abee.Avatar border
TS
abee.
Bukan hanya Ibu, tanggung jawab Ayah dalam keluarga ini pun bikin kita kagum, Gan!
Welcome to my thread!
emoticon-Kaskus Bangetemoticon-Kaskus Banget emoticon-Kaskus Banget



Kalau ngomongin soal orang tua, ane suka terharu. Terharu karena ternyata orang tua kita selama ini banyak banget kasih banyak hal untuk anak-anaknya. Terlebih sekarang setelah ane sendiri jadi seorang Ayah. Terasa banget apa yang dulu orang tua ane lakuin dan ane pun banyak meniru itu. Marahin anak karena sayang.

Kalau selama ini di Indonesia yang populer itu hari Ibu, sebenernya ada di Negara lain udah ada hari Ayah. Hari Ayah sendiri belum terlalu populer. Ayah adalah sosok pria yang memiliki kedudukan khusus di dalam sebuah keluarga. Ia gak hanya sekedar bertugas mencari nafkah aja, Ayah jadi sosok yang berperan penting dalam pendidikan anak-anaknya.

Menjadi seorang ayah adalah kebanggaan bagi setiap pria dan sebuah anugrah yang tak terkira harganya. Kebahagiaan dalam hidup akan semakin lengkap dengan status baru menjadi seorang ayah untuk anak-anaknya. Tapi untuk ane sendiri, sebelum anak lahir, ada ketakutan tersendiri. Apakah nantinya kita akan jadi ayah yang baik? Bagaimana cara menjadi ayah yang baik? Tanggung jawab apa aja yang dilakukan Ayah ane untuk anak-anaknya?

Ane mau coba jabarin beberapa hal yang ane rasakan tentang tanggung jawab seorang ayah untuk anaknya. Apa aja? Cekidot, gan.

1. Pemimpin
Menjadi seorang ayah bakal selalu identik dengan kepemmpinan dalam keluarga. Ayah gak segan ambil keputusan, ayah juga jadi sosok pemimpin yang inspiratif buat ane. Sosok ayah akan selalu ada dan bertugas sebagai pemimpin, yang memimpin keluarganya agar mampu menjalani sebuah tantangan hidup berumah tangga.



2. Pelindung
Ayah bisa jadi orang yang melindungi keluarganya. Simpelnya ketika kakak perempuan ane pacaran, pacarnya disuruh menghadap dia baru kakak ane boleh pergi sama pacarnya. Atau ketika ane sakit, Ia juga selalu sigap. Meski ayah gak punya uang banyak, tapi ternyata dia udah siapin asuransi buat anak-anaknya, padahal waktu itu ane lagi kuliah dan beda kota. Tapi ternyata ayah udah siapin ane asurasni cigna yang bisa dipake di 700 rumah sakit di Indonesia.



3. Memberi Teladan
Selain Ibu, ayah merupakan role model karakter yang menjadi panutan anak-anaknya. Ayah gak banyak ngomong, tapi ayah kasih contoh. Mungkin dia kasih sekali atau duakali nasehat ke anaknya, tapi itu pun setelah ia terus menerus memberi contoh yang baik.



4. Motivator
Dalam keluarga ayah juga bisa berperan sebagai motivator. Mendorong anggota keluarga untuk terus semangat dalam bekerja, belajar, dan juga beribadah. Memberikan motivatasi anak agar tetap semangat, sesimpel nemenin ane jalan waktu ane gak keterima di kampus favorit dan sedih.



5. Memberi Perhatian
Bukan cuma ibu aja yang kasih segala kebutuhan anak-anaknya. Ayah juga punya peran yang penting dalam memberikan perhatian. Baik perhatian dari segi materi, pendidikan, kesehatan, agama, dan emosional. Ayah juga pintar dalam membagi kasih sayang dan perhatian, antara anak-anaknya dan ibu.



6. Pengajar
Ayah juga bisa menyesuaikan peran. Selain sebagai pemimpin dalam keluarga, Ayah juga mampu untuk menjadi pengajar bagi anak dan istrinya. Baik itu dari segi norma sosial, masyarakat, dan norma-norma agama.



7. Melatih Disiplin
Mengajarkan kedisiplinan dalam hidup di mulai dari rumah. Ayah adalah salah satu guru yang memerikan pelajaran tentang apa itu disiplin. Sesimpel ayah selalu nasehatin ane untuk disiplin bangun pagi, kalau gak bangun pagi, ayah bisa tega gak ngasih anak-anaknya uang jajan.



8. Pembimbing
Ayah mengarahkan anak agar tidak salah dalam bergaul dan menentukan tujuan hidup. Ayah gak melarang ane buat temenan sama siapapun, tapi ayah menunjukan bagaimana ayah berteman dengan semua orang. Mana yang bisa menjadi teman dekat, mana yang menjadi teman selewat. Begitupun saat anak-anaknya terpuruk di dalam kebingungan menentukan pilihan hidup, dia selalu Tanya, apa yang bisa ayah bantu? Atau kamu mau cerita sesuatu?



9. Mencari Nafkah
Kalau ini emang jadi hal yang sewajarnya. Ayah mencari nafkah untuk keluarganya. Ayah sosok yang hebat, dia bisa mengatur antara pekerjaannya dan keluarganya.



10. Sebagai Teman
Ayah juga bisa jadi teman buat anak-anaknya. Ia pandai berperan sebagai sahabat dan juga teman bagi anak dan istrinya. Ayah punya cara sendiri untuk bersenang-senang bersama keluarga.



11. Menyediakan Kebutuhan
Ayah selalu bisa memenuhi segala kebutuhan keluarga. Walaupun dia harus menjual barang berharganya. Saat ane butuh biaya buat kuliah, ayah menyediakannya.



13. Selalu Siaga
Ayah juga selalu siaga dalam kondisi dan situasi apapun, ketika keluarga tengah membutuhkan bantuannya. Entah itu di saat ia sedang sibuk dengan urusan kantornya, hingga urusannya sendiri, ayah harus rela untuk mengesampingkan itu semua dikala keluarga tengah dalam kondisi membutuhkan dirinya.



Ayah itu sosok inspiratif. Ia akan selalu memiliki kedudukan penting dalam segala hal pengambilan keputusan. Jika salah dalam mengambil peran dan keputusan dalam keluarga, maka peran ayah akan lekang terganti dengan sosok di luar daripadanya. Mungkin ane malu untuk bilang langsung ke ayah, bahwa dia sosok yang begitu menginspirasi untuk ane. Jadi ane menuliskan beberapa hal diatas.

Kalau agan gimana? Bagaimana sosok ayah di kehidupan agan?
Coba komen gan. Makasih
emoticon-Nyepi emoticon-Nyepi emoticon-Nyepi

0
5K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan