Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

petapagunungAvatar border
TS
petapagunung
GAME THEORY (strategi mendapatkan pacar kyk wakarin!!)
petapa turun gunung untuk menyebarkan wangsit... eng ing eng.... jreng jreng

Part 1
Di tahun 2004, file a beautiful mind dirilis, bagi agan sista yang masuk kuliah tahun 2000an pasti tahun dong. Alkisah film ini menceritakan seorang ilmuwan mamarica bernama John Nash (almarhum lebih tepatnya, meninggal tahun 2015 di NJ, mamarica. Ilmuwan yang menerima hadiah nobel untuk kontribusinya di bidang ekonomi dan sains pada tahun 1994 yakni membuat konsep penting dalam teori non-kompetitif game, beberapa papernya bisa dilihat disini

UNDUH PAPER - john nash

Di film ini diceritakan bagaimana pulak saat muda dulu john berjuang melawan penyakit jiwanya (walaupun agak dilebay kan sedikit difilm itu) yang mencengkram. Berhubungan kadang saking jeniusnya orang mungkin bikin otak jadi gampang error (wkwk). Namun, film itu sukses menyedot dan menginspirasi jutaan penonton. Salah satunya ane.


john nash asli


john nash palsu

Kenapa teori permainan atau game theory dianggap penting oleh khalayak. Karena dengan formulasi pemahaman konsepnya dia, membantu perusahaan atau negara untuk melihat secara jelas hubungan-hubungan mereka dengan sesamanya, dan lebih lanjut berguna buat entitas ini untuk mengambil kebijakan terbaik untuk keberlangsungan hidup. Serta kegunaan lain adalah game theory ini memungkinkan untuk agan agan sista sista untuk memprediksi aksi dan reaksi dari gebetan kita saat lagi PDKT?? Atau saat agan sista lagi bersaing memperebutkan si dia (sebagaimana difilm digambarkan).

Lho serius gan… ???

Tentu gan. Asalkan agan bisa memformulasikan masalah percintaan agan ke bentuk matematis dan memformulasikan ke sederat pilihan pilihan utk agan analisis. Syarat elmu ini bisa diterapkan adalah musti ada lawan bermain. artinya ini bukan elmu buat syarat-syarat awal buat nyari pacar,. Pake baju, dandan dulu, minjem motor temen, ngajak nonton dll. Tapi ini adalah cara, bagaimana agan dan sista dengan didukung teman atau saingan memanfaatkan situasi atau kondisi terbaik buat mendapatkan stategi dan taktik terbaik buat jadian ma si dia,. Lebih lebih kimpoin si dia.
Selain urusan diatas, teori ini juga bisa digunakan untuk menentukan harga jual produk terbaik ol shop sista di pasaran terhadap barang-barang yang dijual juga.

Ane udah baca papernya dan ga ngerti ?? gmana mulainya?

Ditiap awal pelajaran game theory alias teori permainan 101. Biasanya konsep ini awalnya dijelaskan lewat penggambaran dilemma narapidana (prisoner dilemma)

Yakni, contoh gambarannya begini gan.



Alkisah, si neng s dan mang h adalah penipu kambuhan.




Mereka berdua dicari cari sama para korbannya karena menggelapkan dana. Dan akhirnya dilaporkan ke polisi.



Sampailah setelah pencarian melalui unit d3nsus 69, keduanya ditangkap dan diinterogasi pak polisi



masalahnya dengan bukti-bukti yang ada polisi belum bisa memperkarakan mereka ke meja hijau. Akhirnya pak polisi pakai game theory untuk menyelesaikan masalah ini



Untuk membantu proses interogasi. Neng s dan mang h ditempatkan dinterogasi diruang terpisah. Dan dilakukan cara mendapatkan pengakuan yang berbeda



Pertama si neng s dan mang h diberikan pilihan, kalo neng s atau mang h bersaksi pasangannya benar bersalah, maka yang bersaksi dibebaskan, pak polisi ngasi keringanan hukuman. Tapi dengan begitu si pasangannya, terancam hukuman 3 tahun penjara. sama halnya dengan Kalo neng s atau mang h mengakui kalo dirinyalah yang bertanggung jawab dan mbelain pasangannya, pak polisi juga bisa nuntut hukuman 3 tahun dan lawan pasangannya dibebaskan..



Kalao neng s dan mang h memilih diam tidak berkomentar karena yakin cinta tak-an memisahkan kita, maka polisi Cuma bisa nuntut masing masing hukuman 1 tahun. Dan kondisi ini yang sering dimanfaatkan pasangan penipu buat lolos dari hukuman bertahun-tahun. Lain cerita kalo ini pasangan maho rampok motor. Apalagi baru ketemu buat beraksi. Kondisi dibawah sering terjadi



dua-duanya saling berkhianat,.. noh pak si s yang nyuruh saya?! Atau pak saya ga salah saya disuruh mang h buat begini. Maka pak polisi punya dalih untuk ngasi tuntutan penjara 2 tahun ke masing-masing pelaku.



inilah yang kita sebut formulasi masalahnya, kalo scenario barusan kita jabarkan dalam bentuk peta. Dan score berdasarkan total tuntutan hukuman. sebagaimana agan liat diatas ini.

analisisnya, Klo dua orang itu milih diam dan yakin pasangannya tidak akan mengkhianati cinta mereka, maka total maksimum hukuman penjaranya Cuma dua tahun. Inilah yang paling dicari komplotan penjahat klo ketangkep buat lolos ringan.



Kalo salah satunya berkhianat, maka kondisi ini Cuma menguntungkan salah satu aja, neng s atau mang h. dan pak polisi tetep bisa menghukum salah satu dari mereka seberat-beratnya.
Kalua dua-duanya saling ngakuin kesalahan pasangannya,. Maka kondisi inilah yang paling merugikan si penjahat. Dan pak polisi dengan mudah, meringkus mereka.


melihat penggambaran diatas, pak polisi bisa menentukan taktik psikologis terbaik buat dapat pengakuan dengan melihat dari perspektif pertimbangan si penjahat dan hubungan ke pasangannya.
Mulai dari contoh sederhana itu agan bisa mulai paham kalo teori permainan ini, bisa diterapkan untuk drama, situasi atau kondisi tertentu. Makanya teori permainan secara lebih dalam punya cabang-cabang ilmu lagi. Sebut saja kompetitif market, situasi negosiasi, dan lain lain.
Dengan asumsi, bahwa si pelaku Cuma memikirkan nasibnya sendiri dan lebih mementingkan dirinya dibanding yang lain (rational actor). Ini yang kadang sulit diterapkan ke dunia nyata, dimana aspek seperti cinta, kasih saying, nafsu, kedekatan sulit dikuantifikasi secara jelas.


Teori permainan berkembang pesat di jaman-jaman perang dunia dan perang dingin, dimana negara-negara menggunakan ini untuk menimbang kebijakan luar negeri terbaik dalam berhadapan dengan negara lain, dalam teater perang, untuk memprediksi tindakan para jenderal-jenderal di medan perang serta urusan diplomatic bilateral.

Sekarang dengan contoh sederhana diatas, coba deh terapkan ke hubungan agan dengan teman, guru, pacar dan lain lain.. kalo bisa itu juga.. wkwk

moga bermanfaat
Bersambung..
Diubah oleh petapagunung 21-07-2017 09:19
0
3.4K
20
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan