- Beranda
- Komunitas
- Automotive
- MotoGP
Mengenal Teknologi Pada Motor MotoGP


TS
anaswalker
Mengenal Teknologi Pada Motor MotoGP
Assalamu alaikum Wr.Wb

Ketemu lagi di tread ane nih
kali kita akan bahas teknologi yang ada pada Motor Motogp
Siapa yang ga kenal Motogp ?? Balapan motor paling terkenal ini, menyimpan segudang teknologi canggih yang pasti harganya maha bangett gann

Nah berikut ini beberapa teknologi Motogp yang super canggih :
1. Brake Cooling Duct
Ini merupakan alat yang di pakai sebagai pendingin pada rem. Brake Cooling Duct pertama kali di coba pada Winter Test di Sepang.Adalah 2 Pabrikan besar (Ducati dan Yamaha) yang mengaplikasikan teknologi untuk motor ridernya.Ducati mengetes perangkat ini di Ducati GP 14.3 milik Iannone.Brake Cooling Duct bekerja dengan mengalirkan udara dari arah depan agar kaliper rem depan tidak terlalu panas.Brake Cooling Duct terbuat dari bahan serat karbon dan Paolo Ciabatti mengatakan jika Sepang adalah tempat pertama kalinya untuk uji coba Brake Cooling Duct.

2. Custom Handlebar Grip
Handlebar ini sama artinya dengan pegangan/setang motor.Tiap motor bentuknya sama,kecuali jika ada kondisi yang membuat perlu di lakukan modifikasi.Seperti pada Handlebar Grip Marquez di Free Practice 2 Jerez 2015.Beberapa hari jelang tes,Marquez mendapat insiden yang menyebabkan jari kelingking kirinya patah dan terpaksa di operasi.Honda mencari cara agar Marquez bisa menyesuaikan diri dengan kondisi jarinya yang tidak fit.
Honda membuat terobosan dengan mendesain Handlebar Grip baru.Handlebar ini sedikit lebih besar ukurannya untuk menolong Marc yang belum bisa menekuk jarinya dengan sempurna sekaligus mengurangi beban di jari kelingkingnya.Meski berguna,Marquez tetap merasakan sakit setelah melepas sarung tangan balapnya.Tapi tidak masalah karena tes berlangsung lancar.

3. Brake Lever Protector
Tahun 2006 di tikungan pertama GP Catalunya terjadi insiden serius yang melibatkan banyak rider seperti Gibernau,Capirossi,De Puniet,Pedrosa dan Melandri.Penyebabnya adalah rem depan Gibernau mengenai motor Capirossi dalam kecepatan tinggi dan membuat motornya oleng.Akhirnya Gibernau crash dan menyeret 4 rider di dekatnya.
Ujung tahun 2011 di Valencia,Grand Prix Commission memutuskan untuk mewajibkan semua motor memakai Brake Lever Protector ,berlaku untuk musim berikutnya (2012).Perangkat tambahan ini terbukti mampu menambah keamanan rider dari insiden senggolan.Di GP Qatar 2013 motor Rossi kontak dengan Honda Pedrosa dan Rossi terhindar dari kecelakaan berkat adanya Brake Lever Protector.Rossi menjelaskan jika tidak ada alat itu mungkin dia sudah Crash.

4. Swing Arm
Swing Arm adalah bagian penting dari motor di MotoGP. Swing Arm merupakan frame berupa lengan ayun yang melekat dengan bagian roda belakang dan rangka utama motor.Keberadaan Swing Arm sangat di perlukan karena Swing Arm bermanfaat untuk meredam efek guncangan motor saat melewati area yang tidak rata.Swing Arm membuat suspensi belakang bekerja tidak terlalu berat.
Swing Arm bisa di buat dari 2 bahan : Alumunium dan serat karbon.Swing Arm mempengaruhi stabilitas motor.Dengan Swing Arm,motor dapat meningkat dari sisi kesimbangannya meski ada di kondisi yang membuat motor tidak bisa menghindari guncangan/getaran keras .Swing Arm ini juga sering di modifikasi dari bentuk dan ukurannya untuk mencari formula yang pas bagi motor.

5. Temperature Checker
Sebenarnya Ane belum tau betul sebutan yang tepat untuk alat ini Namun karena fungsinya berkaitan dengan temperatur,jadi mungkin bisa di bilang sebagai Temperature Checker saja.Barangkali ada yang tau nama alat ini? Boleh deh kasi tau hehe.. Ya,seperti namanya,alat ini memang sering di pakai teknisi untuk mengecek kondisi panas di aspal.
Data ini di perlukan untuk menentukan pemilihan ban serta settingan yang cocok untuk motor.Alat ini mengukur panas dengan satuan derajat celcius.Benda ini dipakai untuk semua balapan,baik itu di MotoGP ataupun balap mobil F1.Jangan lihat dari bentuknya yang kecil ya,karena alat ini mampu menentukan seberapa panas di sirkuit saat itu.

6. Seamleass Gear Box (SSG)
Seamless Gear atau Seamless-Shift Gearboxes atau Zeroshift ( perusahan penemu prototipe transmisi ini) sudah diterapkan pada motor moge keluaran Honda beberapa tahun yang lalu dan mulai tahun 2012 sudah diterapkan pada motoGP Honda RC212V tunggangan Casey Stoner.
Seamless Gearbox ini sudah diterapkan di team F1 Honda yang oleh teknisi HRC dipasang ke motor Hona RC212V. Fungsi Seamless Gearbox ini adalalah di saat terjadi perpindahan gigi tidak akan terjadi hentakan, ban depan tidak terangkat bila menaikkan gigi, begitu pula sebaliknya, tidak akan terjadi Engine Brake yang berlebihan ketika gigi diturunkan. Karena hal tersebut sudah diatur ecu agar perpindahan gigi hanya pada rpm yang sudah ditentukan. Dengan kata lain pembalap tidak perlu menggunakan kopling untuk menaikkan gear maupun saat menurunkan gear seperti motor bebek. Sehingga dengan teknologi ini Honda bisa memangkas waktu 0.3-0.5 detik di setiap putaran, dan untuk MotoGP selisih waktu seperti ini adalah luar biasa.
Selain itu saat melakukan penurunan gear yang dibarengi engine brake maka tidak terdengar bunyi letupan pada knalpot yang diikuti si api biru. Juga gejala ban belakang terkunci karena menurunkan gigi yang tidak sesuai rpm bisa diminimalisirkan karena semuanya sudah diatur oleh ECU.

Itulah beberapa teknologi motor yang ada Motogp gan, Karna canggihnya teknologi, harga motor Motogp dibanderol dengan harga USD 2 juta atau senilai Rp 28 miliar. Nominal tersebut terbagi untuk beberapa bagian motor seperti mesin, sasis, suspensi, rem, dan ban mahalnya gan


Buat yang mau beli silahkan yak

Terima Kasih telah Berkunjung di Tread ane, Jangan lupa Cendolnya gann


Ketemu lagi di tread ane nih


Siapa yang ga kenal Motogp ?? Balapan motor paling terkenal ini, menyimpan segudang teknologi canggih yang pasti harganya maha bangett gann


Nah berikut ini beberapa teknologi Motogp yang super canggih :
1. Brake Cooling Duct
Ini merupakan alat yang di pakai sebagai pendingin pada rem. Brake Cooling Duct pertama kali di coba pada Winter Test di Sepang.Adalah 2 Pabrikan besar (Ducati dan Yamaha) yang mengaplikasikan teknologi untuk motor ridernya.Ducati mengetes perangkat ini di Ducati GP 14.3 milik Iannone.Brake Cooling Duct bekerja dengan mengalirkan udara dari arah depan agar kaliper rem depan tidak terlalu panas.Brake Cooling Duct terbuat dari bahan serat karbon dan Paolo Ciabatti mengatakan jika Sepang adalah tempat pertama kalinya untuk uji coba Brake Cooling Duct.

2. Custom Handlebar Grip
Handlebar ini sama artinya dengan pegangan/setang motor.Tiap motor bentuknya sama,kecuali jika ada kondisi yang membuat perlu di lakukan modifikasi.Seperti pada Handlebar Grip Marquez di Free Practice 2 Jerez 2015.Beberapa hari jelang tes,Marquez mendapat insiden yang menyebabkan jari kelingking kirinya patah dan terpaksa di operasi.Honda mencari cara agar Marquez bisa menyesuaikan diri dengan kondisi jarinya yang tidak fit.
Honda membuat terobosan dengan mendesain Handlebar Grip baru.Handlebar ini sedikit lebih besar ukurannya untuk menolong Marc yang belum bisa menekuk jarinya dengan sempurna sekaligus mengurangi beban di jari kelingkingnya.Meski berguna,Marquez tetap merasakan sakit setelah melepas sarung tangan balapnya.Tapi tidak masalah karena tes berlangsung lancar.

3. Brake Lever Protector
Tahun 2006 di tikungan pertama GP Catalunya terjadi insiden serius yang melibatkan banyak rider seperti Gibernau,Capirossi,De Puniet,Pedrosa dan Melandri.Penyebabnya adalah rem depan Gibernau mengenai motor Capirossi dalam kecepatan tinggi dan membuat motornya oleng.Akhirnya Gibernau crash dan menyeret 4 rider di dekatnya.
Ujung tahun 2011 di Valencia,Grand Prix Commission memutuskan untuk mewajibkan semua motor memakai Brake Lever Protector ,berlaku untuk musim berikutnya (2012).Perangkat tambahan ini terbukti mampu menambah keamanan rider dari insiden senggolan.Di GP Qatar 2013 motor Rossi kontak dengan Honda Pedrosa dan Rossi terhindar dari kecelakaan berkat adanya Brake Lever Protector.Rossi menjelaskan jika tidak ada alat itu mungkin dia sudah Crash.

4. Swing Arm
Swing Arm adalah bagian penting dari motor di MotoGP. Swing Arm merupakan frame berupa lengan ayun yang melekat dengan bagian roda belakang dan rangka utama motor.Keberadaan Swing Arm sangat di perlukan karena Swing Arm bermanfaat untuk meredam efek guncangan motor saat melewati area yang tidak rata.Swing Arm membuat suspensi belakang bekerja tidak terlalu berat.
Swing Arm bisa di buat dari 2 bahan : Alumunium dan serat karbon.Swing Arm mempengaruhi stabilitas motor.Dengan Swing Arm,motor dapat meningkat dari sisi kesimbangannya meski ada di kondisi yang membuat motor tidak bisa menghindari guncangan/getaran keras .Swing Arm ini juga sering di modifikasi dari bentuk dan ukurannya untuk mencari formula yang pas bagi motor.

5. Temperature Checker
Sebenarnya Ane belum tau betul sebutan yang tepat untuk alat ini Namun karena fungsinya berkaitan dengan temperatur,jadi mungkin bisa di bilang sebagai Temperature Checker saja.Barangkali ada yang tau nama alat ini? Boleh deh kasi tau hehe.. Ya,seperti namanya,alat ini memang sering di pakai teknisi untuk mengecek kondisi panas di aspal.
Data ini di perlukan untuk menentukan pemilihan ban serta settingan yang cocok untuk motor.Alat ini mengukur panas dengan satuan derajat celcius.Benda ini dipakai untuk semua balapan,baik itu di MotoGP ataupun balap mobil F1.Jangan lihat dari bentuknya yang kecil ya,karena alat ini mampu menentukan seberapa panas di sirkuit saat itu.

6. Seamleass Gear Box (SSG)
Seamless Gear atau Seamless-Shift Gearboxes atau Zeroshift ( perusahan penemu prototipe transmisi ini) sudah diterapkan pada motor moge keluaran Honda beberapa tahun yang lalu dan mulai tahun 2012 sudah diterapkan pada motoGP Honda RC212V tunggangan Casey Stoner.
Seamless Gearbox ini sudah diterapkan di team F1 Honda yang oleh teknisi HRC dipasang ke motor Hona RC212V. Fungsi Seamless Gearbox ini adalalah di saat terjadi perpindahan gigi tidak akan terjadi hentakan, ban depan tidak terangkat bila menaikkan gigi, begitu pula sebaliknya, tidak akan terjadi Engine Brake yang berlebihan ketika gigi diturunkan. Karena hal tersebut sudah diatur ecu agar perpindahan gigi hanya pada rpm yang sudah ditentukan. Dengan kata lain pembalap tidak perlu menggunakan kopling untuk menaikkan gear maupun saat menurunkan gear seperti motor bebek. Sehingga dengan teknologi ini Honda bisa memangkas waktu 0.3-0.5 detik di setiap putaran, dan untuk MotoGP selisih waktu seperti ini adalah luar biasa.
Selain itu saat melakukan penurunan gear yang dibarengi engine brake maka tidak terdengar bunyi letupan pada knalpot yang diikuti si api biru. Juga gejala ban belakang terkunci karena menurunkan gigi yang tidak sesuai rpm bisa diminimalisirkan karena semuanya sudah diatur oleh ECU.

Itulah beberapa teknologi motor yang ada Motogp gan, Karna canggihnya teknologi, harga motor Motogp dibanderol dengan harga USD 2 juta atau senilai Rp 28 miliar. Nominal tersebut terbagi untuk beberapa bagian motor seperti mesin, sasis, suspensi, rem, dan ban mahalnya gan



Buat yang mau beli silahkan yak


Terima Kasih telah Berkunjung di Tread ane, Jangan lupa Cendolnya gann


Polling
0 suara
Apa Kepanjangan SSG ??
Diubah oleh anaswalker 31-07-2017 11:06
0
6.1K
2


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan