MamanAvatar border
TS
Maman
Financial Hackathon: Solusi Menjaring Ide Menarik dan Solutif Dunia Perbankan

Mengingat dunia e-commerceyang tumbuh berkembang di Indonesia dan kebiasaan agan-agan yang mengakses Internet lewat perangkat mobile, sehingga bikin belanja dan bayarnya pun lewat gadget, ya kan? Buktinya berdasarkan sumber yang ane baca dari kominfo.go.id, nilai transaksi yang dikeluarkan oleh pelanggan untuk pembeli perorangan yang mendominasi pada nilai transaksi kurang dari 500.000 dengan nilai sebesar 68%, kemudian nilai barang senilai 500.000-1.000.000 senilai 22%. Terlebih lagi pengguna Internet di Indonesia yang per tahun 2016 sudah tembus di angka 132 juta (sumber: kompas.com), ini jadi berpeluang transaksi digital pun bakal makin terus naik, gan!

Fenomena yang kayak gini udah pasti bakal jadi tantangan tersendiri untuk dunia perbankan agar berinovasi dibidang financial technology agar nasabahnya aman dan nyaman dalam bertransaksi. Banyak cara yang ditempuh untuk bikin terobosan, mulai dari brainstorm idea developer bank itu sendiri sampai dengan ngadain financial hackathon untuk ngejaring ide-ide yang menarik dan berguna bagi bank dan nasabahnya. Buat yang belum pernah denger “hackathon”, pasti bakal bertanya-tanya hackathon itu apaan sih, Gan?


Nah, menurut Wikipedia Hackathon merupakan sebuah acara dimana para programmer dan semua pihak yang terlibat dalam pengembangan software dan hardware; termasuk desainer grafis, desainer interface dan project manager, berkolaborasi secara intensif dalam proyek pengembangan software. Istilah “Hackathon” berasal dari kata “hack” dan “marathon”. Hack digunakan untuk mengartikan kegiatan pemograman, bukan istilah lainnya yang merujuk pada kriminalitas di dunia digital.

Siapa Saja Yang Bisa Ikutan Sih, Gan?

Terkadang kita punya ide, tapi ide tersebut seakan percuma kalau ga jadi nyata gan, hackathon jadi saran yang pas buat GanSis untuk menuangkan idenya yang nantinya bakal berguna buat institusi dan para penggunanya. Lalu siapa saja yang bisa ikutan untuk bisa nyemplung di ajang yang sifatnya kompetisi ini gan?

Inovator
Punya ide jangan dipendam gan, coba bertukar pikiran dengan teman yang lain, karena dengan bertukar pikir dengan teman siapa tau ide yang agan punya bisa jadi produk yang bisa berguna dan digunakan banyak orang. Agan yang seorang inovator, utamanya dibidang finansial wajib merapat untuk ikutan yang satu ini gan!.

Ahli IT
Agan yang ngerasa jago di bidang IT? Rasanya ga ada alasan lain untuk nimbrung dan bergabung dengan ahli IT lainnya untuk datang dan saling berdiskusi ringan mengenai perkembangan teknologi finansial dan pembayaran yang sudah berjalan.

Pelajar IT
Meskipun masih menyandang status mahasiwa/pelajar, bukan jadi halangan untuk merapat dan bergabung di acara Financial Hackathon gan, karena lewat acara ini pasti kalian bakal dapetin pengalaman yang tak terlupakan dengan bisa berkolaborasi bareng agan yang lain.

Developer
Para master coding yang juga punya ide menarik dan solutif wajib ikutan acara financial hackathon gan, karena lewat acara ini agan pun bisa mengasah skil coding yang kalian punya.

Dan tentunya masih banyak pihak seperti CSO, Sys Admin dan pelaku start up yang bisa bergabung dan berkolaborasi untuk menghasilkan produk yang menarik dan solutif. Buat agan yang punya ide atau jago coding, siap-siap gan! Karena sebentar lagi FINHACKS 2017 bakal segera digelar lagi, Gan! Tapi sebelum ikutan FINHACKS 2017, pastikan agan merapat ke "Meet & Greet FINHACKS 2017" karena bisa saling berdiskusi ringan mengenai perkembangan teknologi finansial dan pembayaran yang sudah berjalan.

Info Lebih Lanjut, Tunggu Tanggal Mainnya Yah Gan...

0
23.9K
78
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan