Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

khairil32Avatar border
TS
khairil32
Tips Untuk Pindah Hosting
Tips Untuk Pindah Hosting


Setiap server hosting pasti mempunyai kelebihan dan kelemahan masing masing, selain dari performa servernya, support dari custumer service juga mempengaruhi baik tidak nya citra suatu penyedia hosting tersebut. Tapi ada kalanya kita hendak pindah ke hosting lain entah itu karena server yang sering down atau pun karena pelayanannya yang kurang memuaskan.(Tips Untuk Pindah Hosting)

Kali ini saya akan jabar kan tips untuk pindah hosting agar bagi sobat yang ingin pindah hosting tidak kebigungan.

1. Backup Data : Berdasarkan pengalaman saya pribadi, untuk pindah hosting yang paling penting adalah membackup semua data website yang ada di hosting tersebut. Baik itu database data email dan lainnya. Pada umum nya setiap hosting yang menggunakan cpanel ada fitur untuk full backup nya.jadi tidak perlu backup file website satu per satu.(Tips Untuk Pindah Hosting)

Jika dalam masa tenggang hosting akan segera habis, lakukan backup 1 atau 2 minggu sebelum hosting atau domain tersebut expired

2. Pendaftaran ke Hosting Baru : Cari lah hosting yang lebih baik dari sebelum nya, pilih paket sesuai kebutuhan website anda. Selain ukuran file-file HTML dan gambar itu sendiri, perlu dihitung juga ukuran mailbox-mailbox email, database, dan file-file log (jika log memang ingin dipindahkan). Ada beberapa tempat hosting yang menghitung file-file log (yang ukurannya dapat cukup besar) ke dalam quota, jadi bisa saja sewaktu Anda pindahkan ke tempat hosting baru file-file menjadi tidak muat meskipun ukuran paket/quota sama. (Tips Untuk Pindah Hosting)

Yang perlu diperhatikan lagi tentunya membereskan semua urusan administrasi agar account baru Anda tidak terdisable lagi dalam waktu singkat (sehingga menyebabkan dua kali downtime, yang dapat membuat kesal pengunjung Anda).

3. Upload data website ke hosting baru : Langkah berikutnya, setelah Anda memperoleh akses account di tempat baru, adalah mengupload website Anda atau memindahkan isi website Anda dari tempat lama ke tempat baru. Lalu menyesuaikan skrip-skrip yang ada jika perlu, agar semua berjalan lancar di tempat baru. Lalu membuat account-account email seperti support@, info@, dsb. Dan tak lupa juga membuat database dan mengisinya dengan isi dari tempat lama. Intinya, kita membuat segala sesuatu berjalan dulu di tempat baru. Pada umumnya tempat hosting baru akan menyediakan URL sementara yang bisa Anda pakai untuk melihat website Anda tanpa harus menggunakan alamat aslinya. (Tips Untuk Pindah Hosting)

Beberapa hal yang perlu disesuaikan atau diperhatikan antara lain: perbedaan path antara server lama dan server baru, perbedaan versi software seperti Perl dan PHP, belum terinstalnya modul-modul Perl atau librari lain yang dibutuhkan, perbedaan timezone di server, dsb.

4. Pergantian NS : Pada umumnya hal ini dilakukan oleh Anda sendiri (atau bisa juga Anda meminta bantuan kepada tempat hosting lama). Dan yang perlu dimengerti adalah bahwa proses ini membutuhkan waktu hingga maksimum 48 jam hingga sepenuhnya berefek (dan untuk domain *.id bisa lebih lama lagi, karena adanya proses manual/batasan hari kerja). (Tips Untuk Pindah Hosting)

Contohnya: seorang pengunjung mengakses website Anda, yang masih mengarah ke tempat hosting lama. Lalu Anda melakukan pergantian NS. Namun pengunjung ini baru bisa melihat bahwa NS berubah hingga maksimum 48 jam lamanya, yaitu sampai software resolver DNS di ISP-nya merefresh cache-nya. Cache DNS ini tidak ada hubungannya dengan cache browser melainkan cache DNS, jadi meskipun pengunjung Anda menekan refresh/reload di browsernya, tetap saja dia akan melihat lokasi lama.(Tips Untuk Pindah Hosting)

Untuk pindah ke hosting baru yang pasti memerlukan waktu dengan hitungan hari bukan hitungan jam.karena perencanaan yang baik akan menghasilkan perpindahan yang baik pula,tidak tergesa gesa dalam pemilihan hosting. Dan di tempat hosting yang baru juga dapat mensuport anda dalam pemindahan tersebut.(Tips Untuk Pindah Hosting)

Sekian dari saya, semoga informasi nya bermanfaat.
Dikutip dari [URL="http://www.urbandistro.com/tips-untuk-pindah-hosting/"]L]

Tips Untuk Pindah Hosting
0
1.5K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan