Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

xutux06Avatar border
TS
xutux06
Pengembang Usul ke Anies Tata Kampung di Jakarta seperti Shanghai

Anies Baswedan. (Foto: Wandha Hidayat/kumparan)


Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan menerima usulan dari pengembang untuk mencontoh penataan kampung seperti di Kota Shanghai. Usulan itu disampaikan dalam pertemuan tertutup di JW Marriot, Mega Kuningan, Jakarta Selatan.

"Salah satu pembicara yang menyampaikan pendekatan yang dilakukan di Shanghai, itu sangat efektif karena bisa mendatangkan terobosan-terobosan bagi Kota Shanghai," kata Anies, Kamis (15/6) malam.

Ia mengatakan, penataan kampung di Kota Shanghai dilakukan dengan memberi ruang bagi investor untuk membangun kota. Namun, tanpa membuat warga kampung yang bermukim kehilangan rasa nyaman untuk hidup.






Earth Hour di Shanghai, Tiongkok. (Foto: REUTERS/Aly Song)


Shanghai hanya satu contoh kota yang memiliki persoalan yang serupa dengan Jakarta. Anies menyebut, masalah yang dihadapi Jakarta sudah banyak dihadapi oleh kota-kota lain di berbagai negara.

"Intinya adalah Jakarta ini bukan satu-satunya kota yang menghadapi masalah yang kita hadapi sekarang. Di banyak tempat sudah memiliki masalah yang sama," ujarnya.

"Kalau kita bisa mengambil pengalaman dari mereka dan memanfaatkan itu untuk Jakarta sesuai dengan tantangan Jakarta, itu akan lebih baik," sambung Anies.



Potret Jalanan dan Gedung Bertingkat di Semanggi. (Foto: Reuters/Beawiharta)


Contoh-contoh kota yang disampaikan oleh pengembang itu, kata Anies, akan menjadi pijakan untuk menerapkan penataan kampung dan pembangunan Jakarta. Anies pun akan mengundang berbagai pihak untuk menata kampung-kampung di Jakarta.

"Jadi dengan cara begitu maka membangun kampung dan merestruksurisasi kampung, atau yang biasa kita sebut sebagai urban renual, itu dilakukan bersama-sama," tukas Anies.



Anies Baswedan. (Foto: Wandha Hidayat/kumparan)




Sumber: https://kumparan.com/muhamad-iqbal/p...perti-shanghai
0
3.4K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan