beritadetiksAvatar border
TS
beritadetiks
Obama: Toleransi Indonesia Jadi Contoh Bagi Negara Lain
Presiden AS ke-44 Barack Obama mengatakan, Indonesia telah menjadi contoh bagi negara-negara lainnya mengenai toleransi. Menurutnya, Indonesia terdiri dari banyak etnis, bahasa, agama, namun penduduknya tetap memiliki rasa saling menghormati satu sama lain.

Obama menuturkan, Indonesia memiliki semangat toleransi yang tinggi, yang bisa dilihat langsung dengan adanya masjid dan gereja yang dibangung secara berdampingan, seperti Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral di Jakarta Pusat. Selain itu, toleransi juga terlihat saat ia menyaksikan bagaimana Candi Borobudur dan Prambanan yang suci bagi umat Buddha, dilindungi oleh masyarakat Indonesia yang mayoritas Muslim.

"Semangat negara ini adalah toleransi. Masjid dan gereja bersisian, orang-orang hidup berdampingan. Indonesia menjadi contoh bagi negara lainnya. Bhineka tunggal ika," ujar Obama.

Menurut dia, toleransi perlu ditanamkan sejak dini agar generasi muda mampu menghadapi tantangan masa depan tanpa memandang bagaimana bentuk fisik, agama, dan ras seseorang. Obama sendiri telah mengenal toleransi sejak kecil karena ia sebagai seorang nasrani memiliki ayah tiri seorang Muslim dari Indonesia. "Ayah tiri saya Muslim. Dia menghormati Hindu, Kristen, dan agama lainnya," ungkapnya.

Obama menambahkan, jika bisa menghindari konflik sektarian, Indonesia tidak hanya akan bangkit, tapi juga akan mendorong negara lain untuk ikut bangkit. Terlebih ia sangat menghargai Indonesia yang telah memberikan kesempatan setara kepada kaum perempuan untuk berkembang.

http://m.republika.co.id/berita/nasi...gi-negara-lain

Sudah banyak yang bilang begini. Jangan percaya mereka2 yanf mau menjelekkan indonesia dengan bilang kalau rakyat indonesia mayoritasnya adalah radikal, tidak toleran dll emoticon-I Love Indonesia (S)
0
9.8K
134
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan