MBDCAvatar border
TS
MOD
MBDC
9 Tips Mencari Tiket Pesawat Murah yang Google aja Enggak Tahu


Kalau rajin ubek-ubek artikel bikinan Jalan2Men, harusnya kamu pernah nemu berbagai tips dan trik tentang berburu tiket pesawat promo yang murah (ini dia artikelnya). Ada juga pembahasan tentang situs paling oke untuk menari penerbangan hemat. Tapi, mungkin tips-tips di artikel itu belum terlalu rinci dan praktis, belum bisa dipastikan keberhasilannya.

Nah, karena Jalan2Men berbudi pekerti baik, kita mau bagi-bagi lagi, nih, tips mencari tiket pesawat murah yang lebih mudah dan nyata harus dilakukan. Yang dijamin Google aja enggak bakal tahu. Dan kamu-kamu bakal jadi orang yang beruntung bisa mengetahui bocoran ini.

1. Follow akun media sosial dan sign up newsletter maskapai penerbangan


Ini hal pertama yang harus kamu lakukan kalau ingin mendapat kabar tentang harga promo. Biasanya setiap maskapai penerbagangan akan menyebarkan berita promosinya di semua platform. Bisa di iklan televisi, bisa di koran, bisa di mana-mana.

Tapi, cukup dengan follow akun media sosialnya, kamu enggak bakal ketinggalan info. Jangan lupa klik link berita yang diberikan akun tersebut, biasanya di situ terdapat informasi lengkap tentang promo yang berlaku. Jangan lupa juga sign up untuk newsletter agar kamu menerima email pengingat begitu promo dimulai.

2. Cari tahu harga promo untuk kartu kredit
[EMAIL][/EMAIL]

Setelah tahu kapan waktu promo yang berlaku, terutama hari pertama promo dimulai. Kamu juga bisa mencari tahu tentang promo menggunakan kartu kredit yang tersedia. Siapa tahu kamu bisa dapat tambahan potongan harga. Dan kalau baru mau bikin kartu kredit, pilihlah bank yang banyak bekerja sama dengan maskapai penerbangan.

Oh iya, ini juga waktunya kamu mengecek limit kartu kreditmu. Jangan sampai pas mau bayar tiket, limitmu enggak cukup. Gagal deh dapat tiket murah. Kasian.

3. Cari tahu periode penerbangan yang promo


Maksudnya, kamu harus tahu harga promo untuk penerbangan kapan. Beda, ya, antara promo berlaku dari (misalnya) tanggal 1-15 Januari 2017 dengan periode penerbangan promo (1 Maret-1 September 2017). Jadi, kamu beli tiketnya dari tanggal 1-15 Januari, sementara pilih tiket penerbangan untuk liburan tanggal 1 Maret-1 September.

Nah, dalam rentang 1 Maret-1 September itu, pilih penerbangan pada weekdays, biasanya harga weekend enggak pernah promo (terima aja!) dan tanggal merah atau libur juga enggak promo (terima lagi!).

Selain itu, biasanya tanggal-tanggal promo ini menjebak.

Harapanmu.

Pergi Senin (murah) dan pulang Kamis (murah juga) atau Senin depannya (murah).

Kenyataan.

Pergi Senin (murah) dan pulang Kamis (mahal) atau Senin depannya (mahal).

Keputusan.

Pergi Senin (murah) dan pulang Senin dua minggu ke depannya (murah).

Ya gitu, deh. Maskapai kayak suka mempermainkan cuti kamu. Apa perlu kamu bolos kuliah atau kantor? Ya, pokoknya pinter-pinter aja menyusun tanggal cadangan untuk liburanmu.

4. Bersiaplah pada hari pertama promo dimulai!


Ini paling penting! Kamu harus tahu hari pertama promonya dimulai, bukan hanya berapa lama promonya berlaku. Sebab, jumlah seat atau kursi untuk harga promo biasanya terbatas. Namanya juga promo, kalau semua kursi diobral bisa bangkrut maskapainya.

Karena itu, supaya kamu bisa dapetin tiket yang kamu incar, kamu harus beli tepat di saat hari pertama promo dimulai. Kalau promo dimulai jam 12 malam, kamu harus stand by depan laptop dari jam 11. Ingat, jangan ketiduran dan jangan sampai kuotamu habis! Internet lancar adalah kunci!

5. Kalau masuk waiting room, tinggal tidur aja


Ternyata, entah karena jaringan Internetmu ngadat atau memang situs maskapai penerbangan yang lagi promo diserang jutaan pemburu tiket murah sepertimu, situsnya down. Bisa juga kamu terus-terusan masuk waiting room. Nunggu dapat jatah booking. Perih, ya. Padahal udah stand by dari sore. Mendingan tidur dulu, deh.

6. Pasang alarm dan bangun jam 2 pagi


Daripada lelah menunggu kepastian di waiting room, mendingan kamu tidur dulu dan pasang alarm untuk jam 2 atau 3 pagi di hari yang sama, ya. Jangan besoknya!

Pada jam-jam ini biasanya pemburu tiket murah sudah kelelahan atau ngantuk dan ketiduran. Ini saatnya kamu bergerilnya mencari tiket murah sesuai poin 3. Situs udah kembali normal dan kamu bebas mencari.

7. Jangan serakah, beli tiket promonya satu-satu!


Kamu bukan travel agent atau calo, kan? Jadi, jangan serakah! Beli tiketnya satu dulu. Bagaimanapun, biasanya harga promo ini berlaku untuk kursi yang amat sangat terbatas, biasanya untuk satu IP cuma bisa membeli 1 atau 2 tiket.

Jadi, kalau berencana traveling bersama keluarga atau teman, suruh mereka booking tiket di jam yang sama persis dengan kamu. Supaya kalian bisa dapetin tiket yang sama (pesawat dan jam yang sama). Enggak lucu, kan, kalau liburan bareng tapi beda pesawat atau beda hari?

Kalau iseng, boleh aja kamu coba booking tiketnya untuk lebih dari 2 atau 3 penumpang, kemungkinan harga promonya akan beda dengan harga untuk 1 penumpang.

8. Kalau ke luar negeri, cek departure dari Kuala Lumpur atau Singapura

Kalau kamu mengincar tiket promo ke luar negeri, rajin-rajin juga untuk cek harga dengan keberangkatan di bandara KUL atau Changi. Biasanya, harga ke negara Eropa atau Asia lainnya lebih murah dari kedua bandara yang memiliki konektivitas tinggi ini.

Tapi, jangan lupa juga bandingkan harganya kalau beli tiket dari KUL atau Changi, karena kamu harus beli tiket dari kota asalmu.

Sebagai contoh.

CGK (Soekarno Hatta - Jakarta) - HND (Haneda - Jepang) = Rp3.500.000,-

KUL (Kuala Lumpur - Malaysia) - HND (Haneda - Jepang) = Rp2.500.000,-

CGK (Soekarno Hatta - Jakarta) - KUL (Kuala Lumpur - Malaysia) = Rp500.000,-

Jadi, kamu lebih untuk beli tiket promo dari KUL untuk ke HND. Tapi, perhatikan harga tiket dari CGK - KUL ya, jangan sampai kalau ditotal sama aja dengan harga tiket promo langsung CGK - HND.

9. Ikut kuis berhadiah tiket pesawat


Selain tips-tips di atas yang pasti Google pun enggak tahu, tips ke-9 ini juga pasti enggak diketahui Google.

Ya, setelah bersusah payah dengan 8 tips di atas, ada kalanya Tuhan tak menghendaki kamu berhasil mendapatkan tiket murah. Karena itu, jalan terakhir adalah berburu kuis berhadiah tiket aja. Siapa tau kali kamu beruntung. Didoain, deh. Jangan sedih lagi, ya.

Quote:
tata604
tata604 memberi reputasi
1
58.1K
194
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan