davis166Avatar border
TS
davis166
Kupas Tuntas Perppu Ormas 2/17, Biar Agan Paham Nih!


Belakangan ini lagi heboh soal Perppu Ormas Gan. Senin kemarin tanggal 10 Juli Presiden Joko Widodo baru aja menandatangani Peraturan Pemerintah yang mengganti Undang-Undang (Perppu) Ormas no 2 tahun 2017. Reaksinya macem-macem, ada yang mendukung, ada juga yang ngga. Btw, bedanya apa sih gan Perppu Ormas 2/17 ini dengan aturan yang udah ada? Ane coba kupas tuntas ya emoticon-Big Grin

Ormas itu Apaan?



Organisasi Kemasyarakatan (ormas) adalah organisasi yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan. Tujuan ormas tuh apa ya? Nah, tujuannya untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesiayang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Sesuai pengertian dan fungsinya, Ormas itu wadah untuk masyarakat bisa ikutan mendukung pembangunan NKRI. Jadi kalau ada ormas yang meresahkan, so pasti udah melenceng dari tujuan pembetukkan ormas itu sendiri Gan. Tapiii, gak semua Ormas kayak gitu kok, banyak Ormas yang berjalan sesuai fungsinya dan ngasih kontribusi buat Negara.

Kenapa Sih Aturan Mengenai Ormas Perlu Diganti?

Ormas di Indonesia jumlahnya banyak juga Gan, ada 344.039. Ormas ini kan sebenarnya aset negara, kalo berjalan sesuai fungsinya, bakal banyak banget manfaatnya buat negara. Ketentuan untuk ormas juga udah ada dari lama, tapi emang belum cukup mengatur perkembangan ormas di zaman sekarang. Semacam kurang greget gitu sanksinya Gan, karena masih banyak ormas yang bandel nih.

Sekarang ini banyak ormas yang ternyata di dalam aktivitasnya ngembangin ideologi dan ajaran yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945. Ini yang bahaya Gan! Yang kayak gini-gini bisa mengancam persatuan dan kesatuan bangsa loh. Apalagi sekarang ideologi yang bertentangan ini penyebarannya cepet banget di berbagai kalangan. Dapet salam dari media sosial. Belum lagi munculnya penolakan atas ideologi ini bisa-bisa malah bikin konflik. Makanya diterbitkanlah Perppu Ormas 2/17 untuk mengatur hal-hal yang belum diatur dalam UU yang sudah ada.

Terus Bedanya Perppu Ormas no. 2 tahun 2017 Apa?



Perppu Ormas 2/17 dibuat sebagai pengganti UU No 17 tahun 2013 tentang Organisasi Massa.

Intinya beberapa poin yang direvisi itu adalah:

  1. Larangan ormas yang bertentangan dengan pancasila gak terbatas pada ormas yang menganut faham ateisme, komunisme/marxisme – leninisme aja, tapi juga faham-faham lain yang bertentangan dengan pancasila dan UUD1945.
  2. Ormas yang melanggar ketentuan bisa kena sanksi administratif , mulai dari peringatan tertulis, penghentian kegiatan, dan/atau pencabutan surat keterangan terdaftar atau pencabutan status badan hukum. Nah loh…
  3. Adanya penambahan ketentuan sanksi pidana bagi ormas yang melanggar
  4. Penerapan azas contrarius actus. Jadi pemerintah yang berwenang menerbitkan ijin terhadap ormas juga gak bisa langsung mencabut ijin yang dikeluarkan, tapi harus melalui mekanisme peradilan. Kalau kayak gini, posisi pemerintah sama ormas jadi berimbang.


Kalau dilihat dari poin revisinya sih, pemerintah juga gak mungkin bisa sewenang-wenang bubarin ormas gitu aja. Malahan kalau ada pihak yang keberatan sama si Perppu Ormas ini, mereka bisa kok melakukan uji materi. Oiya, Perppu ini juga berlaku buat semua ormas kok Gan, bukan HTI doang. Jadi jangan baper.

Karena semuanya jadi lebih diatur, tenang aja, kegiatan keormasan juga tetap bisa berjalan kayak biasa kok. Ormas-ormas ini bisa tetap bebas berekspresi. Kan udah diatur UUD ‘45. Perppu ini juga malahan bisa jadi solusi untuk keamanan dan persatuan bangsa Indonesia tercinta. Jadi si bibit-bibit radikalisme itu juga bisa lebih dicegah.

Pokoknya inget Gan, intinya Perppu ini bukan Perppu pembubaran ormas, tujuannya biar kita semua hidup damai teratur berbangsa dan bernegara.

Gimana menurut Agan Perppu ini? Karena isunya sensitif, menurut ane, pemerintah kayak Kominfo gitu punya peran yang penting banget nih untuk sebar info-info yang tepat dan jelas. Biar pada gak kemakan hoax. Jangan jadi sensitif karena kurang aktif ya Gan, cari informasi yang akurat biar gak sesat. Kalau ane lagi demen mantengin trit Indonesia Updatenih. Pas banget banyak info soal Perppu Ormas ini juga.

Gak mau dong kita yang udah Bhineka Tunggal Ika ini jadi terpecah karena paham-paham yang bertentangan?



Salam damai untuk NKRI!


sumber
0
29.1K
244
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan