Kaskus

Entertainment

LaufeyAvatar border
TS
Laufey
10 Brand Lokal Dengan Campaign Lebaran Yang Keren di Media Sosial
Industri Tanah Air punya waktu yang paling ideal untuk memasarkan produknya: musim Idul Fitri atau Lebaran. Berbagai brand berlomba untuk memberikan campaign terbaik mereka demi mendapatkan perhatian audience. Tak jarang, banyak iklan yang muncul dengan konsep-konsep seru, ada yang lucu sampai menyentuh hati, yang terakhir ini sih mendominasi.

Berikut sepuluh campaign lokal bertema Lebaran yang paling keren;

Djarum

Setiap tahunnya, Djarum selalu merilis TVC dengan naskah dan eksekusi produksi terbaik. Salah satu yang menarik adalah iklan televisi mereka ketika menyambut Idul Fitri 2004 berjudul “Jernihkan Hati untuk Kembali Fitri”. Iklan ini bercerita tentang seseorang yang sedang dalam perjalanan pulang ke kampung, lalu bertemu sekelompok orang yang bersikap sembarangan. Tanpa diduga, ia bertemu kembali pada ketika salat Idul Fitri. Momen itu jadi waktu si protagonis memaafkan ulah sang antagonis.



Pertamina

Selain Djarum, perusahaan minyak dan gas milik negara, Pertamina juga selalu mewarnai Lebaran dengan iklan bercerita. TVC Pertamina dari tahun 2011 ini contohnya. Berbeda dengan iklan televisi lainnya, Pertamina menggunakan pendekatan ciri khas kelokalan yang kuat, dalam hal ini tradisi merantau suku Minang. Kisahnya pun mengharukan.



Traveloka

Layanan jual tiket online Traveloka juga tak kalah menarik soal mengeksekusi iklan yang bagus. Menggunakan media digital, Traveloka sempat merilis TVC berdurasi tiga menitan dengan jalan cerita yang menyentuh, tapi juga tepat guna menggulirkan pesannya sebagai brand, belum lagi dari sisi visual yang sangat appealing. Iklan ini diberi judul “Kisah tentang Apak”, dengan kisah seorang ayah yang pelupa dari sudut pandang sang anak.



Coca Cola

Tahun lalu, Coca Cola menyodorkan tema #MeriahBersama saat Idul Fitri. Gimmick seru dari campaign ini sebenarnya bukan print ad atau video-nya, tapi pembeli bisa mengustomisasi teks di botol Coca Cola yang mereka beli. Kamu bisa membuat Coca Cola versimu sendiri, dan memberikannya ke orang-orang tersayang.

10 Brand Lokal Dengan Campaign Lebaran Yang Keren di Media Sosial

Ramayana

Menjelang Lebaran tahun ini, department store ini menyajikan iklan video yang bikin air mata menetes. Ramayana mengambil tema “Bahagianya adalah Bahagiaku”, bercerita soal nenek yang masih menganggap suaminya masih hadir. Di media sosial, iklan ini sukses menarik perhatian, dan tagar #BahagiaHakSegalaBangsa sempat meramaikan Twitter. Tonton videonya di sini



Bukalapak

E-commerce yang satu ini selalu punya jurus-jurus sakti dalam soal campaign. Jelang Lebaran tahun lalu, mereka merilis webseries berjudul Medok Pendekar Jari Sakti. Serial ini menyajikan kisah yang menyentuh sekaligus kocak, produksinya sangat berkualitas.



Levi’s

Di tahun 2007, brand denim fashion ini menggulirkan print ad yang sangat kreatif. Terinpirasi dari shaf (jejeran) salat Idul Fitri, visual ini menggambarkan kedetailan denim yang selama ini menjadi ciri khas Levi’s sebagai salah satu pelopor merek denim di dunia. Melalui ilusi optik, Levi’s menggiring audience-nya untuk menyimpulkan sendiri apa yang mereka lihat.

10 Brand Lokal Dengan Campaign Lebaran Yang Keren di Media Sosial

Pocari Sweat
Mengisi jelang Idul Fitri tahun 2015, Pocari Sweat menyajikan brand storytelling unik melalui kanal Instagram-nya. Dirilis dalam bentuk web series berjudul #KejarBiru, teknik ini membuat Instagram-nya mendapatkan banyak followers dalam waktu singkat. Brand ini jadi salah satu pelopor soal sajian campaign terunik di media sosial, plus mereka menambah gimmick dengan berbagai kuis.



Teh Botol Sosro

Membawa pesan #HariUntukBerbagi, Teh Botol Sosro merilis TVC yang sangat mengharukan. Iklan ini punya narasi dan visual yang kontradiktif. Tentang kesenjangan keberuntungan yang dialami oleh kaum kelas menengah dan mereka yang kurang beruntung pada saat yang sama. Seperti temanya, Sosro mengajak publik untuk berbagi kepada mereka yang membutuhkan.

10 Brand Lokal Dengan Campaign Lebaran Yang Keren di Media Sosial

LINE
“Pulang bersama LINE” adalah tema produk chat ini. Seperti umumnya iklan di musim akhir Ramadan dan Lebaran, LINE merilis video yang bikin termehek-mehek. Angle-nya unik, soal seorang ayah yang memberikan kejutan bahwa ia berpulang kampung untuk menemui istri dan anaknya. Sebelumnya, LINE juga sempat membuat netizen baper karena merilis video reuni Ada Apa dengan Cinta. Tonton videonya di sini



Anda pun juga bisa bereksperimen visual sendiri untuk mengampanyekan brand. Canvamenyediakan layanan desain instan dengan stok template sebanyak lebih dari 300 yang dapat diaplikasikan menjadi print ad dengan visual ciamik. Tinggal drag-drop, Anda bisa mendapatkan hasil campaign visual yang cemerlang.

Diubah oleh Laufey 24-06-2017 17:16
0
6.4K
25
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan