yukepodotcomAvatar border
TS
yukepodotcom
Mengapa Pria Cenderung Jadi Gemuk Setelah Menikah? Ini Penjelasannya
WELCOME TO YUKEPO OFFICIAL THREAD
emoticon-Ultahemoticon-Ultah emoticon-Ultah



Pernah perhatikan teman atau saudaramu yang sudah menikah? Rata-rata, pria akan bertambah berat badannya setelah menikah dan punya anak. Menurut sebuah penelitian, 7 dari 10 pria akan bertambah gemuk sebanyak kurang lebih 25 persen dari berat badan asli mereka setelah menikah. Mengapa hal ini terjadi? Apakah memang benar pernikahan menyebabkan penambahan berat badan?



Beberapa orang percaya bahwa penambahan berat badan ini dipengaruhi oleh rasa nyaman yang didapatkan setelah menikah. Karena pria merasa telah memiliki pasangan yang tetap dan tidak perlu berupaya demi mendapatkan perhatian perempuan lagi, maka pria cenderung tidak peduli lagi dengan berat badan dan bentuk badannya. Selain itu, pria yang sudah menikah jadi memiliki sosok yang memperhatikan asupan gizinya dan menyediakan makanan secara teratur.



Hal ini dibuktikan melalui sebuah studi yang diterbitkan di jurnal ilmiah Health and Psychology Journal. Studi ini meneliti 169 pasangan yang baru saja menikah. Dari penelitian ini, terbukti bahwa pasangan dengan tingkat kepuasan yang tinggi akan pernikahan mereka akan mengalami penambahan berat badan yang lebih drastis daripada pasangan yang merasa kurang puas akan pernikahan mereka.



Meski kenyamanan pria akan kondisi pernikahan mempengaruhi berat badan, namun ini bukanlah satu-satunya alasan mengapa pria jadi gemuk setelah menikah. Ternyata ada penjelasan biologis terkait fenomena unik ini. Pria yang sudah menikah dan memiliki anak akan mengalami peningkatan berat badan karena kehadiran seorang anak akan mengurangi level hormon testosterone dalam tubuhnya. Hormon testosterone ini adalah hormon yang bertanggung jawab atas sifat agresif dan libido pada pria. Namun selain penurunan hormon testosterone, ternyata pria juga mengalami kenaikan kadar hormone prolaktin yang akan mendorong sifat peduli dan senang merawat pada pria. Perubahan hormon ini menyebabkan tubuh pria menjadi lebih gemuk di samping rasa nyaman yang muncul pascamenikah.

Namun hal ini tidak berarti bahwa pria pasti bertambah berat badannya setelah menikah. Pria yang sudah menikah masih dapat menjaga berat badannya jika ia menghendaki. Seringkali pertambahan berat badan ini dimulai dari pola pikir yang salah yang mengasosiasikan berat badan dengan penampilan alih-alih kesehatan. Padahal menjaga berat badan agar tetap normal adalah sesuatu yang harusnya dilakukan untuk alasan kesehatan. Karena itu, sudah menikah maupun belum menikah, pola pikir yang salah ini perlu dibenahi. Sehingga bahkan setelah menikah pun kita tetap termotivasi untuk berolahraga secara rutin dan menjaga pola makan yang sehat agar dapat hidup sehat dan berumur lebih panjang.

Sumber dari Yukepo

Rate, comment, cendol appreciated emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
0
32.7K
273
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan