Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

seher.kenaAvatar border
TS
seher.kena
Babi, Anjing, Tikus, Ular Piton, Tetap Jadi Menu Andalan di Pengucapan Syukur Minahas
Babi, Anjing, Tikus, Ular Piton, Tetap Jadi Menu Andalan di Pengucapan Syukur Minahas
TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Mengundang, menyapa dan menjamu tamu tanpa membeda-bedakan.

Itulah pengucapan syukur yang setiap tahun diadakan di tanah Minahasa.

Pengucapan syukur merupakan tradisi gereja yang mengajak umat Kristiani untuk mengucap syukur akan berkat yang diberikan oleh Tuhan.

Namun, tradisi pengucapan ini berubah menjadi tradisi mensyukuri berkat dengan menyedikan makanan lebih.

Bahkan cenderung ke pesta pora. Hal inilah yang terus berlangsung setiap tahun.

Setelah sebelumnya di Kabupaten Mitra dan Minsel. Hari ini, warga Minahasa yang menggelar pengucapan. Persiapan mulai disiapkan sejak seminggu terakhir.

Di Pasar Tondano misalnya menjelang pengucapan banyak pedagang musiman. Termasuk pedagang yangmenjual menuekstrim. Misalnya tikus ekor putih, kucing, ular Patola, Paniki (Kelelawar) dan lainnya.

Tak ketinggalan pedagang daging babi, daging anjing, babi hutan, sayur pangi dan lainnya. Bambu untuk memasak daging juga laku keras, serta bumbu dapur lainnya juga diserbu warga.

Harga menu-menu inipun melonjak drastis. Kucing Rp 100 ribu per ekor, daging babi 50 ribu per kilo dan anjing dijual sekitar Rp 300 ribu per ekor atau 35 ribu per kilogram.

"Lumayan banyak yang datang membeli, meski di sini banyak yang jualan," ujar Adri Rambitan.

Ia mengatakan, warga yang membeli daging babi cukup bervariasi antara satu hingga sepuluh kilogram."Paling banyak satu kilo. Kami jualan bisa sampai malam hari," ujarnya.

Dia mengaku setiap pengucapan syukuranggaran yang dikeluarkan warga besar."Kalau saya biasanya Rp 5 juta lebih habis," ujarnya.

Lantaran berbagai macam masakan disiapkan untuk menjamu tamu, mulai dari daging babi, daging anjing, ikan dan masakan lainnya.

"Soalnya kan banyak sekali yang datang yaitu teman atau saudara, jadi setiap tamu yang datang ya kita harus layani dengan baik," ujarnya.

Senada diutarakan Fentje engasr, warga Marawas mengatakan, biasanya untuk masakan dari daging babi bisa menghabiskan hingga 15 kilogram.

"Baru daging babi itu, belum masakan yang lainnya," jelas dia.

Tampak juga Wempi Sumampow-Manengkey, warga Tataaran sedang asyik membakar panganan nasi jaha dan daging babi masak bambu untuk pengucapan besok.

"Iya ini sementara persiapan, bikin nasi jaga dan daging babi, juga sayur pangi, dari tadi pagi kita kerjakan," jelasnya.

Menu lainnya yang disiapkan yakni, nasi bulu, dodol dan lainnya. Warga lainnya yang ikut bersiap untuk mengucapan syukur Keluarga Maramis-Django di Desa Ranomerut, Kecamatan Eris.

Mereka menyiapkan menu wajib yakni nasi jaha, dodol, dan aneka kue lainnya.

"Dodol dan nasi jaha tetap menjadi menuwajib setiap merayakan Pengucapan Syukur," kata Adince.

Adince mengaku mengeluarkan dana Rp 3,5 juta untuk mengucapan syukur. Rincian antara lain ikan dan daging Rp 1 juta, makanan pembuka Rp 500 ribu, Buah, puding, kue Rp 800 ribu, Minuman Rp 700 ribu dan biaya lainnya Rp 500 ribu. (alpen/maickel)

http://manado.tribunnews.com/2017/07/23/babi-anjing-tikus-ular-piton-tetap-jadi-menu-andalan-di-pengucapan-syukur-minahasa?page=2

Ada yg sudah pernah coba semua
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
8.1K
92
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan