porpentinaAvatar border
TS
porpentina
Penasaran Kelanjutan Siapa yang Terpintar di Dunia Sihir Rekaan Rowling? Mampir Gan!
Selamat Malam Gan-Sis sekalian!

Ane hadir di sini buat memenuhi janji ane : merilis 5 besar Penyihir Tercerdas dalam Dunia Sihir Rekaan J.K Rowling. Nah, di komentar postingan ane sebelumnya, ada beberapa yang berpendapat bahwa yang paling pintar adalah J.K Rowling itu sendiri. Well, yeah di dunia kita memang dia cerdas. Tapi sayangnya, dia bukan tokoh rekaan dirinya sendiri di dunia sihir Harry Potter. Jadi, dia tidak akan masuk daftar ya Gan-Sis.. Jadi, berdasarkan pengetahuan dan kefanatikan terhadap Harry Potter yang saya miliki, inilah 5 besar Penyihir Terpintar dalam Dunia Rekaan Rowling, seperti sebelumnya dimulai dari nomor yang besar :

5. Nicolas Flamel dan Rowena Ravenclaw



Alchemy, dikatakan sendiri oleh J.K Rowling, merupakan suatu cabang ilmu sihir yang amat rumit. Untuk memahaminya, seorang penyihir harus menguasai berbagai cabang sihir, seperti (mungkin) Arithmancy, Transfigurasi, dan mempelajari sifat-sifat kimiawi berbagai hal di bumi ini. Untuk itu, pastinya dibutuhkan otak yang cemerlang dan tak aus digerus waktu, bukan? Nah, kebayang kan seperti apa cerdasnya si Nicolas Flamel yang sudah berhasil menciptakan Batu Bertuah ini? Batu Bertuah sendiri merupakan tujuan utama dari adanya cabang ilmu alkemi ini sendiri. Yaitu untuk menciptakan sebuah benda yang dapat merubah logam biasa menjadi emas dan membuat peminum eliksirnya hidup abadi. Nicolas Flamel sendiri hidup sampai berumur 665 tahun sebelum Batu Bertuah kemudian dihancurkan. Eits, Gan-Sis juga harus tahu bahwa tokoh ini diambil dari seorang alkemis nyata bernama Nicholas Flamel. Dia hidup di tahun 1330 – 1418 di Perancis, dan dipercaya telah berhasil menemukan Batu Bertuah sekaligus cara untuk hidup abadi, dengan Eliksir Kehidupan. Kebenarannya? Ane rasa hanya Nicholas Flamel dan Tuhan yang tahu.



Jujur saja, ane tidak tahu banyak tentang penyihir wanita satu ini, secara Rowling juga sangat jarang memberikan fakta dan kisah tentang dia. Namun, telah dikatakan bahwa Rowena merupakan penyihir paling brilian di zamannya, yang artinya dia lebih pintar dari ketiga pendiri Hogwarts lainnya. Rowena Ravenclaw menguasai hampir semua cabang ilmu sihir, mulai dari Transfigurasi hingga Ilmu Hitam. Meski begitu, Rowena juga sangat bijak dan memilih hanya untuk mempelajari semuanya, bukan mempraktekkannya. Kebijakan, kecerdasan, dan ketegasannya membuat ia dihormati banyak kalangan. Rowena pula yang memilih lokasi Sekolah Sihir Hogwarts dan menamakannya, berdasarkan mimpi yang pernah ia alami. Rowena kemudian juga mendesain arsitektur dasar kastil itu, dan merancang tangga-tangga dan lantai-lantai yang kerap berubah-ubah di Hogwarts. Sayangnya, karena keterbatasan informasi, ane nggak bisa menempatkan Ravenclaw di posisi yang lebih tinggi. Tidak banyak yang diketahui tentang doi.

4. Gellert Grindewald


Gellert Grindewald merupakan salah satu penyihir tercerdas yang pernah ada, ditambah dengan bergabungnya dia dan Albus Dumbledore di masa muda, membuatnya semakin cerdas. Sementara mereka berbagi pengetahuan dan curhatan, muncullah gagasan “The Greater Good” di mana Gellert setuju bahwa Dunia Sihir harus berada di atas dunia para Muggle, dengan kata lain Dunia Sihir memerintah Muggle. Bukan malah sebaliknya, dan penyihir harus bersembunyi, padahal tidak ada yang perlu ditakutkan. Gagasan inilah yang membawanya menuju kehancuran, ditambah lagi perpisahannya dengan Dumbledore. Pada akhirnya, Dumbledore juga yang harus mengalahkan mantan-sahabat baiknya, Grindelwald, dan menjebloskannya ke Nurmengard, yang ironisnya merupakan penjara buatan Grindelwald sendiri. Semasa berkuasa, Grindelwald mewujudkan mimpinya untuk menjadi tuan dari Tongkat Elder, dan menghabisi sebanyak mungkin Muggle yang dia bisa. Terlihat kan, betapa cerdasnya Gellert Grindelwald? Ditambah lagi, semasa muda, Dumbledore sangat mengagumi kepintarannya. Gagasan revolusi penyihir atas Muggle miliknya lah yang membuat ane berpikir, dia ini seperti tokoh revolusi, hanya saja bergerak di jalan yang salah. Patut dikagumi atas prinsipnya gan, bukan atas perbuatannya.

3. Severus Snape


Apa yang membuat Snivellus berada di tingkat lebih kuat dari Nicolas Flamel dan Gellert Grindewald? Jawabannya satu, permainan taktiknya yang mengizinkan Snape mampu menjadi mata-mata untuk Voldemort dan informan untuk Dumledore. Tepat di bawah hidung Voldemort sendiri (Ups, ane lupa dia nggak punya hidung). Keahliannya dalam menyimpan rahasia dan membuat strategi mungkin hanya bisa dikalahkan oleh Albus Dumbledore sendiri. Severus Snape jelas merupakan penyihir muda yang sangat berbakat, yang bahkan sudah mengetahui lebih banyak kutukan dari murid tingkat akhir ketika dia pertama datang ke Hogwarts. Snape menciptakan mantra-mantra dan kutukan baru dengan otaknya sendiri (Sectusempra! dan Levicorpus!), serta mengedit habis-habisan buku teks pelajaran Ramuan-nya. Meskipun Remus Lupin seringkali dikatakan sebagai guru Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam terbaik, namun menurut ane Snape tahu tentang mata pelajaran ini jauh lebih banyak daripada Lupin. Hanya saja, Dumbledore tidak pernah mengizinkan Snape “naik tahta” sebagai guru Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam, entah karena alasan apa.



Jangan lupa, Severus pula yang membuatkan Remus sebotol Ramuan Wolfsbane setiap bulannya untuk meminimalisir bahaya yang timbul dari perubahan sebagai manusia serigala. Telah dikatakan bahwa ini merupakan salah satu ramuan yang sulit, begitu pula dengan penyembuhan tangan Dumbledore yang mati. Snape kemungkinan besar juga advanced di Herbologi, sebab seorang Master Ramuan perlu mengetahui detail tanaman-tanaman apa yang bisa diolahnya sebagai ramuan. Dan akhirnya, yang membuat Snape amat istimewa adalah kepiawaiannya sebagai seorang Legillimens dan Occlumens, bahkan sampai Dumbledore dan Voldemort sama sekali tidak tahu apa yang ada di pikirannya. Seseorang seperti Snape bisa saja menempuh jalan kelam dan haus darah seperti Lord Voldemort, namun cintanya kepada Lili Evans menyelamatkannya dari hal ini. Always, Snape.

2. Tom Marvolo Riddle a.k.a You-Know-Who a.k.a Lord Voldemort



Dia Yang Namanya Tak Boleh Disebut, tak perlu diragukan lagi, adalah seorang prodigy-orang yang berbakat sejak lahir. Sebenarnya hal ini tidak mengherankan, mengingat ibunya, Merope Gaunt, merupakan keturunan langsung Salazar Slytherin. Dan karenanya pula, Tom Riddle menguasai Parseltongue sejak kecil. Tom mempelajari semua hal yang ia perlukan untuk meraih kekuasaan dan hidup abadi, bahkan ilmu sihir yang paling gelap dan paling rumit sekalipun. Kecerdasaannya membuat ia berhasil mencapai semua hal tersebut. Keahlian sihirnya dapat terlihat nyata pada duel terakhirnya dengan Albus Dumledore di Kementrian Sihir. Seperti Severus dan Albus, Lord Voldemort juga menguasai Legillimency dan Occlumency dengan sangat baik. Ane rasa, hampir semua hal bisa dipelajari oleh Kau-Tahu-Siapa kalau saja dia mau mempelajarinya. Sayangnya, ketertarikan Voldemort terbatas pada hal-hal yang bisa membantunya mencapai kekuasaan dan hidup abadi. Jika ada satu hal yang tidak bisa dipahami oleh otak cerdasnya, itu adalah C.I.N.T.A.

HONORABLE MENTIONS!!
Sebelum Gan-Sis lihat ada siapa di nomor puncak, yuk intip beberapa nama yang bisa saja masuk daftar kalau beruntung ini :

Newt Scamander



Bellatrix Lestrange



Sirius Black




Alastor "Mad-Eye" Moody




Percy Weasley




Luna Lovegood




Kingsley Shacklebolt



1. Albus Percival Wulfric Brian Dumbledore

Albus Dumbledore. Ane rasa Dumbledore sejatinya menguasai semua cabang ilmu sihir, meskipun tidak seluruhnya dipertontokan dalam ketujuh buku Harry Potter. Jelas, dia adalah karakter paling bijak di dalam dunia sihir rekaan Rowling, sebagai tambahan akan kecerdasannya. Dumbledore mengalahkan Grindelwald, penyihir hitam paling berbahaya sebelum Lord Voldemort, dan ia juga disebut-sebut sebagai satu-satunya orang yang ditakuti oleh Sang Pangeran Kegelapan. Selain itu, perlu Gan-Sis ketahui, bahwa sebelum Harry Potter, Albus Dumbledore adalah tuan dari ketiga Relikui Kematian (Deathly Hollows); Batu Kebangkitan, Tongkat Elder, dan Jubah Gaib.

Kemampuannya yang paling hebat, dengan mengandalkan kecerdasan otaknya, adalah menyusun strategi. Sebagai seorang ahli strategi yang kelewat piawai, Dumbledore mampu memikirkan rencana untuk mengalahkan Lord Voldemort, hanya dalam waktu yang singkat setelah Harry Potter selamat dari pembunuhannya di masa kecil. Rencananya yang sempurna, dibantu dengan pengetahuannya akan Ramalan, mengawal Harry hingga ia siap untuk berhadapan dengan musuh sejatinya, Voldemort. Tambahan lagi, Dumbledore juga pandai dalam membaca seseorang, seperti saat ia telah memperkirakan bahwa Ron akan meninggalkan Hermione dan Harry dalam pencarian Horcrux. Karena itulah Dumbledore mewariskannya Deluminator, yang berfungsi menangkap dan membebaskan cahaya, serta membawa Ron kembali pada dua sahabatnya.




Tidak seperti Hermione yang meremehkan cabang ilmu Ramalan, Dumbledore justru merengkuh dan memahami ilmu ini lewat persahabatannya dengan para Centaurus. Setelah itu, masihkah perlu disebutkan bahwa Dumbledore sangat ahli dalam Legillimency, Occlumency, Transfigurasi, Mantra, dan cabang-cabang ilmu lainnya? Dia juga menemukan Sebelas Kegunaan Darah Naga dan merupakan partner Nicolas Flamel dalam Alchemy dan pembuatan Batu Bertuah, lho. Kurang apa lagi coba? Sifat bijaknya dan pemahanmannya akan makna cinta Cuma akan menambah komplit kecerdasan otak Albus Dumbledore.



Nah, lengkap dan tuntas sudah postingan ane hari ini... Buat agan dan sista yang berkenan, mohon kasih ane bintang dan cendol yaa.. Terima kasih telah menyimak, Salute! Semoga Semesta memberkati emoticon-Toastemoticon-Toast

Buat yang penasaran sama list sebelumnya (10 - 6) bisa cek di MARI gan! emoticon-Hai emoticon-Hai
Diubah oleh porpentina 27-03-2017 08:26
0
66.8K
450
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan