fulbrightAvatar border
TS
fulbright
Kapuas Raya dan Ketapang Keluar dari Kalbar Jika Pria Ini Jadi Gubernur
PONTIANAK- Bakal calon Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji mulai tebar janji. Ya, pria yang akrab disapa Bang Midji ini mengatakan, jika dia terpilih menjadi gubernur maka Provinsi Kalbar harus dimekarkan. Ia menilai Kalbar terlalu luas untuk dipegang oleh satu komando. Menurunya, sudah menjadi konsekuensi logis apabila wilayah yang begitu luas ini dipecah menjadi tiga provinsi.

“Kalbar ini sangat luas, Pak Gub (Cornelis) juga bilang Kalbar ini satu setengah Pulau Jawa, karena sangat luas tidak ada pilihan lain selain pemekaran,” katanya, Kamis (26/7). Menurut hitungannya, ada dua wilayah yang harus dimekarkan menjadi provinsi baru, yakni Kapuas Raya di timur dan Kabupaten Ketapang di selatan Kalbar.

“Dan saya pastikan untuk masyarakat Kapuas Raya, kalau saya dipilih menjadi gubernur, SK yang pertama kali saya tandatangani ketika bertugas adalah memberikan semua yang dibutuhkan untuk mewujudkan Provinsi Kapuas Raya,” janji Sutarmidji.

Selain Kapuas Raya, Wali Kota Pontianak dua periode itu juga menaruh perhatian pada Kabupaten Ketapang. “Yang kedua, Ketapang itu harus jadi provinsi sendiri karena potensi laut, potensi tambang, (potensi) perkebunannya sangat memungkinkan untuk menjadi provinsi sendiri, baru Kalbar akan mampu dan cepat menjawab kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

Menurut Sutarmidji, jika dibiarkan dengan komposisi yang ada saat ini, maka sampai kapan pun cita-cita pembangunan Kalbar yang berkesejahteraan tidak akan terwujud. Maka dari itu, hal-hal terkait percepatan pemekaran desa/kelurahan/kabupaten/kota sebagai prasyaratnya harus segera direalisaaikan diawal-awal pemerintahan baru ke depan. Itu pun kalau dia gubernurnya.

“Tidak ada pilihan lain, kalau tidak, begini saja terus. Infrastruktur jalan darimana cari duitnya bangun jalan, coba hitung berapa sih APBD Mempawah tambah Landak tambah Kubu Raya, kan luar biasa meningkatnya. Coba masih namanya Kabupaten Pontianak kan tidak mungkin, tapi sekarang sudah tiga kan besar sekali. Itu yang harus kita kejar,” paparnya.

http://m.kalbar.prokal.co/read/news/1338-mengejutkan-kapuas-raya-dan-ketapang-keluar-dari-kalbar-jika-pria-ini-jadi-gubernur.html

Karolin - Sutarmidji For Kalbar!
0
1.4K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan