, dan susah tidur. Kandungan benzo menekan sistem syaraf pusat, penggunaannya dalam waktu lama bisa membuat seseorang kecanduan.

Di antara merek obat kelas benzoat adalah Dumolid, Xanax, Librium, Valium atau Ativan.

Bernama generik nitrazepam, Dumolid masuk ke dalam psikotropika golongan IV. Penggunaan obat ini dianggap penyalahgunaan jika dibeli tanpa resep dokter dan untuk mendapatkan efek penenangnya.


Dumolid (Foto: Dok. obat-penenang.com)


Sementara itu, menurut salah satu rekan Tora yang menjenguk, Nanda Persada, menuturkan jika bintang ‘Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss!' itu menggunakan obat tersebut bukan untuk bersenang-senang.

“Yang saya tahu ya psikotropika inisial D (dumolid), 30 butir. Itu digunakan bukan untuk have fun tapi untuk istirahat. Yang bersangkutan tidak tahu itu dilarang atau salahi (hukum),” kata Nanda saat ditemui di Polres Metro Jakarta Selatan, Kamis (3/8).

Baca Juga :




Nanda Persada (Foto: Munady)


Pria yang mengaku sebagai Ketua Ikatan Manajer Artis Indonesia itu mengatakan bahwa kondisi Tora dan Mieke masih shock. Pasangan selebriti itu disebut kekurangan informasi bahwa kepemilikan obat-obatan tersebut masuk kategori melanggar hukum.

“Mereka enggak maksud dengan sengaja,” kata Nanda lagi.

Hari ini, Jumat (4/8), pihak polisi dari Polres Metro Jakarta Selatan, akan melakukan jumpa pers terkait perkembangan pemeriksaan Tora dan Mieke. Status hukum pasangan selebriti yang menikah pada 2009 lalu ini, akan diinformasikan hari ini.

Sumber: https://kumparan.com/caroline-praman...ng-penangkapan
0
4.9K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan