indooversightAvatar border
TS
indooversight
Kapolri: Beras yang Disegel Produksinya Disubsidi
Kapolri: Beras yang Disegel Produksinya Disubsidi
25/07/2017 18:25

Sumber


JAKARTA – Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian mengatakan beras yang disegel oleh Satgas Pangan di pabrik beras PT Indo Beras Unggul, Kedungwaringin, Bekasi pada Kamis (20/7), diduga memiliki proses produksi yang disubsidi oleh pemerintah.

“Hal yang dimaksud subsidi adalah sektor produksinya yang disubsidi, pupuknya disubsidi, benihnya disubsidi,” jelas Kapolri ditemui di Istana Merdeka Jakarta pada Selasa, usai menghadiri upacara Prasetya Perwira TNI-Polri 2017.

Proses produksi yang disubsidi bertujuan agar harga penjualan gabah dari petani tidak terlalu tinggi yang berpotensi berpengaruh kepada harga ke konsumen. Tito mengatakan beras yang disegel bukanlah beras untuk rastra dari Bulog.

“Kemudian yang kedua kami melihat adanya potensi pelanggaran UU konsumen. Berdasarkan hasil lab, ada dugaan penyimpangan tidak sesuai dengan produknya sebagai beras premium,” tambah Tito, menjelaskan dugaan lain dalam kasus tersebut.

Satgas Pangan telah melakukan pengamatan kepada PT Indo Beras Unggul selama sekitar 1 bulan. “Kita relatif cukup liberal, tapi intervensi, pengawasan pemerintah juga tidak bisa dilepaskan untuk merespon penyimpangan, penimbunan, dugaan pelanggaran perlindungan konsumen. Kami akan tegakkan hukum,” jelas Tito terkait mekanisme pasar komoditas beras. (ryu/ant)
0
3.4K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan