Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

biangkringetAvatar border
TS
biangkringet
PASUKAN ZENI TEMPUR [ENGINEER]
SUMBER : freewaremini
PASUKAN ZENI TEMPUR [ENGINEER]

Keberadaan Korps Zeni merupakan pakem dalam dunia militer di semua negara, secara teknik dan taktik keberadaannya sudah seusia dengan adanya peperangan itu sendiri [sejak perang purba] di karenakan fungzi Zeni itu sendiri pada awalnya merupakan praktek ilmu perang

yang bersifat naluriah serta akal-akalan [improvisasi] pada kondisi insidentil yang membutuhkan keterampilan teknis semisal membuat jebakan, perangkap, menghancurkan perkubuan lawan dan fungsi pertahanan, menghambat dan memfasilitasi kelancaran gerak maju pasukan sendiri [kawan].
PASUKAN ZENI TEMPUR [ENGINEER]

Ilustrasi Naluri alamiah taktik & teknik Zeni tradisional[booby traps]


Dalam hal ini taktik Zeni bukan/tidak dihadapkan pada taktik bagaimana mencari & menghancurkan musuh dengan saling berhadapan langsung beradu senjata, teknik bertempur Zeni lebih menggunakan kemampuan teknis yang bersifat taktis untuk mendukung suksesnya kemenangan pasukan penyerbu [manuver]. Walaupun pada kondisi peperangan yang tidak bisa diprediksi segala kemungkinannya atau karena sebab kebutuhan taktis yang diperlukan tidak menutup celah pada situasi tertentu mereka harus beradu senjata dengan musuh karena wilayah operasinya di daerah abu-abu dengan mobilitas tinggi yang mengharuskan posisinya selalu dekat dengan pasukan penyerbu.

PASUKAN ZENI TEMPUR [ENGINEER]

Ilustrasi. Tangga jembatan-jembatan raksasa menembusbenteng pertahanan kota Yerusalem



LOGO-LAMBANG SATUAN ZENI AD

PASUKAN ZENI TEMPUR [ENGINEER]

Zeni merupakan kata serapan dari bahasa Belanda "Genie", yang berarti Genius, pandai/banyak akalnya. Pada masa perang kemerdekaan TKR menggunakan kata Genie pioneer digunakan untuk unit-unit Zeni yang belum solid struktur organisasinya, mereka adalah laskar-laskar pejuang yang berasal dari rakyat dan para pelajar yang terpanggil untuk mengangkat senjata seadanya.

PASUKAN ZENI TEMPUR [ENGINEER]

Seiring terbentuknya TGP [Tentara Genie Pelajar] di masa Agresi Militer Belanda I secara taktis dan teknis pasukan Genie Pioneer semakin menunjukkan keberadaannya sebagai laskar-laskar dengan kemampuan vital dan membanggakan, karena sebagian besar TGP direkrut dari pelajar-pelajar sekolah teknik yang mempunyai semangat dan visi perjuangan. Pelajar Pejuang yang ingin belajar dan berjuang tentunya memikul konsekwensi yang berat, karena mereka harus membagi waktunya untuk tugas perjuangan dan tugas belajar disekolah. Adapun kesatuan-kesatuan Pelajar pejuang pada waktu itu adalah :

1. Tentara Republik Indonesia Pelajar (TRIP)

2. Tentara Pelajar (TP)

3. Tentara Genie Pelajar (TGP)

4. Corps Mahasiswa (CM)

KGPH Jatikusumo

PASUKAN ZENI TEMPUR [ENGINEER]

TGP selalu dilibatkan dalam operasi-operasi penghancuran pertahanan dan sabotase. Karena mereka telah di bekali dan dilatih oleh Detasemen Genie di Malang tentang teknik Zeni yang meliputi pengetahuan ranjau, bom, bahan peledak serta tugas-tugas perusakan. Semangat bertempur mereka terasah mulai dari Agresi Militer Belanda I, Front pertempuran di Jawa, Front Sumatera, Agresi Militer Belanda II hingga Penumpasan Pemberontakan PKI di Madiun dll. KGPH Jati Kusumo [KASAD pertama 1948-1949] adalah sesepuh Genie yang turut menjadi tokoh sentral dalam perjuangan.

Setelah melalui alur sejarah perjuangan tiada henti pada tahun 1961 kata serapan Genie di-Indonesiakan menjadi "Zeni". Korps Zeni AD telah turut berkiprah memberikan andilnya pada masa perjuangan fisik perang kemerdekaan yang menguras energi dan fikiran hinga hingga di era berikutnya Korps Zeni AD tak pernah surut pada penugasan/ operasi militer perang [OMP] dan operasi militer selain perang [OMSP] baik di dalam negeri maupun di luar negeri di bawah bendera PBB berupa tugas-tugas rehabilitasi pasca konflik, pemulihan keamanan, pasukan perdamaian, pasukan inti dalam rangka rehabilitasi pasca bencana alam [rehabilitasi pasca tsunami di Aceh adalah contoh keberhasilan & kerja keras tak kenal lelah pasukan Zeni AD yang dikerahkan semua dalam membuka akses yang terputus pada wilayah-wilayah yang terisolasi karena infrastruktur mengalami kehancuran yang tak bisa dilukiskan dengan kata-kata]. Inilah pasukan yang sedikit bicara dan banyak bekerja.

Di era modern Zeni [Engineer] merupakan kesatuan standar militer yang harus dimiliki oleh kesatuan militer di negara manapun khususnya angkatan darat & satuan maririr karena fungsi dan perannya yang terus dibutuhkan dalam pertempuran sejak zaman peperangan kuno, karena pada intinya fungsi bantuan tempur Zeni adalah bersifat improvisasi, insidentil, dan menggunakan standar teknik yang khusus dikualifikasikan pada Satuan Zeni. Zeni Tempur sendiri secara umum baik di luar negri maupun di Indonesia mempunyai fungsi sebagai pasukan Bantuan Tempur terhadap Pasukan Manuver (Infanteri) berupa Bantuan Tempur Zeni (Banpurzi) dan Bantuan Administrasi Zeni (Banminzi).


Banpurzi diaplikasikan pada segala pekerjaan yang bersifat :



Membantu gerak maju/ manuver pasukan kawan [Mobility] melaksanakan destruksi/penghacuran rintangan buatan berupa lapangan ranjau dan rintangan konstruksi buatan, mengatasi booby traps, penjinakan bahan peledak, breaching, penghancuran perkubuan, penyeberangan [bridging], penyelidikan Zeni untuk memperoleh data-data bekal dan rute manuver dll.


Menghambat gerak maju pasukan lawan [Counter Mobility] melaksanakan pekerjaan pembuatan rintangan aksi hambat gerak maju lawan dan membuat perkuatan medan di depan pertahanan berupa lapangan ranjau, konstruksi rintangan buatan, membuat booby traps, sabotase infrastruktur dalam rangka aksi hambat, mengkodisikan rintangan alam dll.
PASUKAN ZENI TEMPUR [ENGINEER]

Ilustrasi Fungsi Zeni

PASUKAN ZENI TEMPUR [ENGINEER]

Ilustrasi Fungsi Zeni



Banminzi adalah segala upaya kegiatan dan pekerjaan yang dilakukan oleh prajurit Zeni di medan Tempur dalam rangka membantu pasukan manuver di garis belakang agar tetap dapat bertahan melalui pembuatan bunker dan perkubuan berat, konstruksi samaran skala besar [termasuk membuat konstruksi-kontruksi & alutsista tiruan sebagai kamuflase], parit-parit tempur, penyelidikan Zeni untuk memperoleh data teknis zeni yang meliputi cuaca, medan dan iklim, data bekal di medan yang dapat digunakan untuk survive dan rute pengunduran, proteksi & dekontaminasi Nubika, perbekalan air & listrik dll yang berhubungan dengan pekerjaan Zeni. Bantuan Administrasi Zeni hanya bersifat kebutuhan yang bersifat taktis dan teknis di medan tempur.

Zeni Angkatan Darat mempunyai 9 tugas Pokok terdiri dari:

  1. Konstruksi
  2. Destruksi
  3. Rintangan
  4. Samaran
  5. Penyeberangan
  6. Penyelidikan Zeni
  7. Perbekalan Air & Listrik
  8. Penjinakan bahan peledak (Jihandak)
  9. Nuklir-Biologi-Kimia (Nubika) pasif.



Zeni merupakan salah satu fungsi kecabangan dalam tubuh TNI Angkatan Darat dengan Ditziad [Direktorat Zeni Angkatan Darat] yang bertugas sebagai pembina fungsi kecabangan. Zeni Angkatan Darat mempunyai beberapa satuan. Terbagi dalam Satuan Setingkat :

  1. Balak [Badan Pelaksana] dan Kotama [Komando Utama], yang tersebar di seluruh Indonesia meliputi Zeni Kodam [Zidam], Zeni Kostrad, Zeni Akmil dan Zeni Kopassus.
  2. Batalyon, [Batalyon Zeni tempur/ Yon Zipur dan Batalyon Zeni Konstruksi/Yon Zikon] yang tersebar di seluruh Indonesia sebanyak 7 Batalyon Zipur di bawah Kodam dan 2 Batalyon Zipur di bawah Kostrad serta 4 Batalyon Zikon di bawah Menzikon Ditziad.
  3. Detasemen, terdiri dari 12 Den Zipur yang tersebar di seluruh Indonesia sebagai pasukan organik Kodam.
  4. Kompi, terdiri dari 2 Kompi khusus [satu-satunya Kompi yang ada di Indonesia] terdiri dari Kompi Zeni Jihandak [Penjinak Bahan Peledak] dan Kompi Kompi Zeni Nubika [Nuklir-Biologi-Kimia].

  5. Selain satuan-satuan diatas Zeni juga terdiri dari satuan-satuan Zeni lainnya, 2 satuan di bawah Kodiklatad sebagai fungsi pembina doktrin, menyelenggarakan pendidikan latihan yaitu :


  • Pusdikzi Kodiklatad
  • Kizi Puslatpur



Juga satuan yang langsung di bawah kendali Mabesad, yaitu :

  1. Satkon Mabesad
  2. Den Deteksi Paspampres



Berikut saya Satuan-satuan Zeni AD, meliputi :

  1. Pusdikzi Kodiklatad
  2. Yon Zipur 1 Kodam I/Bukit Barisan,
  3. Yon Zipur 2 Kodam II/Sriwijaya,
  4. Yon Zipur 3 Kodam III/Siliwangi,
  5. Yon Zipur 4 Kodam IV/Diponegoro,
  6. Yon Zipur 5 Kodam V/Brawijaya,
  7. Yon Zipur 8 Kodam VII/Wirabuana,
  8. Yon Zipur 9/1 Kostrad,
  9. Yon Zipur 10/2 Kostrad ,
  10. Yon zipur 16 Kodam Iskandar Muda.
  11. Denzipur 2 Kodam I/Bukit Barisan,
  12. Denzipur 3 Kodam Jaya,
  13. Denzipur 4 Kodam VII/Wirabuana,
  14. Denzipur 5 Kodam XVI/Pattimura,
  15. Denzipur 6 Kodam XII/Tanjungpura,
  16. Denzipur 7 Kodam VI/Mulawarman,
  17. Denzipur 8 Kodam VI/Mulawarman,
  18. Denzipur 9 Kodam IX/Udayana,
  19. Denzipur 10 Kodam XVII/Cendrawasih,
  20. Denzipur 11 Kodam XVII/Cendrawasih,
  21. Denzipur 12 Kodam XVII/Cendrawasih,
  22. Denzipur 13 Kodam XVII/Cendrawasih.
  23. Yon Zikon 11 Ditziad,
  24. Yon Zikon 12 Ditziad,
  25. Yon Zikon 13 Ditziad,
  26. Yon Zikon 14 Ditziad.
  27. Kompi Nubika Ditziad,
  28. Kompi Jihandak Ditziad


SATUAN ZENI YG MENGINDUK :

  1. Satkon Mabesad
  2. Den Deteksi Paspampres
  3. Zeni Akmil
  4. Zeni Kostrad
  5. Zeni Kopassus
  6. Kizi Puslatpur


emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)

0
37.3K
6
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan