pedoraAvatar border
TS
pedora
Keluhan dan Saran Kode OTP Tokopedia yang Sangat Merepotkan
Selamat siang.

Tidak ada aplikasi yang sempurna di dunia ini karena aplikasi diciptakan oleh manusia yang tak luput dari salah


Buat agan-agan yang komentar dimari baca baik-baik dan kalau perlu berkali-kali ya soalnya ada yang gagal fokus sama tulisan ane. Jangan pakai emosi nanti cepet tua emoticon-Big Grin


Saya cukup sering berbelanja beragam barang (seperti voucher, pulsa,tiket kereta, baju,perlengkapan rumah tangga) di Tokopedia karena secara sistem sangat bagus dengan notifikasi transakasi yang jelas. Sayapun memiliki saldo di situs ini meskipun jumlahnya tak seberapa. Sayangnya, kemarin ketika akan berbelanja kembali tidak bisa login (masuk) ke akun karena terkendala kode OTP yang dikirim ke hp padahal nomor hp saya yang terdaftar itu sudah hangus. Akhirnya saya mengajukan email keluhan di CS dan dijawab apabila ingin reset harus mengirim scan KTP dan halaman pertama buku tabungan. Merasa sangat tidak puas dengan jawaban itu (saya tidak percaya dengan embel-embel "menjamin keamanan data" apalagi data yang dikirim data manual ) sayapun googling dan mencari solusi lain. Sayangnya, banyak sekali user Tokopedia yang mengalami hal yang sama seperti saya dan tidak ada solusi lain untuk mengembalikan akun selain pasrah mengirim data KTP dan halaman pertama buku tabungan atau membiarkan uang saldo pergi begitu saja.

Spoiler for bukti balasan email:


Penerapan kode OTP ini mungkin awalnya untuk validasi dan keamanan penggunanya. Namun sayangnya sepertinya pihak tokopedia masih mempunyai celah yaitu mengesampingkan kenyamanan user dengan segala macam keribetan validasinya atau mungkin ada maksud lain dari pihak sana yang tidak akan dipublikasikan . Saya tidak tahu bagaimana aplikasi ini dirancang dalam segi keamanan. Pengguna utama aplikasi ini adalah buyer dan seller. Kalau 2 pihak itu sudah enggan melakukan transaksi dan perlahan ditinggalkan user akan menjadi boomerang bagi tokopedia. Apalagi sekarang pengguna tokopedia makin banyak. Tolong dalam membuat fitur dipikirkan matang-matang atau perlu pergunakan tester yang mumpuni sebelum dirilis. Sudah banyak user yang dirugikan karena keribetan validasi ini.

Cukup sekian surat pembaca dari saya. Ada follow up maupun tidak nantinya saya sudah cukup puas menulis uneg-uneg dan saran di sini. Syukur-syukur kalau pihak tokopedia membaca dan bisa mempertimbangkan saran dan masukan yang ada karena ini kasus yang sekian.

Kalau momod mau nutup thread ini karena udah mulai panas gpp ditutup aja mod.

Diubah oleh pedora 09-11-2016 11:38
0
26.2K
96
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan