p0congkaskusAvatar border
TS
p0congkaskus
Pengamat: Presiden Jokowi Tugaskan Luhut Ambil Alih Golkar
Pengamat: Presiden Jokowi Tugaskan Luhut Ambil Alih Golkar



RILIS.ID, Jakarta— Pengamat politik Universitas Airlangga (Unair) Airlangga Pribadi memprediksi Presiden Joko Widodo akan menugaskan Luhut Binsar Panjaitan untuk mengambil alih Partai Golkar dari Setya Novanto.

Pasalnya, jika dibiarkan dipimpin Setnov sapaan akrab Setya Novanto, maka posisi Golkar akan terpuruk dan tidak menguntungkan bagi Jokowi untuk mencalonkan diri jadi Capres 2019.

"Presiden kemungkinan akan menugaskan LBP (Luhut Binsar Pandjaitan) untuk mengintervensi Partai Golkar, posisi LBP juga kuat," kata Airlangga, Kamis (20/7/2017).

Menurut dia, jika Luhut yang juga menjabat Menko Maritim sudah bergerak untuk menggalang dukungan di Munaslub, maka loyalis Setnov pasti berfikir ulang untuk mempertahankan Setya Novanto.

"Bisa jadi, mereka justru akan mendukung LBP yang merupakan representasi dari pemerintah. Kalau seperti itu maka suara kader akan terserap ke LBP," tambahnya.

Dijelaskan Airlangga, suksesi kepemimpinan di Golkar memang akan bergantung kesepakatan para elitnya. Pasalnya, Golkar terdiri beberapa faksi yang punya jaringan dari pusat hingga daerah.

"Itu tergantung dengan konsesi para elitnya. LBP kuat, terus Akom dan Bang Akbar kuat dan ada Aburizal yang juga punya pengaruh," pungkasnya.

sumber : http://rilis.id/pengamat-presiden-jo...ih-golkar.html
0
3.4K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan