kucingbudukanAvatar border
TS
kucingbudukan
Simbol Jari Metal akan Dihakpatenkan Basist Kiss, Berhak Emangnya?


Tentu Agan sudah gak asing dengan simbol metal. Simbol dengan 3 jari jempol, telunjuk, dan kelingking ini sudah dikenal luas sebagai lambang metal dan ditunjukkan di berbagai pertunjukkan musik oleh para rocker maupun penggemarnya. Tapi gimana kalau Agan nanti gak bisa memakai simbol ini sembarangan, malah harus membayar?



Gene Simmons, pemain bass Kiss, baru saja mendaftarkan simbol tiga jari ke lembaga paten Amerika Serikat. Selama 44 tahun band Kiss bergaung, band ini sudah menjual berbagai merchandise dari mulai peti mati hingga kondom, tapi kayaknya Gene Simmons masih belum puas deh. Dia mau mengambil keuntungan dari simbol jari metal. Pada 9 Juni lalu, Simmons mendaftarkan simbol jari metal ini untuk dihakpatenkan, dan tindakannya ini dirasa sudah melewati batas Gan. Malah kalau ada orang yang lebih berhak mendapatkan hak paten ini, mungkin Ronnie James Dio, orangnya, bukan dia.



Yang lebih ironisnya lagi, simbol 3 jari yang dipatenkan Simmons ini adalah salah satu bahasa isyarat Amerika yang berarti 'aku cinta kamu'. Memang lambang metal ini ada dua versi Gan, yang satu hanya dua jari, dengan posisi jempol dilipat, dan satu lagi 3 jari dengan posisi jepol keluar. Nah sebenarnya versi yang dipopulerkan oleh Dio dan dipakai oleh para bintang rock sejak tahun 70an itu adalah versi yang 2 jari dengan jempol dilipat. Tapi Simmons malah mematenkan yang versi 3 jari, yang malah merupakan salah satu bahasa isyarat. Simmons membayar sebesar 275 dollar ke Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat, untuk kategori hak paten "Entertainment, namely, live performances by a musical artist; personal appearances by a musical artist.”



Simbol ini pun sebenarnya sudah dipakai oleh banyak orang sih, versi yang dua jari. Simbolnya identik dengan Hook 'em Horns, slogan dan simbol dari University of Texas di Austin, yang maskotnya adalah texas longhorn (kerbau texas). Dalam konteks ini gestur tangan seperti itu sudah dipakai oleh George W. Bush, bersama dengan jutaan penggemar olahraga dari berbagai tim. Kalau versi penggemar hardcore metal, simbol ini seperti tanduk setan, sementara grup Babymetal asal Jepang juga memakai simbol ini juga.



Simbol versi yang terekam dalam sejarah musik memang berbeda dengan versi Simmons. Dio, yang meninggal pada 2010 dan seorang vokalis dari Rainbow, Elf, dan Black Sabbath menggunakan simbol ini beberapa kali. Pada wawancara yang dilakukan pada tahun 1990, ia menjelaskan bahwa sebagai keturunan Italia, waktu kecil dia suka jalan-jalan sama neneknya, dan melihat neneknya memberikan simbol tanduk setan itu ke orang dengan tangannya. Ini disebut malocchio, di mana ketika seseorang memberikan mata setan kepada kita, maka kita memberikan tanduk setan sebagai perlindungan dari setan. Jadi, gestur ini pun bukan dia yang membuat, tapi ialah yang menyempurnakannya dan membuatnya penting. Dio lah yang mempopulerkannya dengan menggunakan simbol ini dalam keseharian bandnya.

Jadi, kalau Simmons menngaku gestur ini miliknya gimana? Pada aplikasi hak paten yang dia buat, Simmons menyertakan sebuah foto dirinya di atas panggung tengah mengacungkan jari metal. Menurut Simmons, ia memulainya sebelum Dio, dengan versi jempol keluar, berdasarkan poster pertama mereka pada 1974, ia melakukan gestur ini karena terinspirasi oleh tokoh Spiderman dan Dr. Strange yang dibuat oleh Steve Ditko.



Pada 1967, John Lennon menggunakan simbol tanduk setan dalam promo foto dan dalam gambar kartun album Yellow Submarine di tahun 1969, yang covernya dibuat oleh Heinz Edelman. Sebenarnya pada cover ini Lennon maksudnya mau melakukan simbol cinta, tapi jempolnya gak kegambar di ilustrasi itu. Lain lagi versi frontman Megadeth, Dave Mustaine. Kata Mustaine, kebanyakan orang melakukannya dengan salah. Untuk tanda tanduk setan, jempol kita harusnya gak ada di atas jari tengah, melainkan jepolnya itu masuk ke dalam dan nongol di antara kedua jari, sehingga membentuk seperti moncong serigala.

Yah terlepas dari berbagai sejarah siapa sebenarnya yang pertama kali dan berhak memiliki gestur ini, tindakan Simmons ini udah bikin kesal orang-orang sih. Soalnya gestur kayak gini kan emang udah dipakai banyak orang, bahkan bukan hanya anak-anak metal aja.

Gimana menurut Agan?


sumber
Diubah oleh kucingbudukan 22-06-2017 21:56
0
71.5K
255
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan