Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gembrenxAvatar border
TS
gembrenx
5 Mainan Populer Tapi Berbahaya Bagi Anak
Bermain bisa dikatakan menjadi salah satu cara buat anak-anak bisa mengembangkan diri dan belajar tentang dunia sekitarnya. Tapi ini bukan berarti anak bebas bermain apa pun dong Gan. Sebagai orangtua, ente juga harus pandai memilah dan memastikan mainan yang biasa anak-anak agan mainkan tidak justru berbalik membahayakan si anak. Seperti 8 bentuk mainan populer ini nih. Meski populer, 6 mainan ini juga berbahaya jika dimainkan oleh anak-anak.

Mainan berbaling-baling




Perhatikan mainan berbaling-baling pilihan agan untuk si kecil. Awas Gan! Mainan dengan baling-baling sebenarnya diperuntukan untuk remaja. Anak yang masih kecil tidak bisa menggunakan mainan jenis ini dengan benar dan hati-hati. Jika masih ingin memberikan mainan ini untuk anak Agan, maka pilihlah baling-baling yang terbuat dari plastik yang lembut agar anak bisa terhindar dari luka goresan saat bermain.

Mainan berbaterai



Mainan-mainan terutama yang menggunakan baterai juga harus secara hati-hati dipantau penggunaannya Gan. Anak kecil punya rasa ingin tahu yang tinggi. Bentuk baterai, terutama baterai-baterai kecil yang bagi anak kecil menyerupai permen bisa memancing si anak ingin merasakannya. Ukuran dan bentuk yang kecil inilah yang kemudian membuat baterai memiliki resiko untuk tertelan. Itu sebabnya perhatikan pilihan mainan yang menggunakan baterai Gan. Carilah mainan di mana baterai dilindungi dengan panel plastik yang kuat dan dilengkapi dengan sekrup sehingga tidak mudah dikeluarkan anak kecil.

Mainan tembak-tembakan



Memberikan pistol mainan yah boleh-boleh aja Gan. Tapi tau gak kalau anak-anak seringkali mengabaikan jarak dan keamanan ketika memainkan senjata mainan. Akibatnya, mainan senjata yang mungkin berisi air atau bola-bola kecil bisa menyebabkan luka terutama pada wajah dan mata. Alangkah lebih baik untuk menghindari mainan jenis ini, tapi jika ingin memberikan sejata mainan perhatikan betul mainan tersebut gan. Pilih yang tidak membahayakan bagi anak, dan kalau perlu Agan mungkin bisa memilih mainan tembak-tembakan yang dilengkapi dengan kacamata pelindung.

Mainan magnet-magnetan



Mainan magnet ini seringkali diberi label untuk usia 3 tahun plus. Tapi tau gak kalau mainan jenis ini seharusnya diperuntukan untuk remaja berusia lebih tua dari 14 tahun. Mainan magnet terutama dengan ukuran yang kecil bisa gampang tertelan oleh anak. JIka ingin memberikan mainan jenis ini carilah magnet yang sudah tertutup oleh penutup plastik yang lebih kuat dan aman.

Balon



Suara balon yang pecah bisa menakuti anak dan bahkan bisa bikin anak tuli Gan. Selain itu pada anak yang berusia kecil seperti balita dan bayi bisa tidak sengaja menelan bagian pecahan dari balon dan bisa membuat mereka tersedak. Itu sebabnya penggunaan balon pada sebuah event anak dianjurkan untuk anak-anak yang sudah berusia lebih dari 8 tahun. Selain itu jika ingin membeli balon jangan lakukan secara asal Gan. PIlih balon dengan kualitas baik. Misalnya balon yang tidak memiliki bau yang kuat.

Fidget spinner




Seperti yang sudah dibahas di banyak artikel, mainan ini terbilang juga cukup berbahaya gan. Bagian dari fidget spinner bisa terlepas saat berputar dan membuat anak terluka. Belum lagi ada kasus anak-anak yang menelan mainan ini. Selain itu, mainan ini disebut-sebut bisa mengurangi konsentrasi anak saat belajar. Itu sebabnya beberapa negara di AS melarang penggunaan mainan ini di sekolah.

Tuh Gan. Udah tau mana yang berbahaya bagi anak kan? Karena itu jangan lupa untuk mempertimbangkan kemananan dari mainan yang ente beri ke anak. Gak cuma pilihan mainan yang harus dipertimbangkan, penggunaannya pun akan lebih aman jika disertai pengawasan langsung dari orang tua. emoticon-Blue Guy Peace
sumuur
Diubah oleh gembrenx 14-07-2017 10:20
0
28.8K
172
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan