Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

komunitasjalan2Avatar border
TS
komunitasjalan2
PULAU UTARA NEW ZEALAND, SEPERTI APA MENAKJUBKANNYA? (BAGIAN 1)
New Zealand yang merupakan negara kepulauan ini mempunyai 2 pulau utama atau yang terbesar. Keduanya secara mudah dikenal sebagai Pulau Utara dan Pulau Selatan. Seperti yang sudah sedikit diulas juga, baik Pulau Utara ataupun Pulau Selatan, keduanya sama-sama menakjubkannya untuk dijelajahi. Karakter lanskap New Zealand yang berbeda dari negara-negara lain, membuat kedua pulau ini layak menjadi list destinasi wisata.


Peta jalur Pulau Utara NZ via explorenewzealand.net.nz

Di Pulau utara sendiri, menjadi lokasi dari ibukota negara New Zealand yaitu Kota Wellington. Kota terbesar yaitu Auckland juga ada di Pulau Utara. Karenanya Pulau Utara juga bisa dianggap sebagai markasnya kota-kota kosmopolitan. Denga luas sekitar 113.729 km persegi, tiga perempat atau sekitar 3,5 juta penduduk New Zealand bermukim di Pulau utara ini.


1. Titik Start Road Trip

Road Trip atau plesiran dengan melalui berbagai wilayah alias tidak menetap di satu kota, merupakan pilihan yang paling tepat dan lumrah di New Zealand. Wisatawan biasanya menyewa mobil agar bisa berpindah dan menikmati setiap sisi New Zealand. Pilihan ini memang paling populer karena memang New Zealand mempunyai alam yang indah dan objek wisata utama yang tersebar di seluruh penjuru pulau. (Ulasan lengkap tentang rental kendaraan bisa kamu baca di artikel sebelumnya)


Peta Auckland via google map

Memilih titik awal Road Trip juga bebas tergantung dari mana kamu memasuki Pulau Utara, tetapi secara umum biasanya mulai dari Auckland karena kota terbesar itu menjadi gerbang utama memasuki Pulau Utara. Kalau dari Indonesia karena tidak ada penerbangan langsung ke New Zealand, maka kalian harus siap untuk beberapa kali transit, dan transit terakhir biasanya via Melbourne, Australia. Atau kamu bisa memilih penerbangan dari Singapura karena Singapore air sudah melayani penerbangan langsung ke Auckland.


2. Kota Auckland

Bird view Kota Auckland via theaucklandplan.govt.nz

Auckland adalah kota metropolitan terbesar di New Zealand. Kota ini diapit oleh dua pelabuhan besar serta dikelilingi oleh pulau-pulau kecil yang tak kalah menawan. Bayangkan, sebuah kota maju dengan gedung-gedung pencakar langitnya berpadu pula dengan perairan lautan dan pulau-pulau disekitarnya, bahkan kota ini dijuluki pula sebagai City of Sails atau Kota Layar karena disetiap sudut akan menemukan lautan dengan kapal-kapal layar. Disisi lainnya, ada juga perbukitan kerucut vulkanis yang jumlahnya mencapai 48 puncak. Perpaduan yang terlalu menawan untuk sebuah kota. Itulah yang menjadikan Auckland juga jangan sampai dilewatkan sebagai titik awal road trip.


Panorama dari perkebunan di Pulau Waiheke via blaineharrington.photoshelter.com

Kehidupan mewah perkotaan bisa kalian rasakan di pusat kota. Kotanya tertata rapih, bersih, dan sangat nyaman. Bergeser sedikit, maka suasana liburan akan langsung kalian dapatkan. Mau ke pantai? Cukup beberapa menit saja. Mau berlibur ke kepulauan? Kalian bisa langsung menyebrang dengan ferry dari pelabuhan di pusat kota. Kepulauan yang paling digemari ialah di Teluk Hauraki. Di sana ada banyak pilihan pulau, Pulau Waiheke salah satunya. Pulau dengan populasi terbesar diantara pulau lainnya ini memiliki lahan pertanian, hutan, bahkan perkebunan anggur dan zaitun. Topografinya yang berbukit juga menjadikan kita bisa naik dan melihat keindahan bentang alam di sekitarnya.


Salah satu spot di Pulau Rangitoto via trekearth.com

Mau mendaki pegunungan? 48 kawah gunung berapi yang sudah tidak aktif di Auckland siap menjadi pilihan. Rangitoto contohnya, di Pulau ini terdapat gunung berapi populer yang menjadi lokasi favorit untuk berwisata, piknik, atau mengamati burung. Untuk mencapainya, cukup menggunakan feri selama sekitar 25 menit.


Skywalk via skywalk.co.nz

Mau tetap berwisata di pusat kota di antara beton-beton bertingkat? Tak ada salahnya mencoba Sky Jump dari gedung tertinggi yaitu Sky Tower. Bayangkan saja adrenalin yang terpacu ketika harus meloncat dari ketinggian 192 meter. Tarifnya tentu cukup merogoh kocek dalam yaitu 225 dollar, tetapi tentu akan sebanding dengan pengalamannya. Kurang begitu bernyali untuk meloncat? Kalian bisa coba Sky walk saja, biayanya sekitar 145 dollar. Untuk bisa merasakan dua tantangan adrenalin ini kalian harus mendaftar online dahulu di skywalk.co.nz karena ada batasan pengunjung di satu waktu.


Senja di Auckland, via furthestcity.com

Sebelum beranjak meninggalkan Auckland, nikmati juga senja di sana menatap jingga bersama gemerlap lampu dari gedung-gedung pencakar langit. Salah satu spot terbaik menikmati senja di Auckland ialah dari atas feri atau dari daerah bernama Devonport yang memang lokasiny berada di seberang pusat Kota Auckland yang terpisah oleh laut sempit. Karenanya kalian bisa saja pergi ke Devonport dahulu dan menikmati ketenangan hidup disana, barulah ketika mulai malam, kalian pulang dengan ferry dan bisa menyaksikan langsung pesona senja itu.


3. Northland

Berada di sisi paling utara dari Pulau Utara, Northland merupakan wilayah atau region dengan kota utama yaitu Whangarei. Northland sama seperti daerah lain di New Zealand juga mempunyai karakter alam yang variatif.


Bersantai di dermaga sekitaran Kota Whangarei via shutterstock

Kita mulai dari Kota Whangarei. Berjarak sekitar 2,5 jam perjalanan mobil dari Auckland, Whangarei sangat layak untuk dijadikan pilihan. Kota di tepi laut ini memiliki bentang alam yang tak kalah menariknya. Pelabuhan di kotanya saja bisa dijadikan lokasi yang nyaman untuk bersantai atau menikmati suguhan hiburan. Duduk dan menyerup kopi di cafe-cafe dekat dermaga sembari melihat kapal-kapal dan aktivitas lainnya, siapa yang tidak terbius dengan suasan itu?. Bangunan-bangunan kotanya masih banyak yang merupakan peninggalan kolonial sehingga menghadirkan atmosfer arsitektur yang khas.


Smugglers Cove Track via nzfrenzynorth.wordpress.com

Kamu juga wajib menyambangi Air Terjun dengan ketinggian 25 meter yang populer sebagai objek fotografi. Banyak pula wisatawan yang hanya sekedar piknik kesana sembari melihat langsung pesonanya. Gua Abbey juga cocok untuk kamu pecinta wisata alam terkhusus susur gua. Mau view yang akan membuatmu terpanah? Coba menyusuri jalur sepanjang sekitar 3 km bernama Smugglers Cove. Jalur bukit yang berada tepat di tepi lautan itu akan menyuguhkan pemandangan khas yang akan membuat perjalanan kalian tidak akan terasa melelahkan. Ada juga jalur yang disebut Castle Rock yang juga siap memberikan sensasi pemandangan menawan. Keduanya sama-sama menakjubkan dan pantas dicoba.


Tanjung dan Mercusuar di Cape Reinga via newzealand.com

Mau benar-benar berada diujung utara dari Pulau Utara? Pacu kendaraan kamu menuju Cape Reinga. Sebuah tanjung dengan sebuah mercusuar menjadi penanda daratan paling utara ini. Tanjung berupa tebing setinggi 290 mdpl menjadi spot terbaik untuk melihat lautan lepas bahkan pertemuan Lauta Tasman dan Samudera Pasifik. Ditambah karakter lanskap yang khas, Tur ke Cape Rainga rasanya sayang pula untuk dilewatkan.

Tak hanya soal pemandangan hijau perbukitan dan padang rumput, di Northland juga ada ada formasi batu alam yang dikenal dengan Wairere Boulders. Lokasinya sendiri berada di wilayah Hokianga. Barisan bebatuan alam ini menjadi taman alam geologi yang bisa dengan cukup aman disambangi karena sudah dibangun jalur wisata.


4. Bay of Islands

Berada di sisi Timur dari Northland, Bay of Island merupakan sebuah teluk yang ditaburi dengan pulau-pulau kecil berjumlah sekitar 144 pulau. Kepulauan ini sudah tentu apik dengan wisata baharinya dari mulai berselancar, diving, kayak, memancing, berenang, mengamati lumba-lumba, atau sekedar menikmati suguhan alam. Untuk menuju Bay Of Island, kalian bisa menemukan kapal penumpang dari wilayah Paihia di Northland dengan tarif NZD 6 sekali jalan atau NZD 12 Pergi pulang. Selain menggunakan kapal penumpang, kalian juga bisa mencarter perahu atau bisa juga ikut dalam tur wisata yang banyak disediakan. Kamu yang mau pengalaman lebih seru juga bisa ikut dalam tur menggunakan perahu layar atau kapal pesiar dengan biaya mulai dari NZD 60 – 150. Biasanya tur ini dimulai dari Paihia dan dari Russell.


Hole In the Rock via newzealand.com

Apa kamu pernah melihat gambar diatas? Batu besar berbentuk mirip gajah itu berada di Bay of Islands ini. Dikenal dengan nama Hole in the Rock, pulau batu itu bernama Motukokako Island, berada di sisi Timur Laut Bay of Islands. Tur pesiar umumnya menjadikan Hole in the Rock sebagai tujuan, kalian akan diajak masuk melewati bagian lubang dari pulau batu.


Tampak udara Pulau Urupukapuka via saltair.co.nz

Ada juga Pulau Urupukapuka, ini merupakan pulau terbesar di Bay of Island yang berjarak sekitar 7,3 km dari lepas pantai Paihia. Pulau seluas sekitar 208 hektar ini dibaluti dengan daratan berbukit dengan hamparan rumput. Di sekililingnya merupakan pantai berpasir yang memberikan pemandangan berbeda setiap sisinya. Jangan melewatkan untuk mendaki ke puncak perbukitan karena dari sanalah, pemandangan 360 derajat akan tersuguh.


Camping ground di Pulau Urupukapuka via artfocus.photoshelter.com

Di pulau ini juga kamu bisa camping dan bermalam. Camping ini dikelola oleh departemen konservasi setempat. Tenda kemah sudah tersedia di empat zona yang masing-masing terdiri atas 20 tenda di dua zona, 15 tenda di zona Kukupa, serta 5 tenda di zona Cattle Yard. Biaya yang harus kamu keluarkan untuk bisa camping ialah sebesar NZD 13 permalam perorang dewasa, NZD 6,5 untuk anak 5-17 tahun, dan gratis untuk anak dibawah 4 tahun. Sebelumnya, kamu harus reservasi online dahulu di website resmi mereka booking.doc.govt.nz


Area Waitangi Treaty Ground via newzealand.com

Jika sebelumnya kita sudah berkeliling menikmati suguhan alam, maka jangan lupa pula bahwa New Zealand juga punya sejarah. Masuk dalam wilayah Bay of Island di daratan utama Pulau Utara, cobalah menuju Waitangi. Waitangi dikenal sebagai lokasi bersejarah tempat deklarasi kemerdekaan New Zealand. Sebuah rumah lokasi perjanjian itu masih bisa dilihat. Tetapi ada juga museum sejarah yang atraktif dan menarik. Untuk memasuki wilayah Waitangi, kalian harus membayar NZD 40 untuk wisman dimana biaya itu untuk paket wisata dari mulai memasuki museum, menonton film singkat kemerdekaan, pemandu wisata, pementasan budaya, dan akses bebas ke berbagai lokasi di Waitangi karena memang dari sini pun ada banyak pemandangan yang sangat menarik.


5. Hobbiton Movie Set, Waikato

Salah satu lokasi Hobbiton via twistedsifter.com

Tahu dengan film The Hobbit, dong? Selain cerita dan karakternya, yang menarik dari film ini ialah lokasinya. Begitu kuatnya pengaruh film tersebut bahkan lokasi pembuatan setting nya pun menjadi suatu daya pikat wisata. Bahkan juga terdapat agen wisata yang secara khusus menyediakan jasa tur Hobbiton. Tur ini akan mengajak kalian berkeliling sekitar 12 are lokasi Hobbiton Movie set dari mulai padang rumput berbukit, peternakan domba, pabrik, party tree, rumah bilbo, dan lainnya. Tarif tur ini mulai dari $79 hingga $114 untuk dewasa.

Lokasi Movie Set film The Hobbit ini sendiri berada di dekat Matamata, Waikato, sekitar 175 km arah tenggara dari Kota Auckland. Lokasi ini dikenal dengan nama Hobbiton yang merupakan perbukitan The Shire.

Selain di Waikato ini, Lokasi pengambilan gambar The Hobbit yang juga menjadi lokasi untuk film Lord of The Rings ialah di North Islan ialah Piopio dan Ruapehu. Sedangkan di South Island ialah di Sungai Pelorus, Twizel, Danau Pukaki, Gunung Cook, Queenstown, Wanaka, Nelson, dan Taman Nasional Fiordland.


6. Waikato

Tampak Air Terjun Wairere dari kejauhan via kiwiblogbus.com

Waikato tidak hanya tentang Hobbiton Movie Set. Distrik ini juga memiliki ragam keunggulan wisata lainnya. Seperti Wairere, sebuah air terjun yang berada tidak jauh dari Hobbiton, sekitar 30 km Timur Laut nya. Wairere merupakan air terjun tertinggi di Pulau Utara. Air terjunnya yang tinggi berada di sebuah tebing yang bisa dilihat bahkan dari kejauan. Tak hanya di air terjunnya saja, sepanjang perjalanan menuju Wairere juga merupakan bentang alam lembah yang menarik.

LANJUTAN
0
21.4K
102
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan