Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mbiaAvatar border
TS
mbia
Madrasah Depok Harumkan Indonesia di Kompetisi Robot Dunia
Jakarta - Masih ingat dengan tim robotik asal Madrasah Aliyah TechnoNatura Depok? Tim yang membuat robot untuk ajang FIRST Global Challenge Olympic Robot Competition 2017 berhasil mengharumkan nama Indonesia.

Mengusung nama 'Indonesia Robotic Team', TechnoNatura berhasil meraih medali perak. Kompetisi robot ini diikuti sekitar 160 negara sehingga persaingan untuk juara tidaklah mudah.

Melalui robot yang dinamakan WowWi, TechnoNatura yang menjadi perwakilan Indonesia untuk kategori SMA di ajang tersebut, berhasil menarik perhatian juri dalam kompetisi bertema 'Solusi Akses Air Bersih'.

"Alhamdulillah, kita dapat medali perak untuk kategori robot paling inovatif," ujar Kepala Madrasah Aliyah TechnoNatura, Rustamaji melalui pesan singkatnya kepada detikINET. 

Sampai saat ini, Indonesia Roboctic Team masih berada di Amerika Serikat (AS) karena baru saja merampungkan kompetisi FIRST Global terhitung sejak 16-18 Juli.

Untuk menjadi juara, semua robot yang berkompetisi di FIRST Global harus bisa memilah air bersih dan kotor, kemampuan itu disimulasikan lewat dua bola beda warna. Warna biru untuk air bersih dan bola warna orange sebagai air tercemar.

WowWi memiliki tujuh tugas. Pertama, Robot Explorer untuk menjelajahi lapangan dengan menggunakan semua roda. Kedua, Ball Collector, mengumpulkan semua bola warna biru dan orange masuk ke dalam robot. Ketiga, Ball Lifter untuk mengangkat bola ke atas.

Lalu yang keempat, Ball Identificator berfungsi untuk mengidentifikasi warna bola. Kelima, Separtor bertugas memisahkan warna bola biru atau orange. 

Keenam, Depositor untuk menembak bola ke wadah yang sesuai untuk masing-masing warna. Dan terakhir, Robot Lifter untuk mengangkat tubuh robot dari tanah untuk menghindari banjir.

Di kesempatan yang sama, salah satu anggota tim Hisham Wahono mengungkapkan, WowWi ada dua fitur spesial. Pertama, Smart Robot Locator, menggunakan Inertia Measurement Unit (IMU) pada hun dan Encoder pada motor.

"Sehingga pergerakan robot dapat dihitung dan posisi X, Y dapat didefinisikan," ucap bocah 14 tahun itu ketika berkunjung ke kantor Detikcom, beberapa waktu lalu.

Kedua, Smart Robot Targeting yang menggunakan IMU juga pada hun dan Encoder pada motor untuk dapat mengarahkan robot dapat menembakan bola ke tepat sasaran.

https://m.detik.com/inet/cyberlife/d-3568256/madrasah-depok-harumkan-indonesia-di-kompetisi-robot-dunia

Yg kaya gini layak di apresiasi
0
1.1K
17
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan